Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Hebat Menjadikan Semua Materi Pelajaran Menjadi Menarik

Guru Hebat Menjadikan Semua Materi Pelajaran Menjadi Menarik

Pada materi pelajaran pasti ada yang sulit namun juga ada materi yang mudah untuk disampaikan kepada siswa. Guru perlu merancang proses kegiatan belajar mengajar yang baik sehingga materi apapun yang dipelajari mudah dipahami siswa. Bahkan materi yang kompleks sekalipun siswa bisa memahaminya. Salah satu ciri guru hebat adalah guru yang dapat menjadikan materi pembelajaran menjadi menarik.

Guru harus mampu membuat siswa keluar dari rasa malas dan tertantang untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Jika siswa mengalami kegiatan pembelajaran yang menarik maka siswa akan mampu melaksanakan pembelajaran yang maksimal. Untuk itu, guru harus dapat mengemas suatu pembelajaran menjadi menarik bagi siswa. Berikut beberapa tips supaya materi yang disampaikan guru menjadi lebih menarik.

1. Punya multistrategi dalam mengajar, tidak hanya satu metode

Dalam menyampaikan pembelajaran di kelas guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif. Ini dapat menjadi senjata ampuh bagi guru untuk mengatasi kebosanan siswa serta membuat mereka lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, dengan menerapkan banyak metode yang kreatif dan inovatif dapat membuat siswa mudah mengerti serta memahami terhadap materi dan lebih berkembang. 

Lihat juga : 5 Game Seru yang Bisa Dilakukan Guru Bersama Siswa di Kelas

Untuk membuat kegiatan belajar mengajar dengan metode ceramah, guru dapat mengkombinasikan dengan metode lain. Metode itu misalnya tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan tugas. Metode diskusi bisa meningkatkan dalam memahami konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Namun metode diskusi dalam transformasi pengetahuan hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Dengan kombinasi metode pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan siswa.

2. Melibatkan siswa langsung dalam proses belajar mengajar

Supaya materi pelajaran yang diajarkan guru di kelas lebih menarik, siswa harus terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Dengan berpartisipasi aktif dapat meningkatkan perkembangan berpikir, emosi, dan sosial siswa. Penting bagi guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk mencoba, mencari informasi dan sumber belajar. Guru juga dapat melibatkan siswa dalam menyimpulkan pembelajaran. 

3. Memilih media yang tepat dalam pembelajaran

Pemilihan media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Jika guru dapat menghadirkan media pembelajaran akan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Suasana belajar dapat lebih hidup dan tidak monoton jika guru juga menggunakan media untuk kegiatan belajar mengajar. Dengan media semua siswa akan menerima informasi yang sama. Proses pembelajaran di kelas pun jadi lebih menarik

Guru tidak perlu menjelaskan seluruh materi pelajaran kepada siswa. Siswa akan kurang memahami pelajaran secara baik jika hanya dengan mendengarkan informasi dari guru saja. Namun jika hal itu dilengkapi dengan aktivitas melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media, maka pemahaman siswa terhadap materi pelajaran pasti akan lebih baik. 

4. Berkeliling mencari kesulitan siswa dan menjawab pertanyaannya

Tidak semua siswa mempunyai daya tangkap yang sama, ada yang lambat dan ada pula yang cepat. Guru harus ekstra keras dalam mengajar supaya seluruh siswa dapat mengerti apa yang diajarkan. Ketika mengajar tidak hanya memberikan materi pelajaran saja, namun juga memperhatikan keadaan siswa. Guru bisa berkeliling menjawab pertanyaan siswa ketika sedang belajar secara mandiri. Dengan begitu guru dapat memberikan instruksi personal pada siswa dan dapat membantu siswa yang masih bingung dengan materi tertentu.

Itulah beberapa cara mengajar siswa yang dapat guru lakukan supaya dapat memahami materi dengan cepat. Guru yang hebat mampu menjadikan semua materi pembelajaran menjadi menarik. Cobalah menerapkan tips di atas jika anda ingin para siswa mudah menangkap materi yang Anda paparkan.