Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bisakah Orang Berkepribadian Introvert Menjadi Guru yang Baik?

Bisakah Orang Berkepribadian Introvert Menjadi Guru yang Baik?

Introvert adalah jenis kepribadian yang cenderung lebih suka menyendiri dan suasana sepi. Sering orang berasumsi kalau seorang yang introvert tak layak jika mengambil pekerjaan yang indentik dengan keramaian seperti guru. Kemudian bagaimana bila ia mengambil jurusan pendidikan saat kuliah atau malah telah terlanjur menjadi guru di sekolah? 

Tetap saja bisa, seorang introvert juga dapat bersosialisasi serta ramah kepada para siswa sehingga tidak menghalanginya untuk berprofesi menjadi guru. Jika Anda merasa memiliki kepribadian introvert, nikmati saja tipe kepribadian ini dan kembangkan ke arah positif. Kemudian apa saja keistimewaan si introvert bila dirinya memilih jadi guru? 

5 Alasan Penting Kenapa Seseorang Introvert Tetap Layak jadi Guru

1. Mudah mengenal dan memahami karakter siswa

Dalam lingkup sosial, si introvert diketahui sangat sensitif pada lingkungan sekelilingnya. Ia sangat mudah menguasai keadaan lingkungan secara lebih mendalam. Termasuk di saat menjadi guru, walaupun dikenal berkepribadian dingin serta pendiam namun ia dapat sangat mudah dalam menguasai kondisi dan emosi siswa-siswanya. 

2. Memberi kesempatan siswa mencurahkan ekspresinya

Menjadi pendengar yang baik juga merupakan sifat yang dipunyai oleh sang introvert. Pada saat siswanya menyampaikan pendapat dan ekspresinya, sang introvert dengan suka hati menerima, menyimak serta menanggapinya. Begitupun jika ada siswa yang bertanya mengenai sesuatu, ia akan menjawab dengan sungguh-sungguh.

3. Menemukan strategi pembelajaran yang sesuai siswanya

Masih terkait dengan kemampuan menguasai kondisi atau karakter siswa. Sang introvert juga akan lebih mudah menemukan model pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk diaplikasikan pada siswa. Pasalnya daya imajinasi yang sangat tinggi membuat dirinya sering memikirkan mengenai banyak hal saat sendiri, termasuk hal tersebut.

4. Lebih bijaksana dalam menyikapi perilaku siswa

Ketika mengatakan serta mengambil tindakan, guru yang introvert cenderung mempertimbangkannya dulu supaya tak tergesa-gesa serta tidak asal-asalan dalam menjawab suatu. Termasuk saat menyikapi sifat siswanya yang beraneka ragam dan penuh warna, dia bakal lebih dulu mempertimbangkan tindakan apa yang sangat bijaksana untuk menyikapi mereka.

5. Tidak akan membeda-bedakan siswa

Guru introvert juga akan lebih memihak pada siswanya yang pendiam. Sang introvert tidak bakal membeda-bedakan siswa yang pendiam maupun aktif, sebab guru introvert mengerti jika siswa pendiam memiliki penanganan khusus tanpa ada diskriminasi. Guru introvert bakal lebih melatih kepercayaan diri dan keberanian anak pendiam.

Semua Dapat Dilatih, Termasuk Tampil di Depan Banyak Orang

Guru, sudah tentu menjadi seorang yang multitalent. Selama ini banyak orang yang beranggapan kalau introvert tidak mudah untuk tampil di depan umum. Faktanya, hal ini tidak hanya berlaku pada introvert saja, si ekstrovert sesungguhnya juga akan gugup serta gerogi jika akan tampil di depan orang banyak. Solusinya yaitu latihan. Siapapun tetap dapat tampil di depan banyak orang bila dilatih terus-menerus.


Introvert yang berprofesi guru pun juga begitu, semakin banyak ia belajar dan berlatih mengajar, semakin terampil pula dirinya dalam hal berbicara di depan umum. Jadi tampil di depan umum bukanlah permasalahan lagi untuk introvert. Ketika terbiasa, semua akan menjadi gampang. Bisa jadi guru introvert dapat lebih baik dari guru ekstrovert dalam mengajar bila ia terus berusaha.