5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 3 yang Wajib Orangtua Pahami
Cari Berita

Atas


5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 3 yang Wajib Orangtua Pahami

Senin, 28 Oktober 2019

5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 3 yang Wajib Orangtua Pahami
Orang tua harus mengetahui cara mendidik anak SD kelas 3 agar mampu memberikan pelajaran yang tepat sesuai usia dan kelasnya.

Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tanpa terkecuali memberikan pendidikan layak kepada sang anak, yang tidak boleh sembarangan. Seyogyanya, orang tua harus mengetahui tahapan-tahapan tertentu sesuai jenjang usia dan tingkat kelas si anak. Seperti halnya cara mendidik anak SD kelas 3 akan sangat berbeda dengan cara mendidik anak SMP.

Sebelum mengenyam pendidikan di lingkungan sekolah, si anak tentu telah melewati pendidikan yang diajarkan oleh orang tuanya di rumah. Tapi pada saat anak mulai masuk sekolah, bukan berarti orang tua lepas tangan begitu saja terhadap pendidikan khususnya formal bagi si anak. Karena dalam hal ini, peran orang tua dalam mendidik anak baik masih sangat besar. Berikut cara mendidik anak SD kelas 3 yang perlu orang tua ketahui.

Cara Mendidik Anak SD Kelas 3


1. Latihlah Anak Cara Bertanggungjawab

Tanamkanlah sikap bertanggungjawab kepada anak sejak dini. Sebagaimana kata pepatah, bahwa belajar di masa kecil seperti mengukir di atas batu. Maka dari itu, orang tua harus mengadaptasi nilai-nilai kebaikan dalam hidup untuk diajarkan pada si anak sedini mungkin. Bertanggung jawab adalah salah satu nilai kebaikan hidup yang bisa menimbulkan kepercayaan terhadap orang lain.

2. Buatlah Jadwal Belajar di Rumah untuk Anak

Jadwal belajar ini penting guna membangun kebiasaan senang belajar di rumah untuk si anak. Mungkin, awalnya anak akan merasa terpaksa atau malas-malasan. Tapi, berikanlah motivasi serta pengertian yang baik agar anak mau mengikuti instruksi Anda. Jadwal belajar di rumah juga sangat efektif untuk mempersiapkan jauh-jauh hari pelajaran yang akan diujikan ketika tes.

3. Ajarkan Manajemen Waktu Pada Anak

Sedini mungkin, anak harus mulai belajar mengatur waktunya dengan baik. Yakni dengan menggunakannya untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal yang telah dibuat. Misalnya saja setelah pulang sekolah anak harus langsung pulang terlebih dahulu, mengganti baju, makan siang, istirahat lalu melanjutkan kegiatan di sore hari. Intinya, buatlah jadwal kegiatan sehari-hari untuk si anak agar ia juga mampu melatih dirinya sendiri.

4. Kenali Bakat Anak dan Dukung untuk Terus Maju

Orang tua sebaiknya mampu mengenali minat dan bakat anak sejak dini agar dapat mengarahkan dan mengembangkan potensi anak menjadi lebih baik. Dengan begitu, ke depannya anak bisa mengasah kemampuan dan bakatnya sejak awal dan mencapai keberhasilannya dengan cepat. Selain itu, peran orang tua dalam mendukung kemajuan anak sangatlah berarti karena ini juga berpengaruh terhadap psikologis anak itu sendiri.

5. Bermain Sambil Belajar

Ciptakan suasana belajar yang nyaman bagi si anak. Salah satunya dengan cara belajar sambil bermain. Jangan terlalu mamaksa anak untuk belajar terus menerus, tapi sesekali selingi dengan permainan sederhana seperti halnya bermain tebak-tebakan, menyusun puzzle, dan lain sebagainya. Suasana yang santai akan membuat anak merasa nyaman saat belajar bersama orang tua.

Mendidik anak bukanlah perkara yang bisa dipelajari dalam satu malam. Maka dari itu, orang tua harus benar-benar serius mempersiapkan pendidikan si anak agar nantinya anak tidak salah langkah saat hendak mengambil suatu keputusan.

Lihat juga: 6 Tips Orangtua Mendidik Anaknya yang Duduk Bangku Kelas 4 SD

Cara mendidik SD kelas 3 memang masih harus diselingi dengan permainan atau melakukan kegiatan lain saat belajar. Karena biasanya, usia anak SD kelas 3 masih tergolong dalam kategori anak usia dini yang belum bisa duduk lama mendengarkan pelajaran. Selain itu, kemampuan untuk fokusnya juga masih kurang. Jadi, sebagai orang tua alangkah baiknya mengetahui dan memahami kondisi anak sesuai dengan usianya.