Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modul Belajar dari Rumah untuk Kelas 4 Tema 2

Unduh file .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 4 tema 2 Selalu Berhemat Energi

Untuk mendukung proses Belajar Di Rumah (BDR) pada masa pandemi Covid-19 telah disusun Modul Belajar Mandiri untuk kelas 4 tema 2. Modul Belajar Mandiri ini disusun secara linier dengan Buku Pembelajaran Tematik Terpadu yang mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Tentu saja juga merujuk pada kurikulum darurat selama pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Di dalam Modul Ayo! Belajar Mandiri dari Rumah kelas 4 ini dirumuskan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Termasuk di dalamnya terdapat peta konsep. Modul belajar mandiri kelas 4 ini disusun secara parsial untuk memudahkan dan memungkinkan siswa mampu belajar dan menyelesaikan pembelajarannya secara mandiri di rumah.

Ada beberapa Kompetensi Dasar (KD) yang disesuaikan sehingga ada sedikit perbedaan Modul dengan buku Tematik yang dipakai dalam kondisi normal. Pada kurikulum 2013 (K-13) untuk tema 2 untuk kelas 4 adalah Selalu Berhemat Energi dengan rincian; Subtema 1 Macam-macam sumber energi, Subtema 2 Pemanfaat energi, dan Subtema 3 Gaya dan gerak. KD yang muncul pada tema 2 adalah sebagai berikut:

Pemetaan Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran Kelas 4 Tema 2


PPKN
KD 3.2 Memahami pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

BAHASA INDONESIA
KD 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual(gambar, film)

KD 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan visual (gambar, film) menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

IPA
KD 3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari

IPS
KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

SBdP
KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

Modul Belajar dari Rumah kelas 4 tema 2 Selalu Berhemat Energi dikembangkan dari Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) dari setiap muatan pelajaran. Tidak dirancang sebagai pembelajaran tematik terpadu. Pada awal unit kegiatan terdapat peta kompetensi untuk memudahkan memahami kompetensi yang ingin dicapai, aktivitas belajar, dan evaluasi.

Bagi Anda yang ingin memiliki file .PDF Modul "Ayo! Belajar dari Rumah" untuk Kelas 4 tema 2 Selalu Berhemat Energi dapat mendownloadnya melalui link berikut ini:


Anda dapat mendownload dan mencetak modul pembelajaran untuk kelas 4 ini dan membagikannya ke anak-anak. Dengan memiliki modul pembelajaran akan mempermudahkan guru dan siswa untuk belajar mandiri. Modul belajar dari rumah kelas 4 tema 2 ini telah sesuai dengan kurikulum yang disederhanakan menyesuaikan kondisi pandemi. Guru diharapkan mengembangkan ide-ide metode pembelajaran yang kreatif dan mengaktifkan siswa berkolaborasi dengan orang tua siswa.