Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Guru Kelas SD Melengkapi Perangkat Pembelajaran

Cara Mudah Guru Kelas SD Melengkapi Perangkat Pembelajaran

Setiap guru kelas di Sekolah Dasar (SD) wajib menyusun perangkat pembelajaran yang lengkap. Dengan memiliki perangkat pembelajaran yang sistematis proses pembelajaran bisa berlangsung lebih interaktif, menyenangkan, dan mampu memotivasi siswa untuk berpatisipasi aktif. Perangkat pembelajaran itu misalnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pembelajaran di SD yang efektif tidak mungkin didapat hanya dengan spontan di dalam kelas. Meskipun guru tersebut sudah pengalaman, pembelajaran yang efektif hanya bisa terwujud dengan perencanaan yang baik. Perencanaan dalam kegiatan pembelajaran ditulis dalam sebuah RPP. Guru sebelum memasuki kelas untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif guru harus membuat perangkat pembelajaran yaitu RPP.

Tips bagi guru kelas SD untuk melengkapi perangkat pembelajaran

Masih banyak ditemukan guru kelas SD, yang tidak bisa memperlihatkan perangkat pembelajaran yang dibuat dengan berbagai alasan. Bagi guru yang sudah membuat RPP pun masih ditemukan adanya komponen yang belum lengkap. Banyak guru yang belum tahu dan memahami penyusunan perangkat pembelajaran dengan baik dan lengkap. Berikut beberapa tips bagi guru kelas SD untuk melengkapi perangkat pembelajaran.

1. Mengoptimalkan kegiatan KKG

Guru kelas SD yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat menyelenggarakan kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran. Meningkatkan kualitas mengajar tidak harus dengan biaya yang mahal dan rumit. Salah satu cara yang mudah bagi guru SD adalah mengoptimalkan kegiatan KKG. Melalui kegiatan tersebut ide-ide inovatif dalam pembelajaran dapat dipraktikkan di sekolah masing-masing. 

2. Membeli perangkat pembelajaran

Guru SD yang baik harus memiliki perangkat atau administrasi kelas yang lengkap. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi guru perangkat pembelajaran tersebut harus dibuat secara tertib dan sistematis. Untuk melengkapinya secara cepat guru dapat membelinya, bahkan saat ini di market place sudah banyak yang menjualnnya. 

3. Mencari dan mendownload di internet

Secara berkala guru akan disupervisi perangkat pembelajarannya oleh kepala sekolah atau pengawas. Guru dapat mencari banyak contoh-contoh pernagkat pembelajaran mulai dari Program Tahunan, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Jurnal kelas, sampai Analisis hasil penilaian di internet. Setelah mendownloadnya, guru dapat mengadopsi perangkat pembelajaran tersebut disesuaikan dengan kondisi kelas.

Misalnya di SekolahDasar.Net pernah membagikan perangkat pembelajaran K-13 mulai untuk kelas 1 sampai 6. File dalam satu folder berisi perangkat pembelajaran atau administrasi berformat MS word dan excel yang bisa diedit. Perangkat pembelajaran untuk SD tersebut dapat didownload melalui link berikut ini:

Demikian kiat-kiat bagi guru kelas SD untuk melengkapi perangkat pembelajaran atau administrasi kelas dengan mudah. Semoga guru dapat melaksanakan tugas lebih baik. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas guru SD untuk menyusun perangkat pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil seperti yang diharapkan.