Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengajar Matematika di SD yang Bikin Siswa Mudah Paham dan Ketagihan

Tips Mengajar Matematika di SD yang Bikin Siswa Mudah Paham dan Ketagihan
Anak suka belajar Matematika.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu dianggap sulit pada jenjang pendidikan apa pun. Jadi, tidak heran jika banyak anak-anak tidak menyukai mata pelajaran ini. Akibatnya, mereka malas belajar dan nilai mereka pun menjadi kurang memuaskan. 

Untuk memecahkan masalah ini, pendidik bisa mencari solusi yang menyenangkan dan membuat siswa lebih memahami mata pelajaran matematika dengan lebih mudah.

Meski dianggap paling sulit, matematika ini amat penting untuk menjalani kehidupan anak didik nantinya. Meskipun tidak semua bahan pembahasannya diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, sebagian besar tetap digunakan. Untuk itu, sistem pembelajarannya perlu terus diperbaiki agar pelajaran ini mudah dipahami anak-anak.

Tips Mengajar Matematika di SD agar Mudah Dipahami

Mata pelajaran matematika selalu menjadi momok bagi peserta didik. Hal ini tidak hanya terjadi pada siswa di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Karena itulah, para pendidik terus-menerus mencari inovasi untuk mempermudah siswa mempelajarinya. 

Berikut ini beberapa tips mengajar matematika di tingkat SD yang bikin siswa mudah paham dan ketagihan.

1. Menyederhanakan

Mata pelajaran matematika selalu identik dengan angka dan sistem operasi yang terbilang rumit untuk peserta didik. Hal inilah yang membuat mereka cepat bosan mempelajarinya dan merasa kesulitan. 

Sebagai pengajar mata pelajaran matematika, mencari solusi dan inovasi yang kreatif adalah suatu kewajiban. Salah satu caranya yaitu dengan menyederhanakan soal-soal yang sulit sehingga mudah dipecahkan.

Oleh karena itu, mulailah mengajari murid dari materi yang paling sederhana dengan menggunakan hal-hal yang sering mereka lakukan, misalnya permainan. 

Jika Anda sedang mengajari anak didik berhitung, cobalah menggunakan mainan mereka dan ajaklah untuk menghitung jumlahnya. Cara ini kemungkinan akan membuat anak didik makin menyukai mata pelajaran ini karena dianggap seru.

2. Manfaatkan Objek di Rumah dan Lingkungan

Peserta didik sekolah dasar (SD) juga mempelajari bangun ruang yang ada di matematika, misalnya balok, kubus, lingkaran, dan masih banyak yang lainnya. 

Untuk memudahkan mereka dalam mengenali dan memahami bentuk ruang seperti ini, maka Anda dapat memanfaatkan objek yang ada di rumah atau sekitar lingkungan sekolah. 

Objek-objek di lingkungan tentu banyak sekali bentuknya. Selain dapat menghafal bentuk, peserta didik juga bisa sekaligus mengetahui nama-nama benda tersebut. Cara ini juga akan menambah pengetahuan mereka tentang lingkungan, selain mudah memahami mata pelajaran matematika. 

Media pembelajaran dengan menggunakan objek ini akan memberikan pemahaman konsep yang tepat tentang bangun ruang untuk anak didik.

3. Latihan Soal

Untuk membuat anak didik memahami mata pelajaran matematika dengan makin mudah dan tepat, maka setelah memberikan teori-teori, sebaiknya berikan juga latihan-latihan soal untuk memantapkan teori mereka. 

Jika terbiasa dengan latihan soal ini, mereka akan semakin mudah belajar matematika. Keuntungannya adalah anak didik ini akan makin penasaran dan ketagihan mempelajarinya.

Berikan juga praktik yang mudah dipahami oleh anak didik. Misalnya, saat menyampaikan materi tentang pengukuran, cobalah menugaskan kepada anak didik untuk mengukur meja dan kursi belajar mereka. 

Cara ini akan membuat suasana belajar makin seru dan siswa pun akan merasa penasaran untuk mengukur benda-benda lain sehingga matematika tidak akan menjadi momok lagi.

4. Manfaatkan Teknologi Multimedia

Guru saat ini dituntut untuk memiliki kemampuan multimedia. Hal ini bukan tanpa alasan. Teknologi multimedia ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran matematika. 

Jadi, anak didik tidak hanya dihadapkan pada teks-teks, tetapi juga melalui gambar dan video-video yang lebih menarik untuk dipelajari. 

Pembelajaran dengan menggunakan multimedia tidak hanya memberikan keuntungan pada anak didik. Guru pun akan makin kreatif dan terampil dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik. 

Lihat juga: Tips Supaya Siswa Cepat Mengerjakan Soal Cerita Pelajaran Matematika

Ilustrasi-ilustrasi yang disajikan akan lebih menarik dan seru sehingga anak didik semakin bersemangat dan ketagihan untuk belajar matematika.

Karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup berat, sebaiknya Anda tidak terlalu memberikan banyak tuntutan. Sebisa mungkin selalu berikan jeda atau istirahat beberapa menit saat mempelajarinya sehingga anak didik tidak mudah bosan.

Berlangganan via Email