Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Mengajarkan 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak Sejak Dini

Begini Mengajarkan 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak Sejak Dini
Cara menjaga kesehatan gigi serta mulut sejak dini.

Cara mencegah gigi berlubang pada anak memang harus dimulai sejak dini. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anak.

Sebab bila gigi anak tidak terawat, maka berbagai masalah gigi bisa terjadi seperti gigi berlubang. Bahkan gigi berlubang ini menjadi salah satu masalah yang paling banyak dialami anak-anak dan orang dewasa.


Jika anak mengalami masalah gigi berlubang, biasanya mereka akan sulit mengunyah. Sehingga mereka tidak mau makan dan giginya terasa nyeri. Pertumbuhannya pun bisa saja terganggu. Maka dari itu perlu adanya pencegahan agar masalah ini tidak sampai terjadi.

5 Cara Mencegah gigi Berlubang Pada Anak


Gigi yang berlubang biasanya dipicu oleh kuman dan bakteri. Adanya plak yang menumpuk dan memiliki kandungan asam erosi enamel lebih banyak. Sehingga area tanpa kalsium cukup besar dan permukaan gigi akan berlubang. Berikut berbagai pencegahan yang perlu diajarkan orang tua kepada anak agar tidak mengalami masalah gigi berlubang.

1. Biasakan Gosok Gigi

Pada anak usia 6 tahun keatas biasanya sudah terbiasa menggosok gigi sendiri. Akan tetapi anda harus membantunya mengaplikasikan pasta gigi dan mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi yang benar.

Biasakan anak untuk gosok gigi minimal 2 kali sehari. Terutama pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Membatasi Makanan Manis

Salah satu faktor utama yang membuat gigi anak berlubang adalah makanan manis. Anak-anak tentu suka sekali dengan camilan. Tapi supaya gigi anak tetap terawat, anda bisa memberinya camilan sehat yang rendah gula.

Sebab gula bisa memicu bakteri menghasilkan asam lalu akan mengikis mineral yang terdapat di permukaan gigi.

3. Jangan Biarkan Anak Tidur dengan Botol Susu

Salah cara mencegah gigi berlubang pada anak sejak dini adalah dengan tidak membiarkan anak tidur dengan botol susu. Saat anda menidurkan anak dengan botol susu bisa mengakibatkan rusaknya gigi yang parah yang disebabkan karena air liur.

Air liur yang ada di mulut anak lebih sedikit dalam melindungi giginya ketika tidur. Dengan begitu, sisa susu yang tertinggal dalam mulut anak bisa menumpuk dan membuat email gigi terkikis.

4. Ajarkan Anak Menggunakan Mouthwash

Pembersihan secara rutin pastinya dibutuhkan oleh setiap bagian gigi. Akan tetapi, menggosok gigi belum sepenuhnya efektif membersihkan kotoran yang ada pada gigi.

Maka dari itu, untuk anak berusia 7 tahun ke atas, anda bisa mengajarkannya bagaimana cara menggunakan obat kumur atau mouthwash sebagai salah satu perawatan gigi ekstra sesudah sikat gigi.

5. Memeriksakan Gigi Secara Rutin

Sama halnya seperti orang dewasa, anak-anak juga perlu dibiasakan untuk memeriksakan gigi mereka secara rutin ke dokter. Minimal pemeriksaan dilakukan enam bulan sekali. Anda harus memberikan pemahaman kepada anak agar anak tidak takut saat diajak ke dokter gigi.

Lewat pemeriksaan rutin ini, anda bisa tahu seperti apa kondisi gigi serta mulut anak. Ini menjadi salah satu cara mencegah gigi berlubang pada anak dan menjaga kesehatan gigi serta mulut sejak dini.

Berlangganan via Email