Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Anda Guru Honorer? Inilah 5 Tips Dapat Penghasilan Tambahan!

Anda Guru Honorer? Inilah 5 Tips Dapat Penghasilan Tambahan!

Gaji guru honorer di Indonesia masih ada yang jauh dari kata layak. Bahkan, di beberapa daerah ada yang hanya di gaji 200 ribu sampai 1 jutaan. Jumlah uang tersebut pastinya kurang, terutama untuk keperluan sehari-hari.

Di era yang sudah canggih seperti sekarang, sudah sepatutnya guru honorer mencari penghasilan tambahan yang lebih layak. Memanfaatkan teknologi bisa menjadi solusi terbaik. Karena, Anda bisa mendapatkan uang dimanapun dan kapanpun.

Sudah tau mau usaha apa? Kalau belum, berikut kami sajikan beberapa tips dapat penghasilan tambahan bagi guru honorer. 

1. Buka jasa bimbel

Sebagai guru, pastinya Anda menguasai dengan lebih baik suatu mata pelajaran tertentu. Keahlian yang Anda tersebut, bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa bimbingan belajar. Entah les private maupun bimbel secara berkelompok, yang manapun bisa. Apalagi usaha ini terbilang cukup menguntungkan, dan tidak perlu modal besar. Anda juga bisa memanfaatkan rumah sendiri untuk tempat bimbelnya.

Estimasi pendapatan: misalkan ada 20 orang yang mengikuti bimbel, dan tarifnya Rp20.000/orang dan bimbelnya dilakukan 1 kali perminggu. Dalam 1 minggu, Anda bisa mendapatkan Rp400.000, atau Rp1,6 juta perbulan.

2. Jualan buku pelajaran

Tidak semua buku pelajaran yang disediakan oleh sekolah itu lengkap, apalagi mudah dipahami. Terkadang, ada materi yang di buku pelajaran yang tidak terlalu lengkap. Hal ini bisa saja menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi Anda.

Berjualan buku pelajaran yang lebih lengkap, mudah dipahami, dan berisi tips seperti cara cepat, sepertinya cukup menguntungkan. Tapi, sebaiknya jalankan bisnis ini dengan cara pre-order untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

3. Buat online course

Online course yang saya maksud di sini bukan hanya yang berbentuk website dan harganya mahal, tapi ada cara lainnya. Anda bisa memanfaatkan platform berbagi video seperti Youtube untuk membuka online course, atau istilah lainnya Youtuber Pendidikan.

Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari Adsense cukup menguntungkan. Apalagi jika Anda sudah memiliki popularitas yang tinggi, akan ada kesempatan yang lebih besar lagi. Caranya adalah dengan membuka online course khusus dengan tarif yang cukup tinggi.

4. Menjadi Freelancer

Industri jasa memang tidak ada habisnya, dan ini merupakan peluang yang sangat besar. Tidak hanya desainer, web developer, dll yang bisa menjadi freelance, menjadi guru honorer pun bisa melakukannya.

Bagaimana caranya?

Yaitu dengan membuka jasa pembuatan soal, jasa pembuatan makalah, jasa pembuatan jurnal ilmiah, dan lain sebagainya. Tarif jasa pembuatan soal biasanya berkisar diantara 1 ribu sampai 2 ribuan persoal. Apalagi jasa pembuatan makalah dan jurnal ilmiah yang tarifnya bisa sampai ratusan rupiah.

5. Menjadi Dropshipper

Satu lagi cara dapat penghasilan tambahan bagi guru honorer yang direkomendasikan, adalah menjadi dropshipper. Selain karena modalnya yang sedikit, menjadi dropshipper juga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Karena, Anda bisa melakukannya hanya dengan smartphone saja.

Facebook merupakan tempat jualan gratis terbaik bagi dropshipper pemula. Tapi, Anda juga bisa mencoba menggunakan Shopee dan Tokopedia jika punya modal yang cukup untuk beriklan.

Lihat juga : Inilah Tips Hidup Hemat Ala Guru Honorer yang Sempat Viral

Bagi yang belum tahu, dropshipper ini bisa dikatakan adalah afiliasi. Tapi bedanya adalah kalau dropshipper ini keuntungannya bisa bebas Anda tentukan.

Demikianlah beberapa tips cara dapat penghasilan tambahan bagi guru honorer. Untuk mempermudahnya, sebaiknya Anda pilih saja cara yang sekiranya mudah dan fleksibel, supaya tidak terbebani.