Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru yang Baik Tidak Hanya Memberikan PR Saja di Rumah


Guru adalah salah satu profesi yang sangat mulia dan memiliki bekal pengetahuan luas. Bahkan ada anggapan jika guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Guru menjadi orang tua kedua bagi anak jika berada di sekolahan. Menjadi guru yang baik memang tidak semudah kedengarannya. 

Banyak hal yang harus dilakukan agar bisa mendidik anak dengan baik dan benar. Sehingga tanggungjawabnya cukup berat. Apalagi guru juga menjadi pencerdas bangsa untuk masa depan. Guru yang membawa kemana arah anak akan berjalan. 

Dengan adanya jasa pendidik tersebut, anak bangsa akan menjadi pintar dan cerdas. Namun, guru yang baik tidak hanya memberikan tugas di rumah atau PR saja. Seharusnya seorang guru mampu menarik minat dan kreativitas anak dari segi apapun. Sehingga membuat anak bisa lebih aktif dan berfikir maju.

Kualitas Guru yang Baik Tidak Hanya Memberikan PR

Seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja. Namun juga mengajari bagaimana beretika dan bersosialisasi yang benar. Sering ada anggapan jika seorang guru memiliki pandangan tajam, keras, galak, dan disiplin. Hal ini membuat sebagian siswa tidak ingin mendengarkan perkataannya. Maka dari itu, sebagai seorang guru, tentu membutuhkan banyak hal.

  • cerdas
  • periang
  • bisa bersosialisasi dengan baik
  • mampu menunjukkan etika yang baik

Tidak hanya itu saja, seorang guru juga tidak harus memberikan PR atau pekerjaan rumah pada murid-muridnya. Sebab, ada banyak alasan yang bisa membuat pekerjaan rumah tidak perlu lagi.

  • anak butuh waktu istirahat
  • waktu bermain
  • bersosialisasi dengan lingkungan
  • belajar tentang kreativitas di sekitar rumah

Terkadang pekerjaan rumah pun sering membuat anak-anak merasa kesal. Bahkan PR menjadi salah satu hal yang cukup dibenci anak-anak. Sebagai guru yang professional, memang sering melakukan hal tersebut. Namun berbeda dengan pengajar yang baik, tentu bisa memberikan hal berbeda. Sehingga anak bisa belajar ilmu lain selain PR.

Ciri-Ciri Guru yang Baik

Guru adalah orang tua kedua bagi seorang siswa di sekolah. Guru profesional sudah tentu bisa dilihat dengan jelas gelar pendidikannya. Namun untuk mencari yang baik cukup sulit dipahami. Dari segi ini, guru harus mampu berkomunikasi secara baik melalui lisan. Ada beberapa ciri yang dimiliki seorang guru dengan sifat baik, antara lain:

  1. Tenang dan tidak menunjukkan emosi
  2. Tidak berprasangka buruk pada anak didik
  3. Konsisten
  4. Mampu menciptakan lingkungan yang menyenangkan
  5. Pandai
  6. Bijaksana
  7. Berusaha tidak melakukan kesalahan
  8. Sanggup memberikan bantuan secara maksimal pada siswa.

Dari berbagai poin tentang pendidik yang baik, maka dapat disimpulkan jika seorang guru harus lebih baik. Selain itu, ada beberapa yang harus dimiliki seorang guru, antara lain:

  • lebih mengerti
  • memiliki ilmu pengetahuan lebih
  • mampu mengatasi masalah muridnya

Namun, tidak semua guru bisa memiliki kriteria seperti itu. Hanya saja, pada umumnya seorang guru memiliki hal lebih dari orang biasanya. Seorang guru juga tidak terlepas dari namanya kesalahan. Sehingga dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, tentu tidak bisa selalu berhasil. 

Lihat juga : 7 Cara Agar Anak Suka Belajar Tanpa Dipaksa

Guru memiliki banyak tugas mulia. Sehingga bebannya akan lebih banyak dari orang pada umumnya. Karena itulah seorang pengajar harus bisa memberikan contoh yang baik pada muridnya. Guru profesional mampu memberikan pengajaran yang baik dari berbagai segi.

Sedangkan untuk kriteria guru yang baik mampu melindungi anak didiknya dan mengajarkan etika dalam kehidupan sehari-hari. Guru pun tidak harus memberikan PR pada anak di rumah.