Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hal yang dilakukan Guru Agar Siswa Menikmati Proses Belajar

Hal yang dilakukan Guru Agar Siswa Menikmati Proses Belajar

Agar siswa menikmati proses belajar, seorang guru juga penting memperhatikan hal yang berhubungan dengan belajar mengajar pada siswa tersebut. Sebenarnya tidak hanya bagaimana cara guru mengajar, namun dalam hubungan diluar kelas juga perlu dibangun sebuah kesan. 

Banyak hal yang membuat siswa enggan mengikuti pelajaran dengan baik. Hal tersebut yang terkadang membuat seorang guru bingung mengatasinya. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan pandangan dan hubungan guru dan murid menjadi baik. Sekaligus membuat siswa semangat dalam proses belajar mengajar. 

Langkah Penting Agar Siswa Menikmati Proses Belajar

Tugas seorang guru memang bukan hanya mengajar saja. Namun yang lebih penting adalah membuat semua muridnya suka belajar dan menikmati proses belajar tersebut. Oleh karena itu perlu adanya hal yang harus guru lakukan yakni sebagai berikut. 

1. Menggunakan Metode Penyampaian Melalui Cerita

Ketika seorang guru mengajar, tentunya mereka akan mengutamakan misi agar siswa mampu mengerjakan soal. Namun sebenarnya cara tersebut kurang efektif membawa kelas yang positif dan semangat belajar. 

Hal yang dilakukan adalah membangun semangat belajar terlebih dahulu di awal pembelajaran. Guru juga dapat menyampaikannya melalui cerita dan contoh nyata yang menggambarkan pentingnya materi harus dikuasai seorang siswa.

Ketika nuansa positif telah terbangun, maka belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Cara tersebut merupakan cara tepat agar siswa menikmati proses belajar.

2. Kelola Proses Belajar 

Ketika suasana awal belajar sudah menunjukkan suasana positif, maka guru selanjutnya mengelola proses belajar tersebut.

Hal yang paling penting adalah mempengaruhi suasana hati siswa menjadi menyenangkan. Setelah itu Anda siapkan teknik penilaian berupa pertanyaan sesuai dengan apa yang harus diukur. 

Untuk tujuan mengembangkan kreativitas siswa, perlu adanya pertanyaan terbuka. Selain itu pertanyaan yang menantang siswa untuk mencapai sesuatu.

Lihat juga : Cara Ampuh Membuat Suasana Kelas Menyenangkan

Pertanyaan terlalu sulit akan mematikan upaya siswa, namun pertanyaan yang terlalu mudah juga tidak akan membangkitkan semangat siswa untuk belajar banyak.

Anda harus memiliki strategi agar siswa menikmati proses belajar.Seorang guru harus mengetahui sampai dimana kemampuan siswanya sehingga dapat menyesuaikan. 

3. Menciptakan Kompetisi di Kelas

Setiap siswa memiliki jiwa ingin bersaing. Ingin lebih cerdas, lebih baik, lebih sukses dan lebih dari yang lainnya. Oleh karena itu sebagai guru perlu menyiapkan strategi untuk membuat kompetisi di kelas lebih menarik dan siswa bersemangat untuk bersaing. 

Siapkan kompetisi yang diikuti seluruh siswa sehingga nantinya ada yang menjadi juara. Pastikan siswa menjadi pemenang pada kompetisi tertentu dan waktu tertentu.

Hal ini untuk menegakkan prinsip setiap individu adalah juara di bidangnya masing-masing. Buatlah kompetisi yang bervariasi. 

4. Memberi Bantuan Siswa yang Berjuang Belajar

Untuk membangkitkan siswa dalam belajar, Anda juga harus dapat membantu mereka untuk belajar. Anda bisa membantu mereka yang kesulitan belajar agar siswa menikmati proses belajar.

Karena mereka membutuhkan lebih banyak pemahaman. Namun sebaliknya, siswa akan berhenti belajar jika tidak mendapatkan solusi atau bantuan tersebut.

Berada disisi siswa serta selalu mendampinginya adalah metode yang paling tepat agar menumbuhkan kepercayaan serta kepedulian. 

5. Berikan Sumber Belajar Tepat dan Memadai

Sumber belajar dapat membantu siswa dalam belajar. Sumber belajar tersebut harus Anda siapkan baik untuk mendukung kurikulum, pengembangan diri, ,maupun perkembangan karir.

Sumber belajar tidak hanya di perpustakaan saja, namun bisa berupa audio, video, atau media cetak. Berikan sumber belajar yang dapat memotivasinya Agar siswa menikmati proses belajar dalam kelas.