Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 4 Cara Efektif Agar SD Negeri Banyak Peminatnya

Inilah 4 Cara Efektif Agar SD Negeri Banyak Peminatnya

Meskipun SD Negeri biasanya menjadi pilihan bagi anak-anak dalam menyekolahkan anaknya, tapi bukan tidak mungkin jika SD negeri juga sepi peminat. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti jarak antar sekolah yang berdekatan, ada sekolah swasta yang lebih baik, atau mungkin karena SD tersebut belum memiliki nama besar.

Lihat juga : 5 SD dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia

Hal ini tentunya bisa menjadi pukulan telak bagi SD tersebut. Karena, jika secepatnya tidak menemukan solusi, SD Negeri tersebut bisa saja ditutup.

Berikut beberapa cara agar SD Negeri banyak peminatnya

1. Mengurangi biaya SPP

Jika tidak mungkin untuk menggratiskan secara penuh biaya SPP, maka solusinya adalah dengan mengurangi nominalnya. Seperti yang kita tahu, sebagian anak-anak di Indonesia tidak bisa bersekolah karena tidak punya biaya, alias biayanya terlalu mahal. Hal ini bisa saja menjadi kesempatan bagi SD Negeri yang sepi peminat untuk menggaet banyak siswa yang sebelumnya tidak punya biaya.

Biaya SPP SD biasanya berkisar diantara Rp100 ribu sampai Rp300 ribuan perbulan. Anda mungkin bisa sedikit menguranginya untuk meringankan beban siswa menjadi Rp50 ribu sampai Rp80 ribuan perbulan. Tak perlu khawatir dengan biaya operasional lainnya, karena ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang mungkin bisa membantu.

2. Memperbaiki fasilitas

Fasilitas biasanya juga menjadi faktor penentu bagi orangtua dalam menyekolahkan anaknya. Karena, jika fasilitas kurang lengkap, orangtua takut bahwa anaknya tidak akan mendapatkan pendidikan yang maksimal.

Memperbaiki fasilitas tidak harus dengan mengubah struktur bangunan sekolah atau membuat memperbanyak gedung, tidak seperti itu. SD Negeri bisa memulainya dengan melengkapi alat-alat yang digunakan dalam proses pendidikan, contohnya seperti ruang praktek yang memadai, ruang UKS yang sesuai standar, papan tulis yang bersih, dan bisa juga dengan memasang kipas angin di setiap ruangan.

3. Tingkatkan kualitas pendidikan

Alasan sebuah SD Negeri menjadi sepi peminat mungkin karena sekolah tersebut belum banyak menghasilkan siswa yang berprestasi. Karena itulah, peningkatan kualitas pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan.

Meningkatkan kualitas pendidikan ini bisa dimulai dengan meningkatkan kedisiplinan siswa, membiasakan membaca buku, dan bisa juga dengan membuat kelompok belajar sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Menurut saya, cara ketiga adalah yang paling efektif. Tujuannya untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi Olimpiade Sains, dan lomba akademik lainnya. Jika ada banyak siswa yang berhasil mendapat predikat juara, maka bukan tidak mungkin bahwa nama sekolah pun akan ikut terangkat.

4. Lakukan promosi yang efektif

Setelah melakukan beberapa peningkatan kualitas internal sekolah, selanjutnya adalah dengan berusaha menggaet banyak siswa baru dari luar. Menurut saya, SD merupakan tingkatan pendidikan yang cukup sulit untuk mendapatkan siswa baru, terutama yang berlokasi di wilayah perkotaan. Karena, kuantitas SD di perkotaan cenderung banyak.

Karena itulah, pihak masing-masing sekolah harus melakukan banyak cara agar sekolahnya tetap eksis. Memperkenalkan SD akan lebih efektif jika dilakukan langsung kepada orang tua anak-anak TK yang akan lulus. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan kegiatan di TK yang menjadi target, dor-to-dor, dan membuat website atau medsos.

Media promosi yang digunakan bisa berupa spanduk, brosur, banner, dan yang lainnya. Selain itu, di dalam proses promosi juga bisa menawarkan beasiswa bagi beberapa siswa yang paling awal mendaftar, atau benefit lainnya seperti potongan biaya sekolah.

Itulah beberapa cara agar SD Negeri banyak peminatnya. Kesuksesan cara diatas tidaklah mutlak, karena ada beberapa hal lain yang mungkin menjadi hambatan.