Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Supaya Anak Suka Makan Sayur, Bujuk dengan Cara Menyenangkan

Supaya Anak Suka Makan Sayur, Bujuk dengan Cara Menyenangkan
Sayur adalah makanan bergizi yang sering dibenci anak kecil. Nah, supaya anak suka makan sayur, bujuk dengan cara menyenangkan berikut ini.

Sayur mayur adalah bahan makanan yang bergizi tinggi tapi cenderung dihindari oleh anak kecil. Rasa sayur yang pahit meskipun sudah dimasak, membuat banyak anak enggan memakannya. Padahal sayur adalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nah, supaya anak suka makan sayur, bujuk dengan cara menyenangkan.

Yap, orangtua tidak boleh kehilangan akal untuk membujuk buah hati menyantap sayur. Namun semua tetap harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan pengertian. Pemaksaan yang berlebihan justru akan membuat anak makin berontak dan bisa-bisa membuatnya tidak selera makan. Memang terdengar menyulitkan, tapi buah kesabaran yang tepat akan memberikan hasil terbaik.

Di sela-sela konferensi pers PAUD Healthy Eating Habit Program, Anna Surti Ariani, SPsi, MSi selaku psikolog anak dan keluarga, memiliki rahasia cara menyenangkan untuk mengatasi anak yang sulit makan sayur. Dengan langkah-langkah sederhana dan tidak menyulitkan, berikut beberapa hal yang bisa coba Anda terapkan di rumah:

1. Anak Ikut Diajak Masak


Cara menyenangkan supaya anak suka makan sayur yang pertama adalah dengan mengajaknya memasak. Seperti yang sudah diketahui, kegiatan memasak bisa mempererat ikatan orangtua dan anak. Sebagai kegiatan mengisi waktu yang positif, memasak bisa jadi aktivitas yang sangat menyenangkan karena buah hati semakin mengenal sayur-mayur.

2. Sajikan Makanan dengan Menarik


Beberapa orangtua menyembunyikan sayur di dalam makanan, atau disamarkan supaya buah hati tidak sengaja makan. Namun hal ini keliru karena justru akan membuat sayur tampak sebagai sesuatu yang buruk. Alih-alih disembunyikan, Anda harus menyajikannya dengan baik. Karena supaya anak makan sayur, harus dibujuk dengan cara menyenangkan.

Salah satu trik agar sayur bisa tersaji dengan baik adalah dikombinasikan dengan bahan makanan yang digemari buah hati seperti bakso, sosis atau nugget. Jika perlu, tata makanan dengan tampilan unik sehingga sayur terlihat makin menarik. Masih kurang? Berikan alat makan lucu untuk si kecil supaya mood mereka meningkat dan akhirnya mau makan sayur.

3. Lontarkan Pujian


Agar mereka merasa senang sudah makan sayur, tak ada salahnya kalau orangtua melontarkan pujian. Tentu saja pujian yang diberikan haruslah cukup bijak dan tidak berlebihan. Anda pun bisa mempertimbangkan pemberian hadiah bagi anak yang mau makan sayur, supaya mereka lebih memiliki kesan positif terhadap sayur mayur.

4. Ceritakan Dongeng


Cara menyenangkan lain yang bisa digunakan agar anak mau makan sayur adalah dengan menceritakan sebuah dongeng. Sifat dongeng yang tidak terkesan menggurui, menyuruh atau menasehati memang disukai anak-anak, sehingga mereka jadi lebih mudah terpengaruh untuk berperilaku baik. Hal ini diungkapkan oleh Ariyo Zidni, Ketua Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Lihat juga: Dongeng yang Dibacakan Ayah Memiliki Manfaat Lebih Bagi Anak

Menurut Ariyo, orangtua lebih suka menekankan bahaya jika tidak mau makan sayur. Padahal anak kecil lebih suka pendekatan persuasif seperti mengajak, alih-alih menyuruh. Coba ceritakan dongeng tentang asal-usul brokoli, timun, atau kisah Popeye yang semakin kuat setelah makan bayam. Secara perlahan anak akan tertarik dan akhirnya doyan menyantap sayur.

5. Berikan Contoh


Lantaran orangtua adalah role model setiap anak, maka Anda harus memberikan contoh yang benar dengan makan sayur pula. Biarkan anak melihat orangtua atau saudara yang lebih tua menyantap sayuran. Sesekali berikan informasi betapa banyak nutrisi yang diperoleh dari sayur. Dengan learning by doing seperti ini, anak kecil pun akhirnya sadar dan mau makan sayur.

6. Kenalkan Sayuran Sejak Kecil


Agar buah hati tidak anti dengan sayur, ada baiknya Anda sudah mengenalkannya sejak mereka pertama kali menyantap makanan padat. Yap, Anda bisa memberikan variasi sayuran pada menu MPASI buah hati sejak mereka bayi. Alih-alih membeli MPASI instan, coba buat menu MPASI sendiri yang dicampur sayuran sehingga anak mulai mengenal rasa dan tekstur sayuran.

Jika cara-cara di atas dilakukan dengan sabar, maka Anda akan paham bahwa supaya anak suka makan sayur, bujuk dengan cara menyenangkan adalah satu-satunya solusi terbaik. Buang jauh-jauh pikiran untuk memaksa anak menelan sayuran karena itu membuatnya trauma. Nanti jika kebiasaan makan sayur sudah dimiliki, buah hati akan tumbuh senantiasa sehat dan tidak kekurangan gizi.

Berlangganan via Email