Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal PAT atau UAS Semester 2 Kelas 5 K-13

Kumpulan Soal PAT atau UAS Semester 2 Kelas 5 K-13
Soal UAS atau soal penilaian akhir tahun kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13) atau Ujian Akhir Semester 2 (UAS) bagi siswa kelas 5 SD/MI akan digelar. Jika sesuai dengan kalender pendidikan, pelaksanaan UAS semester 2 atau PAT pada bulan Mei. Jadwal pelaksanaan PAT dibuat oleh Dinas Pendidikan.

Pada Kurikulum 2013 setiap tema kelas 5 SD/MI terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian atau Ulangan Harian (UH). Untuk tengah semester dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Ujian tulis untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) yang telah dipelajari.

Setiap tema pada Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Sedangkan, untuk mata pelajaran PJOK dan mata pelajaran Matematika pada kelas 5 SD/MI sudah terpisah dari Tematik. KD Kurikulum 2013 terdiri dari KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KI-4 (Aspek Keterampilan).

Baca juga: Kumpulan Soal PAT atau UAS Semester 2 Kelas 4 K13

Dalam pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan salah satunya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam Sub Tema. KD merupakan salah satu unsur dalam Kurikulum 2013, KD mengandung muatan pengetahuan, keterampilan ataupun sikap yang harus dicapai siswa.

Pemetaan KD kelas 5 semester 2 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Soal PAT atau UAS semester 2 kelas 5 disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat.

DOWNLOAD SOAL PAT / UAS KELAS 5 SEMESTER 2

Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAT, khususnya kelas 5 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir tahun kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:


Soal UAS semester genap atau PAT kelas 5 Kurikulum 2013 semester 2 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAT , khususnya kelas 5 SD/MI yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka yaitu bilangan bulat skala 0-100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.

Salah satu administrasi yang harus disediakan oleh guru kelas SD dalam penilaian adalah adanya Buku Nilai Siswa. Buku nilai siswa seseuai K-13 ini berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester dan tahun(PAS/PAT).