Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Metode Pembelajaran Agar Mudah Diterima Oleh Murid

Beberapa Metode Pembelajaran Agar Mudah Diterima Oleh Murid

Metode pembelajaran agar mudah diterima oleh murid harus dikuasai guru. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan murid merupakan sebuah interaksi yang dalam interaksi tersebut diperlukan sebuah metode pembelajaran. 

Dengan tujuan agar memudahkan guru dalam memberikan penjelasan kepada murid, sehingga murid juga akan menerima dengan mudah apa yang disampaikan oleh guru. Metode pembelajaran juga mempunyai beberapa manfaat untuk guru

  • Guru dapat menyajikan pelajaran dengan baik
  • Murid dapat menerima pelajaran dengan baik
  • Guru mudah mengendalikan kelas
  • Murid mudah dikendalikan guru

Pahami Metode Pembelajaran Agar Mudah Diterima Oleh Murid

Dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, guru akan lebih mudah menyampaikan materi kepada murid. Sehingga murid juga akan menjadi lebih mudah untuk menerima dan mengerti apa yang disampaikan oleh guru. 

Metode pembelajaran sendiri merupakan cara atau teknik penyajian bahan pelajaran yang akan disampaikan oleh guru pada saat memberikan bahan pelajaran kepada murid, baik secara individu maupun kelompok. Berikut ini adalah beberapa metode pembelajaran agar mudah diterima oleh murid.

1. Metode Ceramah

Metode ini merupakan sebuah metode dengan penyampaian pembelajaran secara lisan kepada murid yang mengikuti secara pasif. Pengajaran dengan menggunakan metode ini memiliki beberapa kelebihan, seperti guru akan lebih mudah menguasai kelas

Dapat diikuti oleh anak didik dalam jumlah yang banyak, mudah dalam pelaksanaannya, serta guru akan lebih mudah menerangkan materi pelajaran dalam jumlah yang banyak. 

Namun dalam metode ini juga mempunyai beberapa kelemahan, seperti membuat murid menjadi pasif. Karena hanya mendengarkan penjelasan sehingga mengandung unsur paksaan. 

Kelemahan lainnya adalah anak yang tidak mudah tanggap akan kesulitan untuk menerima materi pelajaran tersebut. Lalu murid akan mudah bosan dengan metode pembelajaran seperti ini.

2. Metode Demonstrasi

Merupakan salah satu metode pembelajaran agar mudah diterima oleh murid dengan cara memperagakan kejadian dan urutan melakukan suatu kegiatan. Baik secara langsung maupun menggunakan media pengajaran lain yang relevan dengan materi pelajaran.

Metode ini memiliki kelebihan seperti memudahkan murid untuk dapat memahami suatu proses kerja pada suatu benda. Lebih memudahkan menerima karena penjelasannya langsung dipraktikkan. Lalu memberikan pengalaman dan kesan sebagai hasil dari pembelajaran yang akan selalu murid ingat.

Namun metode ini juga memiliki kelemahan, seperti tidak bisa dipraktikkannya semua pembahasan secara rinci. Murid juga tidak mudah menerima ketika guru belum terlalu menguasai materi praktik.

3. Metode Diskusi

Salah satu metode pembelajaran agar mudah diterima oleh murid adalah dengan diskusi. Karena diskusi sendiri merupakan metode pembelajaran yang memiliki hubungan erat dengan memecahkan sebuah masalah. 

Dengan menggunakan metode ini, murid diharapkan dapat berpikir kritis serta berani mengutarakan pendapatnya. Mampu berpikir mencari jalan keluar dalam sebuah masalah yang ada. 

Lalu menemukan solusi untuk memecahkan masalah yang ada. Sehingga secara tidak langsung, metode pembelajaran seperti ini membangun keberanian murid dalam mengambil sebuah keputusan.

Kelebihan dari metode pembelajaran ini adalah, murid dapat saling berdiskusi dengan mengemukakan pendapat masing-masing individu. Mendorong murid untuk berpikir cara pemecahan masalah sesuai dengan akal pikirannya. 

Lihat juga : 9 Kiat Agar Sukses Menjadi Guru Masa Kini

Lalu membiasakan murid agar dapat menghormati pendapat orang lain yang berseberangan pendapat dengannya. Sehingga akan timbul sebuah sikap toleransi.

Namun dibalik metode pembelajaran agar mudah diterima ini terdapat beberapa kelemahan. Seperti kelompok yang dibuat terbatas hanya untuk beberapa individu saja. Murid yang pasif akan kalah dengan murid yang aktif.