Tips Bagi Guru Les Privat yang Mengajar Anak SD
Cari Berita

Atas


Tips Bagi Guru Les Privat yang Mengajar Anak SD

Rabu, 09 Oktober 2019

Tips Bagi Guru Les Privat yang Mengajar Anak SD
Untuk menjadi guru les yang baik dan disukai anak, sebaiknya Anda praktikkan cara mengajar les privat anak SD yang kami bahas di sini.

Untuk menjadi guru les privat anak SD tidaklah mudah. Perlu memiliki keahlian tersendiri agar anak nyaman belajar di rumah. Beberapa metode perlu Anda terapkan ketika ingin mengajar dengan cara yang tepat dan hasil maksimal. Karena anak SD memiliki karakter, kebiasaan, dan kemampuan yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara mengajar les anak SD agar suasana belajar lebih nyaman dan menyenangkan?

Mengajar bimbingan belajar atau les untuk anak SD tidak seperti mengajar di sekolah yang cukup dengan menerangkan dan memberikan soal ujian saja. Akan tetapi, mengajar les privat itu perlu dilakukan dengan sepenuh hati. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman mendalami profesi mulia yang satu ini.

Praktikkan Cara Mengajar Les Anak SD yang Menyenangkan


Apa saja yang harus dilakukan agar proses belajar mengajar tersebut bisa lebih menyenangkan? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Ciptakan Suasana yang Kondusif

Anda tidak seharusnya menerapkan metode ajar seperti di sekolah, yang biasanya terkesan monoton dan membosankan. Juga jangan terlalu sering memberikan latihan soal. Karena hal itu membuatnya stres dan tidak menyenangkan.

Pertama, Anda perlu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan tidak terlalu tegang. Buatlah suasana belajar yang serius tapi santai. Lakukan interaktif dengan anak melalui tebak menebak jawaban, dan sesekali lakukan pendekatan dengan cara belajar sambil bermain.

2. Menguasai Materi Ajar

Untuk menjadi guru les yang baik dan menyenangkan, salah satunya adalah harus sepenuhnya menguasai materi ajar. Mata pelajaran yang Anda ajarkan kepada anak, wajib dipelajari lebih mendalam dan dikaji ulang sebelum jadwal mengajar di rumah dimulai.

Anak akan merasa senang dan minat belajarnya meningkat, ketika mata pelajaran yang dipelajarinya mudah dipahami. Oleh karena itu, penting sekali untuk menguasai materi ajar yang akan disampaikan kepada anak.

3. Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi yang dilakukan saat les berlangsung, tidak lepas dari materi yang diajarkan. Misalkan, Anda menyampaikan materi dan anak mengajukan pertanyaan. Nah, hal tersebut harus dilakukan dengan cara komunikasi yang baik. Sekalipun anak bertanya saat Anda menerangkan, maka sudah seharusnya Anda langsung memberikan jawabannya.

Komunikasi yang baik juga dapat dilakukan dengan cara bertukar pendapat, baik soal materi ajar atau di luar itu. Yang paling penting adalah ciptakan komunikasi sedekat mungkin dengan anak, sampai ia merasa nyaman bahkan terlihat begitu menyenangkan bisa mengikuti les privat  di rumah dengan Anda.

4. Memiliki Jiwa Sabar Mengajar Anak SD

Anak SD sendiri memiliki karakter, kebiasaan, dan kemampuan yang berbeda-beda. Hal itu sudah seharusnya Anda cermati dan maklumi. Ketika anak sedang belajar, mungkin ada saja hal-hal aneh yang dilakukannya. Untuk itu, seorang guru les harus memiliki jiwa sabar, tidak sering melarang, dan tidak pula membentaknya.

Agar belajar lebih menyenangkan, sesekali biarkan saja anak berbuat sesuatu yang ia sukai. Tetapi secara perlahan, Anda harus memberikan arahan dan pemahaman agar anak mengerti akan perbuatannya yang kurang baik saat belajar tersebut.

5. Apresiasi Hasil Belajarnya

Seperti yang tadi dijelaskan di atas, kemampuan anak berbeda-beda. Dalam artian, tingkat kecerdasannya tidaklah sama. Ketika anak berhasil mengerjakan soal yang Anda berikan, seperti apapun hasilnya, Anda harus tetap mengapresiasi hasil belajarnya tersebut.

Saat anak merasa diberikan penghargaan atas usaha yang dilakukannya, maka minat belajar anak pun akan terus meningkat. Dengan hal itu pula, kepercayaan diri anak tidak menciut, bahkan akan semakin meningkat bersamaan dengan kecerdasannya.

Sebagai seorang guru les yang baik, sudah seharusnya membuat suasana belajar di rumah lebih menyenangkan. Oleh karena itu, cara mengajar les anak SD yang kami bahas ini, perlu kiranya Anda coba praktikkan.