Beranjak Remaja dan Akan Masuk SMP? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 6
Cari Berita

Atas


Beranjak Remaja dan Akan Masuk SMP? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 6

Rabu, 23 Oktober 2019

Beranjak Remaja dan Masuk SMP? Inilah 7 Cara Mendidik Anak Kelas 6
Hal yang tak kalah penting bagi orang tua dalam mendidik anak kelas 6 yaitu dukung bakat dan minat anak.

Bisa dikatakan, usia anak kelas 6 SD merupakan usia yang menjadi gerbang anak menuju masa remaja. Pada usia ini, umumnya anak sudah mulai mencari jati dirinya dengan berbagai cara. Agar tidak salah arah, sebagai orang tua, wajib bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mendidik anak kelas 6 yang benar. Selain memberi teladan yang baik, berikut ini 7 cara mendidik anak kelas 6 yang bisa Anda terapkan:

1. Jalin Komunikasi yang Baik Secara Intens

Dalam sebuah hubungan keluarga, komunikasi merupakan hal dasar yang perlu selalu dibangun. Terlebih komunikasi antara orang tua dan anak. Namun bukan sekedar komunikasi, pada poin ini komunikasi yang dimaksud yaitu perbincangan yang baik namun intens.Meskipun sering tidak diperhatikan, komunikasi baik secara intens ini sebenarnya sangatlah penting.

Komunikasi sendiri merupakan sebuah jembatan untuk membangun kedekatan antara Anda dan anak. Bisa dipastikan, jika komunikasi buruk, maka hubungan antara Anda dan anak akan buruk juga.

2. Berikan Pemahaman Tentang Agama

Pemahaman agama bisa menjadi benteng bagi anak untuk menghadapi usia remajanya. Mulai dari sini, Anda perlu menambahkan pemahaman anak mengenai agama secara luas. Salah satunya pemahaman mengenai toleransi dan norma-norma batasan yang tidak boleh dilanggar dalam agama.

Untuk poin ini, pemahaman tentang agama bisa Anda sisipkan ketika tengah berkomunikasi dengan anak. Usahakan berikan pemahaman agama secara bertahap dengan cara yang paling sederhana pula.

3. Dengar dan Hargai Pendapat Anak

Tidak boleh egois, dalam menididik anak mendengar dan menghargai pendapat mereka juga merupakan sesuatu yang penting dilakukan. Hal ini penting, sebab tak jarang banyak sekali orang tua yang hanya ingin didengarkan, tetapi tidak ingin balik mendengarkan anak. Sungguh tidak adil.

Padahal sebenarnya mendengarkan dan menghargai pendapat anak pun tidak salah. Anda justru akan mengerti dititik mana keinginan anak yang perlu didukung. Serta keinginan mana yang keliru dan perlu diarahkan menjadi lebih baik lagi.

4. Berikan Kepercayaan pada Anak

Memasuki usia remaja, umumnya orang tua akan mulai membatasi pergaulan anak. Ini memang tidak sepenuhnya salah. Sebab batasan ini memang penting diberikan. Hanya saja yang perlu diperhatikan sebisa mungkin tetap berikan rasa kepercayaan pada anak.

Sebab disadari atau tidak, pembatasan yang terlalu berlebihan justru akan membuat anak menjadi tertekan. Akibatnya untuk memenuhi hasrat pencarian jati dirinya, mereka akan mencari berbagai cara untuk bisa keluar. Salah satunya yaitu dengan cara berbohong. Oleh karena itu, selain memberikan batasan, di poin ke 4 dalam cara mendidik anak kelas 6 ini ditekankan, rasa kepercayaan tetap wajib Anda berikan.

5. Berikan Pengertian Mengenai Perintah dan Larangan pada Anak

Tidak cukup dengan memberikan kepercayaan pada anak. Sebagai orang tua Anda juga perlu memberikan pengertian mengenai perintah serta larangan pada anak. Maksud dari perintah sendiri yaitu tekankan kewajiban-kewajiban yang harus anak kerjakan, seperti belajar. Sedangkan untuk larangan yaitu berikan pengertian mengenai hal-hal yang tidak boleh mereka lakukan, seperti melanggar norma.

6. Izinkan Anak Untuk Bersosialisasi dengan Lingkungannya

Selain dari keluarga, anak juga perlu belajar melalui lingkungannya. Itu mengapa, orang tua perlu memberikan izin. Sebab sosialisasi lingkungan sendiri tidak selalu akan memberikan sesuatu yang buruk. Justru pada lingkungan sosial yang tepat anak bisa belajar lebih banyak lagi. Dan tugas orang tua, hanya perlu memantau dan mengarahkan lingkungan bersosialisasi yang tepat untuk mereka.

7. Dukung Bakat dan Minat Anak

Hal yang tak kalah penting bagi orang tua dalam mendidik anak kelas 6 yaitu dukung bakat dan minat anak. Umumnya, di usia ini sebagian anak telah mampu menentukan minat serta mengetahui bakatnya. Alih-alih menentangnya, coba pertimbangkan minat anak serta dukung bakat mereka. Salah satunya dengan cara memberikan arahan yang tepat untuk mengerjakan minat dan mewujudkan mimpi melalui bakat yang mereka punya.

Bagaimana pada poin-poin cara mendidik anak kelas 6 SD di atas, apa ada yang telah Anda terapkan?