Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sering Diabaikan, Ternyata Inilah 8 Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa

Sering Diabaikan, Ternyata Inilah 8 Manfaat Tata Tertib Sekolah Bagi Siswa

Siswa kadang sering mengeluh dengan tata tertib sekolah yang terlalu mengatur atau membatasi mereka di sekolah. Padahal tata tertib sekolah sebenarnya mempunyai banyak manfaat bagi siswa baik dirasakan langsung atau tidak langsung.

Tata tertib merupakan peraturan yang dibuat sekolah supaya tidak dilanggar. Tata tertib juga mempunyai tujuan sebagai bahan didikan agar siswa paham dan dapat bertanggung jawab dengan kesalahannya jika melanggar. Berikut manfaat dari tata tertib sekolah jika dijalankan dengan sungguh-sungguh.

1. Siswa berlatih tanggung jawab

Jika guru memberi pekerjaan rumah atau tugas maka siswa harus mengerjakannya. Siswa dapat berlatih tanggung jawab terhadap apa yang diamanatkan kepadanya. Siswa juga belajar tentang adanya konsekuensi jika ia tidak mengerjakan apa yang ditugaskan kepadanya.

2. Siswa berlatih disiplin

Tujuan utama dari tata tertib dibuat adalah untuk melatih kedisiplinan siswa agar proses belajar mengajar lancar dan efektif. Dengan aturan siswa harus datang sebelum bel masuk sekolah kegiatan pembelajaran di kelas akan dapat dimulai tepat waktu.

3. Siswa berlatih jujur

Jika tidak masuk sekolah, siswa harus membuat surat izin keterangan alasan ia tidak mengikuti pelajaran hari itu. Peraturan ini membuat siswa berlatih jujur. Peraturan sekolah ini juga untuk menghindarkan siswa bolos dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan di luar sekolah.

4. Siswa berlatih mandiri

Saat ujian pasti siswa dituntut untuk mengerjakan sendiri atau siswa tidak boleh bekerja sama. Aturan ini membuat siswa berlatih percaya diri. Siswa akan berusaha mempersiapkan diri untuk ujian dengan usaha terbaiknya. Siswa juga dilatih untuk jujur.

5. Menghilangkan kecemburuan sosial

Penggunaan seragam di sekolah ditujukan untuk menghindarkan siswa dari kecemburuan sosial. Dapat dibayangkan jika seragam tidak diwajibkan, siswa akan memakai baju yang berbeda-beda sesuai kemampuan sosial keluarga mereka. 

6. Melatih keterampilan sosial dan soft skills

Siswa berbaur dengan sesamanya dan para guru untuk berinteraksi secara sosial. Tata tertib dapat melatih siswa untuk siap terjun di masyarakat. Mereka belajar untuk menghormati sesama dan melanggar aturan akan membuatnya menerima sanksi.

7. Siswa berlatih peduli dengan lingkungan

Di sekolah, siswa melaksanakan piket kelas dan harus membuang sampah pada tempatnya. Hal ini ditujukan supaya lingkungan terjaga kebersihannya dan membuat belajar menjadi nyaman. Tata tertib ini bermanfaat bagi siswa untuk belajar merawat lingkungan sekitarnya.

8. Meningkatkan rasa kebersamaan

Hal ini mungkin tidak dirasakan langsung oleh para siswa. Kegiatan belajar untuk menimba dengan peraturannya yang sama bagi setiap siswa setiap hari, maka akan tumbuh rasa kebersamaan sebagai siswa. Dengan begitu, saat lulus nanti maka relasi akan tetap terjalin.

Demikian manfaat dari tata tertib sekolah yang mungkin sering diabaikan, namun sebenarnya memiliki manfaat besar bagi siswa. Kedisiplinan adalah kunci utama bagi mereka yang ingin sukses. Itu bisa dilatih sejak dini dengan mematuhi tata tertib sekolah.