Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Zaman Telah Berubah, Inilah 5 Kiat Guru Beradaptasi Sesuai Kebutuhan Siswa

Zaman Telah Berubah, Inilah 5 Kiat Guru Beradaptasi Sesuai Kebutuhan Siswa

Seiring dengan perkembangan zaman, guru tidak bisa lagi menggunakan cara kuno dalam memberikan ilmu kepada siswa. Adanya teknologi bisa memudahkan semuanya. Bahkan sekarang mengajar secara langsung bisa diganti dengan mengajar daring.

Sayangnya, guru-guru yang sudah senior seringkali kesulitan untuk beradaptasi. Karena itulah, sekarang kami akan memberikan beberapa kiat guru beradaptasi sesuai dengan kebutuhan siswa.

1. Belajar teknologi

Tak diragukan lagi bahwa teknologi saat ini sudah merasuki hampir semua lini kehidupan, termasuk ke dalam dunia pendidikan. Smartphone merupakan produk teknologi yang paling umum digunakan oleh orang-orang, termasuk guru.

Selain belajar cara mengoperasikan smartphone, ada baiknya jika guru belajar lebih lanjut tentang apa saja yang bisa dilakukan smartphone. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa mengajar, memberi tugas, bahkan ujian bisa dilakukan hanya dengan smartphone. Hal tersebut bisa mempermudah para siswa sekaligus meminimalisir penggunaan kertas saat belajar.

2. Ganti metode mengajar

Metode mengajar dengan menggunakan papan tulis memang terbukti efektif selama beberapa dekade. Tapi, kemudahan dalam mengajar tidak termasuk ke dalamnya. Karena itulah, sudah saatnya guru mengganti metode belajar. Menurut saya, mengajar menggunakan video adalah yang paling tepat untuk hal ini.

Alih-alih harus menulis dan menghapus materi saat mengajar, menggunakan video adalah yang paling efektif. Guru bisa merekam saat memberikan materi kemudian memutarnya di kelas-kelas menggunakan proyektor. Cara tersebut dinilai lebih efektif, karena tidak perlu lagi cape-cape bicara saat mengajar.

3. Berikan ujian/tugas secara daring

Daripada memberikan ujian dengan secarik kertas yang tidak efisien, kenapa tidak menggunakan teknologi saja? Memanfaatkan Google Form sebagai sarana ujian adalah pilihan yang tepat. Selain Google Form, platform lain yang lebih efektif dan lebih menarik adalah Schoology dan Quizizz.

Tidak hanya ujian, pemberian tugas juga bisa dilakukan secara daring. Dalam hal ini, Quizizz mungkin solusinya. Selain itu, memanfaatkan WhatsApp sebagai media untuk memberikan kuis juga bisa dilakukan. Dengan media ini, guru bisa mengetahui siapa yang bisa menjawab kuis paling cepat.

4. Berkomunikasi dengan siswa

Jika tadinya berkomunikasi dengan siswa hanya bisa dilakukan di sekolah, sekarang bisa di manapun dan kapanpun. Adanya aplikasi instant merekam seperti WhatsApp memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berkomunikasi.

Jika bisa berkomunikasi dengan siswa di manapun, siswa bisa dengan mudah bertanya kepada guru tentang materi yang sulit. Selain itu, guru juga bisa memberikan sedikit tips dan trik kepada para siswanya. Selain itu, semua itu juga bisa dilakukan secara real time menggunakan aplikasi Zoom maupun Google Meet.

5. Manfaatkan media sosial

Media sosial telah membuat era baru dalam bersosialisasi. Guru bisa memanfaatkan hal ini untuk sharing materi-materi pelajaran kepada para siswa. Facebook dan Instagram merupakan rekomendasi untuk digunakan.

Di Facebook, guru bisa berteman dengan siswa-siswanya dan kemudian berbagi materi pelajaran. Tidak hanya itu, info menarik berupa video dan artikel yang bermanfaat juga bisa dijadikan pilihan. Jika menggunakan Instagram, maka guru bisa membuat konten berupa carousel untuk memberikan materi dan info menarik. Selain itu, akun Instagram juga bisa menjadi ladang bisnis jika sudah memiliki banyak followers.

Nah itulah beberapa kiat guru beradaptasi sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebaiknya semua kiat tersebut dilakukan untuk mengefektifkan proses mengajar dan menyesuaikan dengan kebutuhan para siswa.