Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kendala Menggunakan Aplikasi Video Conference Ketika Pembelajaran dan Solusinya

Kendala Menggunakan Aplikasi Video Conference Ketika Pembelajaran dan Solusinya

Kegiatan pembelajaran pada tahun ini tetap dilaksanakan melalui daring karena kasus penyebaran virus corona yang semakin tinggi. Pembelajaran tatap muka tetap dapat dilakukan walaupun secara virtual. Sebelum pelaksanaan guru melakukan komunikasi kepada peserta didik dan juga orang tua. Hal utama yang harus disiapkan pembelajaran melalui daring yaitu kesiapan siswa menggunakan Google Meet atau Zoom Meet.

Lihat juga : Karena Siswa Belajar di Rumah, Benarkah Guru Makan Gaji Buta Saat Pandemi?

Kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan video conference sebagai berikut:

  • Jaringan internet saat pembelajaran berlangsung tidak stabil seperti biasanya. Masalah tersebut terjadi pada guru maupun peserta didik. Pada saat kegiatan belajar jaringan internet mengalami gangguan, sehingga suara guru ketika menjelaskan menjadi putusputus.
  • Tidak semua peserta didik dapat mengikuti pelajaran daring, karena hp dibawa orang  tua bekerja.
  • Dalam pembelajaran kurang terjadi interaksi antara guru dan peserta didik, disebabkan peserta didik menutup kamera, karena malu dan kurang percaya diri. Ini menjadi asumsi bahwa mereka tidak menghargai guru sebagai sumber belajar.
  • Proses pembelajaran menjadi tersendat dan tidak tersampaikan karena suara peserta didik ketika menjawab pertanyaan guru terdengar pelan. Mungkin disebabkan karena  sinyal lemah dan mereka kurang lantang berbicara.
  • Proses pembelajaran menjadi tersendat dan tidak tersampaikan karena peserta didik membuka speaker, sehingga timbul suara-suara bising.

Pada setiap kegiatan pembelajaran selalu ditemui permasalahan yang berbeda. Oleh sebab itu, guru harus melaksanakan refleksi diri untuk mencari faktor penyebab dan solusi tindakan untuk kegiatan pembelajaran yang lebih baik.

Beberapa saran yang dapat dilakukan agar pembelajaran online dapat berjalan lancar, yaitu sebagai berikut:

  • Guru harus menyiapkan semuanya dengan baik, laptop harus dalam keadaan baik selain itu jaringan internet atau paket data juga harus bagus dan mendukung. Untuk
  • penggunaan aplikasi bisa menggunakan Zoom Meet ataupun Google Meet. Sebelum memulai pembelajaran pastikan peserta didik sudah memahami penggunaan Google Meet atau Zoom Meet.
  • Guru dapat meminta teman untuk membantu sebagai host pembelajaran daring yang akan mengatur atau mamantau mic peserta didik, mengatasi kendala yang muncul
  • saat pembelajaran daring. Sehingga guru yang mengajar fokus pada pembelajaran yang dilaksanakan.
  • Pada saat pembelajaran daring, guru dan peserta didik membuat kesepakatan sehingga pembelajaran daring dapat berjalan sesuai harapan. 
  • Sebagai guru harus terus belajar dan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

Demikian kendala dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran online, agar materi yang disampaikan efektif dan tercapai tujuannya.

*) Ditulis dan dikirim oleh Yeni Setyaningsih. Guru di SDN Rawa Badak Utara 15