Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Game Seru yang Bisa Dilakukan Guru Bersama Siswa di Kelas

5 Game Seru yang Bisa Dilakukan Guru Bersama Siswa di Kelas

Ketika siswa terlihat bosan menyimak pelajaran di kelas, guru dapat memberikan game atau permainan. Dengan game tersebut dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengembalikan semangat siswa untuk mengikuti pelajaran. Suasana kelas yang tadinya membosankan bisa hilang dengan sebuah permainan.

Tidaknya hanya menyenangkan mengisi jeda pelajaran dengan game juga dapat melatih kekompakan dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Game yang disajikan guru sebagai ice breaking juga meningkatkan interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa. Permainan ini dapat membuat suasana kelas lebih aktif.

Lihat juga : Masuki Dunianya dan Jadilah Guru yang Bersahabat dengan Siswa

Anak usia sekolah dasar (SD) masih termasuk masa pertumbuhan, baik secara fisik dan mental. Mereka masih senang bermain dan bekerja kelompok. Game bisa dihadirkan guru sesudah atau sebelum pembelajaran, sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa game belajar yang bisa dilakukan guru bersama siswa di kelas.

1. Gerak dan lagu

Melalui permainan gerak dan lagu membuat semangat siswa untuk belajar dan pikiran menjadi lebih fresh. Contoh game gerak dan lagu ada banyak, Anda bisa mencari lagu dan gerakan yang pas, misalnya menggunakan lagu "baby shark" yang populer dan lagu "kepala pundak lutut kaki". Permainan ini bisa melatih konsentrasi siswa, di mana antara gerakan dan lagu harus selaras. Supaya lebih seru, Anda dapat memainkan game ini dengan lagu dan gerakan yang semakin cepat.

2. Lakukan yang guru katakan

Game lain yang bisa Anda coba di kelas yaitu ‘Lakukan yang guru katakan’. Permainan ini sangat mudah untuk dilakukan. Guru akan mengatakan beberapa aba-aba, “pegang telinga”, “pegang rambut”, “pegang pipi”, “pegang pundak”, dan lainnya. Peraturannya, siswa harus mengikuti aba-aba yang diberikan guru. Agar lebih seru, guru bisa menjebak siswa dengan memegang bagian yang tidak sesuai dengan perintah yang Anda katakan. Selain menghilangkan rasa jenuh, permainan ini bagus untuk melatih konsentrasi siswa.

3. Kata dalam huruf terakhir

Cara bermain game ini yaitu mintalah seorang siswa menentukan kata pertama, setelah itu dilanjutkan siswa di sampingnya untuk menyebutkan kata yang diawali sesuai dengan huruf terakhir dari kata sebelumnya. Misalnya, kata pertama adalah "perahu", maka selanjutnya "udara", lalu "angin" dan seterusnya. Kata yang sudah diucapkan oleh siswa sebelumnya, tidak boleh diucapkan kembali oleh siswa lain. Anda juga dapat mengganti kata tersebut dengan bahasa Inggris. Permainan ini akan melatih siswa berpikir dengan cepat.

4. Kelipatan bilangan

Game ini ini mengajak siswa untuk berhitung serta melatih konsentrasi siswa. Caranya yaitu Anda menunjuk siswa secara random, kepada siswa yang ditunjuk harus menyebutkan kelipatan bilangan tersebut. Misalnya jika kelipatan 6, siswa harus mengatakan "dorr". Kelipatan 6 yaitu, 6, 12, 18, 24, 30, dan seterusnya. Jika diterapkan dalam permainan maka jadinya seperti, 1, 2, 3, 4, 5, dorr, 7, 8, 9, 10, 11, dorr, dan seterusnya. Supaya lebih seru jika Anda bisa memberi hukuman ringan pada siswa yang salah dan kurang konsentrasi, seperti bernyanyi.

5. Sambung cerita

Aturan main dari game ini yaitu, guru menyiapkan sebuah gambar apa saja. Tunjuk siswa untuk membuat cerita pertama sesuai dengan gambar tersebut. Kemudian cerita dilanjutkan oleh siswa berikutnya. Cerita yang dibuat masing-masing siswa tidak banyak, misalnya cukup sekitar 1 paragraf saja. Sambung cerita tersebut sampai siswa terakhir. Dengan game ini siswa dapat meningkatkan imajinasi siswa dan melatih berkolaborasi dengan teman-temannya untuk menciptakan cerita yang utuh dan logis.

Perlu diketahui siswa memiliki keterbatasan konsentrasi untuk menyerap informasi. Apabila dipaksakan materi pembelajaran sulit masuk ke otak. Lima game mengasyikan di atas bisa guru terapkan sebagai selingan kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan melakukan game tersebut bisa mengaktifkan atau menghidupkan suasana kelas dan menghilangkan rasa jenuh siswa.