Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tak Selalu Negatif, Gadget Bisa Tumbuhkan Kreativitas Anak

Tak Selalu Negatif, Gadget Bisa Tumbuhkan Kreativitas Anak

Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bila melihat anak-anak memainkan gadgetnya dengan lincah. Mungkin selama ini kebanyakan orang tua lebih sering mendengar pengaruh negatif mengenai gadget dibanding dampak positifnya. Namun, dengan pengawasan dari orang tua, penggunaan gadget bisa tumbuhkan kreativitas anak.

Peran orang tua dalam membimbing anak dan mengenalkan mengenai gadget memang cukup penting. Meski demikian orang tua juga harus memahami aturan saat mengenalkan gadget pada anak, harus bisa menyesuaikan dengan umur si anak. Selain itu, membatasi waktu penggunaan gadget juga perlu untuk diperhatikan.

Sering Dianggap Berpengaruh Buruk, Nyatanya Gadget Bisa Tumbuhkan Kreativitas Anak

Hadirnya gadget dengan berbagai fitur yang canggih sering menjadi ancaman bagi orang tua karena takut anak akan kecanduan. Hal ini karena banyak anak yang telah kecanduan gadget dan sulit untuk melepaskannya. Meski begitu, seharusnya orang tua juga perlu menyadari bahwa gadget tak melulu memberi dampak negatif.

Bahkan penggunaan gadget dengan bijak justru akan memberi dampak positif dan mampu tumbuhkan kreativitas anak. Biarpun bisa berdampak positif, namun orang tua tetaplah harus membatasi durasi penggunaannya. Berikut ini beberapa sisi positif dari penggunaan gadget pada anak.

1. Membantu Anak Merangsang Kemampuan Motorik

American Academy of Pediatric (AAP) mengungkapkan, kehadiran gadget juga bisa mendukung tumbuh kembang anak ke arah positif. Tentu saja orang tua harus berperan penting dalam hal ini, misalnya dengan mendampingi anak saat bermain gadget. Kemampuan motorik bisa meningkat seiring gerakan otot-otot tubuh pada saat menggunakan gadget.

Bahkan ketika bermain aplikasi tertentu, koordinasi mata dan gerakan jari tangannya akan semakin terlatih. Hal ini secara tidak langsung mampu meningkatkan kemampuan motorik anak di masa pertumbuhannya.

2. Merangsang Kemampuan Anak untuk Berpikir Kreatif

Perlu kita ketahui bahwa penggunaan gadget juga bisa tumbuhkan kreativitas pada anak bila digunakan dengan bijak. Semakin berkembangnya teknologi, terdapat banyak aplikasi yang bisa melatih keseimbangan antara otak kanan dan kiri anak. Orang tua bisa memperkenalkan aplikasi game yang bersifat edukatif serta sesuai dengan umur anak. Dengan begitu si anak akan mampu mengasah kemampuannya dengan baik secara perlahan.

3. Memperkaya Pengetahuan Anak

Pada anak usia sekolah, penggunaan gadget bisa membantu memperkaya pengetahuan serta mendapat informasi yang lebih banyak. Terlebih lagi anak memang perlu memahami perkembangan lingkungan sekitar. Dengan penggunaan yang sesuai usia dan pantauan orang tua, anak bisa lebih lebih bijak menggunakannya.

Lihat juga : Parenting Tips dan Trik Agar Anak Tak Lengket dengan Gadget

Arahkan anak untuk memilih konten yang mampu mengedukasi dan menambah wawasan anak. Jelaskan pula pada akan mengenai informasi pada konten itu agar anak mampu menangkap dan menambah wawasannya. Jadi, sebaiknya orang tua tidak selalu berpikir negatif terhadap penggunaan gadget. Asal mampu membatasi dan mengarahkan anak, penggunaan gadget justru bisa tumbuhkan kreativitas pada anak.