Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Keterampilan Ini Harus Dikuasai Anak Kelas 2 SD

5 Keterampilan Ini Harus Dikuasai Anak Kelas 2 SD

Saat kelas 2 SD, seorang anak biasanya akan mulai sadar tentang dirinya. Meskipun belum cukup matang untuk aktualisasi diri, tapi usianya sudah cukup untuk latih agar bisa mulai membuka potensi yang ia miliki.

Anak kelas 2 SD memiliki sifat yang lebih baik daripada saat mereka masih kelas satu. Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa dan beradaptasi dengan kondisi lingkungan sosial di Sekolah Dasar.
Apa saja keterampilan yang harus dikuasai anak kelas 2 SD? Berikut daftarnya

1. Berhitung

Jika anak kelas satu biasanya masih fokus belajar penjumlahan dan pengurangan, maka sekarang Bunda harus mulai mengajari si kecil perkalian dan pembagian. Karena, seharusnya anak kelas 2 SD sudah bisa menguasai teknik berhitung yang lebih lanjut. Kedua teknik berhitung ini memang cukup sulit bagi si anak. Jadi, carilah trik yang efektif untuk mengajarkannya.

Biasanya, langkah pertama yang dilakukan dalam mengajarkan anak perkalian adalah dengan menyuruhnya menghafal perkalian 1 sampai 10. Setelah itu, anak diajarkan pembagian dengan cara membalik perkalian. Cara ini sepertinya cukup efektif. Tapi jangan lupa untuk mengajarkan anak konsep-konsep dasarnya.

2. Kesenian

Sekarang, sudah saatnya anak Bunda menguasai salah satu kesenian yang ia sukai. Entah musik, menggambar, atau yang lainnya, semua itu bagus untuk tumbuh kembangnya. Jika baru mau membuatnya belajar, sepertinya Bunda harus mengikutsertakan ia dalam les, atau dengan menyewa guru privat ke rumah.

Perlu sedikit diingat, jika si anak tidak terlalu berprestasi dalam masalah akademik, atau bahkan memiliki kesulitan dalam belajar di sekolah, it’s okay, mungkin keterampilan yang ia miliki ada dalam hal lain, termasuk kesenian. 

3. Membaca dengan lancar

Mungkin wajar saja jika anak kelas 1 SD masih membaca dengan terbata-bata. Tapi, anak kelas 2 SD sudah seharusnya memiliki kemampuan membaca yang lebih baik, seperti membaca dengan lancar. Untuk melatih skill membacanya agar terus menjadi lebih baik, sebaiknya Bunda mulai memberinya buku-buku dengan gambar yang lebih sedikit. Buku ensiklopedia merupakan pilihan tepat yang kami rekomendasikan.


Selain itu, anak kelas 2 SD juga harus sudah memiliki tingkat literasi dasar. Hal ini bertujuan agar ia bisa lebih memahami sesuatu tanpa salah paham. Jika diterapkan, maka rendahnya literasi orang Indonesia yang sering termakan hoax akan tergantikan dengan generasi baru yang lebih kritis.

4. Menulis dengan baik

Selain membaca, anak kelas 2 SD seharusnya juga sudah bisa menulis dengan baik. Tidak ada lagi tulisan keluar garis, tidak ada lagi huruf yang tidak jelas, dan typo lebih sedikit, merupakan 3 dari beberapa hal yang harus si kecil kuasai. Karena semua hal itu, terutama typo, biasanya akan mudah terbawa sampai dewasa.

Si kecil juga seharusnya sudah cukup paham mengenai tata bahasa, kata baku dan tidak baku, dan yang lainnya.

5. Dasar-dasar public speaking

Nah, kelas 2 juga seharusnya si anak sudah menguasai dasar-dasar public speaking. Jika baru ingin mengajarinya, bisa dimulai dengan menyuruhnya untuk bercerita tentang pengalamannya di sekolah. Menyuruhnya membacakan cerita, puisi, dan teks-teks lainnya juga bisa melatih kemampuan public speaking.

Kenapa kemampuan ini harus diajari pada anak kelas 2 SD? Karena, public speaking juga merupakan skill yang tidak bisa didapat tidak hanya dengan teori saja, tapi dengan pengalaman dan kebiasaan.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dikuasai anak kelas 2 SD. Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi, tapi mungkin sampai saat ini sudah cukup. Karena kami menganggap kelima hal ini cukup penting untuk disampaikan.