Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bagi Guru Menumbuhkan Kecintaan Siswa untuk Belajar

Tips Bagi Guru Menumbuhkan Kecintaan Siswa untuk Belajar

Kecintaan siswa untuk belajar dapat terbentuk melalui keluarga, guru, dan teman sejawat. Salah satu faktor pembentuknya yaitu guru.

Kata belajar bagi sebagian siswa dapat menjadi momok yang menyeramkan. Bahkan enggan menyentuh atau melakukannya.

Karena kebanyakan siswa menganggap belajar bukan merupakan hal yang menyenangkan. Sehingga membutuhkan usaha ekstra dari orang tua maupun guru untuk menyuruh siswa agar mau belajar.

Lihat juga : Cara Sederhana Menumbuhkan Minat Anak untuk Belajar Sains

Mindset ini yang harus diubah sedikit demi sedikit agar siswa menjadi paham. Sebenarnya belajar bukan menjadi beban atau hal yang kurang menyenangkan.

Justru sebaliknya ternyata belajar bisa dilakukan sambil bermain. Selain itu juga belajar tidak hanya terpaku dengan anggapan membaca buku.

Belajar bisa melalui media lain, seperti internet, koran, dan lain lain. Oleh sebab itu sebagai guru berikut tips yang bisa menjadi referensi untuk menumbuhkan rasa cinta untuk belajar.

Inilah Cara Menumbuhkan Kecintaan Siswa untuk Belajar

Beberapa tips dibawah ini bisa membantu para guru yang kesulitan untuk membuat siswa menjadi gemar belajar.

1. Membiasakan Literasi Sebelum Jam Pelajaran Dimulai

Kecintaan siswa untuk belajar yang pertama bisa ditumbuhkan melalui kegiatan literasi. Saat ini sudah banyak sekolah yang mengadakan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah).

Hal ini bertujuan agar siswa menjadi terbiasa dan senang untuk membaca. Literasi dapat dilakukan ketika pagi hari sebelum jam pelajaran dimulai.

Untuk durasinya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya sekitar 5-15 menit setiap pagi hari.

2. Membuat Situasi Belajar yang Menyenangkan

Dalam proses belajar mengajar di kelas guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan. Karena dengan hati yang senang dan gembira dapat memicu otak untuk menyerap materi pelajaran dengan mudah.

Sehingga, lama kelamaan kecintaan siswa untuk belajar akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Selanjutnya guru bisa menyelipkan permainan kecil di tengah pelajaran.

Hal tersebut berfungsi untuk merefresh otak yang penat dengan materi pelajaran.

3. Lingkungan Kelas yang Mendukung

Ternyata lingkungan kelas juga menjadi faktor pendukung kecintaan siswa untuk belajar. Contohnya, dalam pemilihan warna cat kelas harus sesuai dengan pencahayaan.

Karena agar siswa nyaman belajar di dalam kelas perlu didukung dengan lingkungan yang memadai. Selain itu ventilasi udara juga berperan penting agar menjaga sirkulasi udara dalam ruangan tersebut.

Apabila lingkungan yang sedang ditinggali nyaman, belajar juga menjadi nyaman bukan?

4. Guru Harus Menciptakan Situasi Kompetisi yang Menantang

Salah satu faktor yang dapat menumbuhkan kecintaan siswa untuk belajar yaitu kompetisi. Dengan kompetisi yang sehat akan membuat siswa menjadi termotivasi untuk mengejar dan mengalahkan rekan sejawatnya.

Tentunya hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi siswa tersebut. Ia pasti akan belajar dengan giat agar mampu mengalahkan teman sekelasnya.

Oleh sebab itu, sebagai guru hendaknya menjadi penengah. Guru harus mampu menciptakan situasi kompetisi yang sehat.

Selain itu, memberikan penghargaan untuk seluruh siswa walaupun mengalami kekalahan. Karena guru sudah melihat usaha dari siswa tersebut untuk memenangkan kompetisi ini.

5. Guru Menyediakan Berbagai Media Belajar

Media belajar untuk menumbuhkan kecintaan siswa untuk belajar tidak hanya melalui buku cetak. Guru bisa menggunakan media video agar siswa menjadi tertarik untuk membuka materi tersebut.

Selain itu, guru juga bisa melakukan inovasi dengan menggunakan podcast atau rekaman suara. Hal ini akan sangat mudah dilakukan karena melihat zaman sekarang penggunakan teknologi informasi sangat lazim digunakan.

Semua ini bertujuan agar menumbuhkan kecintaan siswa untuk belajar. Jika guru bisa melakukan beberapa tips di atas, maka siswa akan semakin cinta dalam kegiatan belajar.