Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Adab Menghormati dan Menghargai Guru yang Harus Dilakukan Siswa

Menghormati dan menghargai guru.

Adab menghormati dan menghargai guru penting dilakukan oleh seorang siswa. Siswa dan guru dapat dikatakan sebagai anak dan orang tua di sekolah. Oleh karena itu, penting diterapkannya adab siswa terhadap guru.

Siswa tentu memerlukan kehadiran seorang guru sebagai orang yang mempunyai pengetahuan lebih sehingga mampu mengajarkan kepada para siswanya. Meskipun kecil yang diajarkan, akan tetapi seorang guru haruslah tetap dihormati dan dihargai.

Adab Menghormati dan Menghargai Guru Bagi Siswa

Jaga adab terhadap guru ialah suatu hal mutlak dan harus dilakukan oleh tiap siswa dalam proses pendidikan. Hal ini merupakan salah satu hal penting dalam meraih keberkahan ilmu serta memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Seorang siswa yang beradab serta berakhlak merupakan salah satu pengamalan dari ilmu yang diperolehnya. Hal ini akan menjadi habit yang mengakar cukup kuat pada diri siswa.

Berikut ini adab menghormati dan menghargai guru yang harus dilakukan oleh para siswa antara lain:

1. Bersikap Lembut

Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh para siswa dalam menghormati dan menghargai para guru adalah dengan selalu berkata lembut. Hindari berbicara atau berperilaku kasar. Berbicara lemah lembut merupakan salah satu bukti kasih sayang siswa terhadap guru.

2. Memperhatikan Guru yang Mengajar

Menyimak, tidak banyak bicara, dan mencatat apa saja yang diterangkan oleh bapak ibu guru adalah salah satu bentuk menghormati dan menghargai keberadaan guru yang sedang mengajari para muridnya.

Dengan demikian, siswa dapat mendengarkan baik-baik semua penjelasan guru. Lalu melakukan aktivitas laun setelah bapak ibu guru selesai menerangkan.

3. Menyelesaikan Tugas dengan Tepat Waktu

Sikap menghormati dan menghargai guru selanjutnya adalah dengan mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya. Lantas menyelesaikannya tepat pada waktunya.

Hal ini dapat menjadi bentuk menghormati guru yang telah menularkan ilmu. Para guru berharap semua ilmu yang mereka sampaikan kepada siswa dapat terpatri dalam pikiran serta hati para siswa.

4. Izin pada Saat Akan Meninggalkan Pelajaran

Pada saat ada keperluan yang mendesak sehingga harus meninggalkan pelajaran, maka meminta izinlah kepada guru yang sedang mengajar. Jelaskan alasan kemana akan pergi, Sehingga guru dapat mengetahui serta memberikan izin dengan alasan yang jelas.

5. Menyapa Ketika Bertemu di Jalan

Saat berada di luar lingkungan sekolah, dan siswa bertemu bapak atau ibu guru di jalan, maka sapalah dengan sopan dan ramah. Hal ini dapat dilakukan apabila kondisi memungkinkan.

6. Mencium Tangan

Bentuk rasa hormat dan menghargai kepada guru dari para siswa dapat dilakukan dengan cara mencium tangan saat bertemu guru. Baik pada saat guru baru datang ke sekolah, pulang sekolah, ataupun saat di jalan tidak sengaja bertemu atau berpapasan dengan bapak ibu guru.

7. Tidak Menyela Pembicaraan Guru

Hal penting lainnya dalam menghormati dan menghargai guru adalah tidak menyela pembicaraan saat bapak ibu guru berbicara dengan orang lain. Apabila terdapat sesuai yang harus dibicarakan, maka tunggulah beberapa saat hingga bapak ibu guru menyelesaikannya. Lalu mulailah berbicara dengan sopan.

8. Berpakaian Bersih dan Rapi

Seorang siswa hendaknya selalu berpakaian rapi dan berisi saat berhadapan langsung dengan bapak ibu guru. Sangatlah tidak pantas apabila seorang siswa menghadap guru dalam keadaan pakaian yang kurang rapi dan nampak kotor.

Lihat juga : Hati-hati, Kebiasaan Ini Dapat Menjadikan Guru Tidak Kreatif dan Siswa Cepat Bosan

Dengan berpakaian yang rapi dan bersih, hal ini dapat menjadi bukti bahwa siswa menghormati gurunya. Dengan demikian, bapak ibu guru akan merasa dihargai oleh para siswa.

Adab menghormati dan menghargai guru juga dapat dilakukan dengan bersikap sopan serta santun. Saat berada di depan bapak ibu guru, sepantasnya siswa bersikap sopan. Dengan demikian, siswa akan memperoleh keberkahan dalam menuntut ilmu, sehingga ilmu yang diperoleh akan lebih bermanfaat.