Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengajarkan Anak Disiplin Dengan Cara Positif

Tips Mengajarkan Anak Disiplin Dengan Cara Positif

Tips mengajarkan anak disiplin dengan cara positif sejak dini sangat anda perlukan. Jadi, apa sih disiplin itu? Maka simak ulasan dibawah ini.

Nah, mari kita bahas dahulu apa yang disebut dengan disiplin. Sikap untuk menepati janji dan merupakan sikap patuh terhadap suatu aturan bermakna sebagai disiplin.

Lihat juga: Rahasia Pola Asuh Ala Jepang Agar Anak Disiplin dan Mandiri

Sikap ini merupakan pola asuhan juga kebiasaan yang tertanam sejak dini. Maka akan lebih baik jika anak anda biasakan sejak kecil untuk bertanggung jawab.

Semua buat secara sederhana, semisal melakukan sesuatu harus mau bertanggung jawab setelahnya. Kalau jam tertentu adanya aturan tertentu, semacam itu.

Ini Dia Tips Mengajarkan Anak Disiplin Dengan Cara Positif

Berikut ini cara agar anak terbiasa dengan hal-hal kecil yang mampu menumbuhkan rasa disiplin. Sebaiknya jangan terlalu keras apabila ingin mendidik anak kecil, pelan namun pasti.

1. Memberi Arahan pada Anak

Cara yang pertama adalah memberi arahan. Dengan memulai suatu pembelajaran yang baru pada anak kecil, baiknya secara sabar. Beri tahu apa yang seharusnya dilakukan saat tertentu. Misalnya ketika habis bermain, maka anak harus membereskannya.

Ketika jam sekian, anak harus sudah tidur, saat makan harus berdoa, menggunakan tangan baik, hingga berterima kasih ketika diberi sesuatu. Dengan hal-hal kecil yang sangat dekat dengan kita, anak jadi paham.

2. Alasan yang Jelas

Tips mengajarkan anak disiplin dengan cara positif yang kedua memberitahu alasan. Semua peraturan yang anda terapkan harus mempunyai alasan yang jelas.

Dengan ini, anak akan mau melaksanakannya, seperti kenapa kita harus membereskan mainan? Ya tentu saja karena akan membuat rumah berantakan dan kotor.

Mengapa ibu menerapkan berbagai peraturan? Semua harus beralaskan hal yang pasti dan demi kebaikan anak tentunya.

3. Mendiskusikan Setiap Peraturan

Hal yang sering terjadi adalah anak yang tidak mau menurut karena merasa semua peraturan tidak sesuai dengan yang ia mau. Tentu saja ini akan menimbulkan konflik yang harus segera diluruskan.

Maka sebaiknya sebelum menetapkan sesuatu, diskusikan terlebih dahulu pada anak. Buat pilihan yang membawa anak paham kenapa peraturan tersebut harus dilaksanakan.

4. Konsekuensi Ketika Melanggar

Tips mengajarkan anak disiplin selanjutnya adalah membuat kesepakatan tentang yang melanggar. Hal ini akan memberi efek jera pada anak yang melanggar.

Tapi harus dengan konsekuensi yang wajar ya. Misalnya ketika tidak menaati jam tidur siang, maka tidak boleh makan es krim. Atau ketika tidak menaruh sepatu pada tempatnya, uang jajan akan dipotong. Hal-hal seperti itu akan membuat anak tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

5. Apresiasi Anak

Hal yang harus anda perhatikan juga adalah mengapresiasi setiap kedisiplinan anak. Misalkan anak membereskan mainan, maka anak boleh bermain lebih lama dari biasanya. Penambahan uang saku saat anak rajin menabung.

Tips mengajarkan anak disiplin dengan cara positif ini akan membawa sikap yang baik. Bahkan akan menumbuhkan kebiasaan yang menguntungkan saat ia dewasa kelak.