Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini dia, 5 Keterampilan yang Harus Dikuasai Anak Kelas 1 SD

Ini dia, 5 Keterampilan yang Harus Dikuasai Anak Kelas 1 SD

Apa saja keterampilan yang harus dikuasai anak kelas 1 SD? Bukan hanya menguasai pelajaran yang diajarkan di sekolah, anak kelas 1 SD juga harus diajarkan keterampilan hidup lainnya.

Keterampilan hidup biasanya tidak terlalu diajarkan di sekolah. Jadi, orangtua lah yang harus berperan penting dalam hal ini. Berikut beberapa hal yang sebaiknya harus dikuasai anak kelas 1 SD.

1. Olahraga ringan

Untuk menjaga kesehatan si kecil, sebaiknya ia harus menguasai teknik-teknik olahraga ringan. Contohnya seperti berjalan-jalan di taman, pemanasan, dan olahraga ringan lainnya, sangat baik jika dilakukan secara rutin.

Bunda bisa membuat jadwal khusus untuk mengajak si kecil berolahraga. Meskipun di sekolah biasanya juga diajarkan di sekolah, tapi kuantitas olahraganya masih jauh dari kata cukup. Selain itu, mengajak anak berolahraga juga bisa dilakukan sambil bermain. Ajaklah ia untuk bermain di luar ruangan, dan ajak ia bermain permainan yang bisa sampai mengeluarkan keringat.

2. Membaca dengan lebih cepat

Keterampilan yang harus dikuasai di urutan nomor dua adalah membaca dengan lebih cepat. Memaksa anak kelas 1 SD untuk membaca dengan cepat bukanlah sesuatu yang baik. Selain itu, bunda juga jangan memaksa si kecil untuk membaca saat ia sedang tidak bersemangat. Mengajari anak juga harus disesuaikan dengan keadaan si anak.

Jadi, perlahan saja ajari dia untuk memulai membaca dengan lebih cepat. Hal ini bisa dilakukan dengan terus mengajaknya membaca setiap hari. Jangan lupa juga untuk mengarahkan akan agar membaca sesuatu yang ditemuinya. Hal ini bisa membuat kemampuan membacanya meningkat cukup pesat.

3. Manajemen waktu

Menguasai keterampilan manajemen waktu bagi anak untuk mengatur aktivitasnya adalah hal yang sangat baik. Ia akan terbiasa dengan rutinitas yang setiap hari ia lakukan. Bunda bisa menyuruhnya untuk membuat jadwal belajar, bermain, dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Jika sudah terbiasa, maka si kecil akan terbiasa dan mulai bisa mengatur aktivitas kehidupannya sendiri. Jangan lupa juga untuk mengajarkannya waktu beristirahat yang tepat. Karena hal inilah yang biasanya menjadi masalah bahkan untuk orang dewasa.

4. Dasar-dasar kedisiplinan

Saat anak bunda sudah mulai masuk ke sekolah dasar, sudah seharusnya ia mengerti nilai-nilai kedisiplinan akan tanggung jawabnya. Kedisiplinan merupakan keterampilan yang tidak dipelajari hanya dengan teori. Karena, hanya orang yang terbiasa lah yang bisa menerapkan kedisiplinan.

Bunda harus mengajarinya untuk tepat waktu dan patuh terhadap hal-hal yang ia percaya, dan haru ia lakukan. Menumbuhkan kedisiplinan pada seorang anak sepertinya bukanlah hal yang mudah. Karena, seorang anak biasanya hanya ingin melakukan apa yang ia inginkan. Tapi, dengan dibiasakan terus menerus setiap harinya, ia pasti akan mulai terbiasa.

5. Bekerja sama

Satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) memiliki akses sosial yang lebih besar daripada Taman Kanak-kanak (TK). Dengan lebih banyak guru dan lebih banyak teman yang berinteraksi dengannya. Karena itulah, sudah seharusnya ia menguasai keterampilan bekerja sama.

Bekerja sama juga merupakan sesuatu yang cukup sulit ditanamkan pada anak. Karena seperti yang kita tahu, anak-anak memiliki sikap egois dan seperti memiliki kehendak mutlak akan keinginannya. Meskipun cukup sulit, tapi mengajarkannya merupakan hal yang mudah. Karena, cukup dengan membolehkannya banyak berinteraksi dengan orang lain, menyuruh ia untuk mendapatkan banyak teman, dan yang lainnya. Selain itu, anak kelas 1 SD juga biasanya sudah diajari untuk bekerja secara berkelompok oleh gurunya.

Lihat juga : 5 Masalah yang Sering Dihadapi Anak Kelas 1 SD di Sekolah

Itulah beberapa keterampilan yang harus dikuasai anak kelas 1 SD. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi bunda yang saat memiliki anak yang masih kelas satu.