Gak Harus Jadi Guru PNS, Ini 8 Pekerjaan Buat Kamu Lulusan Pendidikan
Cari Berita

Atas


Gak Harus Jadi Guru PNS, Ini 8 Pekerjaan Buat Kamu Lulusan Pendidikan

Selasa, 07 Januari 2020

Gak Harus Jadi Guru PNS, Ini 8 Pekerjaan Buat Kamu Lulusan Pendidikan
Lulusan pendidikan tidak harus kok jadi PNS, kamu bisa coba 8 pekerjaan untuk lulusan pendidikan berikut yang pastinya mudah dan menghasilkan.

Lulusan pendidikan setiap tahunnya terus berkembang bahkan mencapai ribuan. Fenomena ini cukup memperhatikan karena persaingan penerimaan guru terutama PNS sangat sengit. Sedangkan kuota untuk PNS tidak sebanding dengan jumlah kelulusan yang ada. tapi, kamu gak perlu berkecil hati karena ada pekerjaan untuk lulusan pendidikan selain jadi guru PNS. Berikut pekerjaan buat kamu yang lulusan pendidikan:

1. Jadi Relawan Pendidikan

Selama masih dalam profesi yang sama yaitu menjadi guru, kamu tidak ada salahnya mencoba menjadi relawan pendidikan. Ada program dari kemendikbud RI yang bisa kamu ikuti yaitu mengajar di tempat terpencil yang kekurangan tenaga pengajar. Tentu pekerjaan ini akan jauh lebih mulia karena banyak pengorbanan yang kamu pertaruhkan.

Kamu harus meninggalkan tanah kelahiranmu dan merantau ke pelosok demi turut menyetarakan pendidikan di seluruh tanah air. Program yang dibuat oleh kemendikbud ini bernama “Indonesia Mengajar”. Ada juga program lainnya seperti SM3T yang memiliki kepanjangan Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan.

2. Guru Les Privat

Dari pada waktu kamu terbuang sia-sia, lebih baik memanfaatkannya dengan melakukan sesuatu yang positif. Kamu bisa membuka kelas untuk les privat. Selain kamu bisa terus menularkan ilmu yang kamu miliki juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari tugas utama kamu sebagai guru.

Kamu tidak perlu menaruh tarif yang terlalu mahal. Bisa dengan Rp20.00 – Rp25.000 sekali pertemuan. Kalau ada 3 anak saja yang mengikuti maka sudah Rp75.000 masuk kantong. Jika ternyata banyak yang tertarik, kamu bisa kalkulasi sendiri ya berapa pendapatanmu.

3. Buat Startup Membangun Bisnis

Buat kamu yang suka dengan dunia bisnis, tidak ada salahnya untuk merintis usaha startup. Kamu bisa dengan membuat sistem atau rencana bisnis dengan mengajak rekan, sahabat atau keluarga yang memiliki visi yang sama denganmu.

Bisnis Startup banyak jenisnya dan sangat menghasilkan. Kamu bisa lihat salah satu contohnya yaitu ruangguru.com. Situs ini menjadi salah satu media belajar yang dibangun anak-anak muda yang berbakat hingga jadi menghasilkan puluhan juta rupiah.

4. Buat Video Pembelajaran Secara Online Berlangganan

Kecanggihan teknologi sangat sayang kalau tidak kamu manfaatkan dengan baik. Bakat kamu harus dikembangkan agar lebih menghasilkan. Jika saat ini kamu berprofesi sebagai seorang guru, tidak ada salahnya kalau kamu buat video pembelajaran.

Agar bisa menghasilkan kamu bisa coba dengan meng-online-kan dan dibuat berlangganan. Jadi jika ada yang merasa puas dengan video pembelajaran yang kamu buat bisa berlangganan untuk menikmati yang lebih lengkap dan selalu update.

5. Konselor Pendidikan

Ketika lulus sekolah tidak sedikit orang yang masih merasa kebingungan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki. Beragamnya karakter anak terkadang sampai kesulitan dalam memahaminya. Untuk itu keberadaan seorang konselor sangat dibutuhkan. Jika kamu lulusan pendidikan jurusan konselor, profesi ini pilihan yang tepat loh untukmu.

6. Menceritakan Dunia Pendidikan Lewat Tulisan

Menulis itu mudah asalkan mau belajar. Meskipun mudah herannya tidak setiap orang menyukai dunia literasi ini. Padahal tidak ada salah loh kalau kamu menekuni dunia literasi ini. Kamu bisa menuliskan seputar dunia pendidikan dan jadikan profesi sampingan. Dari sini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengirimnya ke surat kabar.

7. Menceritakan Dongeng Pada Anak-Anak

Kecintaanmu pada anak-anak bisa menjadi sumber penghasilan. Kamu bisa membuka jasa cerita dongeng untuk anak PAUD, TK dan SD. Tidak semua orang berani tampil di depan umum dengan membawakan mimik sesuai alur cerita. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan memberanikan diri menjadi pendongeng bagi anak-anak.

8. Radio Announcer

Kamu tipe orang yang tertutup dan tidak suka keramaian? Pekerjaan yang satu ini barang kali cocok denganmu. Kamu bisa menjadi pembicara dengan membuat program seputar pendidikan. Dengan menjadi Radio Announcer yang memiliki program pendidikan ini, kamu bisa turut mencerdaskan pendengar.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir, jika tidak berkesempatan menjadi PNS. 8 pekerjaan untuk lulusan pendidikan di atas bisa kamu coba dan pilih yang sesuai dengan bakatmu. Teruslah bangga jadi seorang guru. Kehadiranmu sangat berarti bagi bangsa dan negara.