Cara Mengatasi Supaya Siswa Tidak Mencoret-Coret Fasilitas Sekolah
Cari Berita

Atas


Cara Mengatasi Supaya Siswa Tidak Mencoret-Coret Fasilitas Sekolah

Minggu, 12 April 2020

Agar fasilitas sekolah tidak kotor dan rusak, perhatikan siswa yang suka mencoret. Berikut cara mengatasi supaya siswa tidak mencoret-coret fasilitas sekolah.

Sebagai seorang guru, tak jarang Anda akan menemukan meja ataupun dinding yang sudah dicoret-coret oleh siswa. Meski sepele, jika kondisi ini terus dibiarkan akan membuat fasilitas sekolah menjadi kotor dan akan kemungkinan teman-temannya yang lain akan meniru aktivitasnya. Nah, agar tidak semakin banyak yang dicoret, berikut cara mengatasi supaya siswa tidak mencoret-coret fasilitas sekolah.

Mengatasi Siswa yang Suka Mencoret-Coret Fasilitas Sekolah


Mencoret-coret merupakan salah satu bentuk ekspresi seorang siswa untuk menuangkan kreativitasnya. Hanya saja terkadang perbuatan tersebut bukan sekadar untuk berkreasi tetapi lebih karena keisengan.

Meskipun sekolah sudah menerapkan peraturan untuk tidak boleh mencoret fasilitas sekolah, ternyata masih ada beberapa siswa yang tidak mematuhi aturan tersebut. Agar kejadian seperti ini tidak berulang, Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk mengatasi siswa yang suka mencoret-coret fasilitas sekolah.

1. Buat Peraturan di Sekolah Mengenai Hal Tersebut


Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi siswa yang suka mencoret-coret adalah dengan membuat peraturan tentang larangan mencoret-coret. Meskipun sebelumnya sudah ada peraturan tersebut, ada baiknya peraturan tersebut diperbaharui ataupun ditambah.

Selain menyebutkan beberapa fasilitas sekolah yang tidak boleh dicoret, menambahkan sanksi jika ada fasilitas sekolah yang dicoret juga perlu agar siswa mampu menaati peraturan yang ada. Selain dimasukkan di buku peraturan sekolah, aturan ini juga bisa ditempelkan di beberapa tempat strategis agar siswa mudah membacanya.

Agar aturan di sekolah lebih banyak yang menyepelekan. Agar semua siswa menaati aturan tersebut, diperlukan peran serta guru untuk mensosialisasikan aturan tersebut ke masing-masing kelas. Dengan adanya sosialisasi di kelas-kelas dapat menjangkau seluruh siswa yang memiliki rasa acuh terhadap aturan di sekolahnya.

Untuk membuat seluruh siswa taat dengan aturan tersebut, menyisipkan hukuman bagi yang melanggar juga sangat diperlukan. Cara mengatasi supaya siswa tidak mencoret-coret fasilitas sekolah ini bisa dijadikan antisipasi, terlebih karena beberapa anak akan menjadi takut jika dihukum oleh gurunya.

2. Ajarkan Kedisiplinan


Meski sudah ada aturan yang dibuat sekolah, Anda perlu mengajarkan kedisiplinan kepada para siswa. Jika terdapat siswa yang ketahuan mencoret-coret fasilitas sekolah, jangan segan-segan untuk menerapkan peraturan yang berlaku di sekolah.

Hukuman yang sudah tertera dalam peraturan sekolah perlu untuk diterapkan. Anda bisa membantu menjelaskan konsekuensi jika siswa ketahuan sudah mencoret-coret fasilitas sekolah tersebut. Terapkan hukuman kepada siswa sebagai pembelajaran untuk tidak melakukan perbuatan tersebut di waktu mendatang.

Selain dapat menjadi pengingat siswa yang sudah mencoret-coret tersebut, hukuman yang sudah diterimanya juga bisa menjadi pembelajaran untuk siswa yang lain. Hal ini menjadi hal yang cukup penting karena untuk mencegah siswa lain tidak ikut mencoret-coret fasilitas sekolah.

3. Ajak Berdiskusi


Jika Anda mendapati siswa yang sedang mencoret-coret fasilitas sekolah, Anda bisa mengajak berdiskusi siswa. Dengan berdiskusi Anda bisa menggali keterangan dari siswa mengapa dirinya melakukan hal tersebut.

Selain mengetahui penyebab siswa mencoret-coret, Anda juga bisa mengajak siswa untuk bertukar pikiran perihal perbuatan coret-coret fasilitas sekolah. Giring opini siswa mengenai perbuatannya tersebut dan ajak siswa untuk mencari solusi bersama tentang aktvitasnya yang suka mencoret-coret fasilitas sekolah.

Anda juga harus menekankan kembali pada siswa tersebut mengenai konsekuensi yang harus ia terima karena telah melanggar peraturan yang ada di sekolah. Selain itu, Anda juga bisa membuat perjanjian dengan siswa agar dirinya tidak melakukan hal tersebut di kemudian hari.

4. Beritahu Media yang Seharusnya Boleh untuk Dicoret


Meskipun mencoret-coret merupakan cara untuk meningkatkan kreativitas siswa, Anda perlu menjelaskan bahwa tidak diperbolehkan untuk mencoret-coret fasilitas sekolah. Perlihatkan contoh media yang bisa digunakan untuk mencoret. Jika ada fasilitas majalah dinding (mading), Anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk menampilkan kreativitas yang sudah dibuat oleh siswa.

Dengan memberitahu media yang diperbolehkan untuk dicoret-coret siswa akan melatih rasa tanggungjawab pada dirinya. Anda hanya perlu memonitor aktivitas siswa tersebut agar tidak mengulangi perbuatan mencoret-coret fasilitas sekolah lagi.

Dengan cara mengatasi supaya siswa tidak mencoret-coret fasilitas sekolah akan membuat siswa lebih disiplin dan bertanggungjawab. Anda perlu tegas terhadap siswa yang mencoret-coret fasilitas sekolah agar siswa jera terhadap perbuatannya tersebut.