Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 1

Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 1

Kisi-kisi merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Kisi-kisi disusun untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal. Sebelum menyusun kisi-kisi sesuai Kurikulum 2013 (K-13) dan butir soal perlu ditentukan jumlah soal setiap kompetensi dasar (KD) dan penyebaran soalnya.

Indikator dalam kisi-kisi adalah pedoman dalam merumuskan soal yang dikehendaki. Kegiatan perumusan indikator soal bagian dari kegiatan penyusunan kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 1 Semester 1. Guru harus memperhatikan materi yang akan diujikan untuk merumuskan indikator dengan tepat.

Kisi-kisi Soal PAS K-13 Kelas 1 Semester 1 sebagai matrik informasi yang dapat dijadikan pedoman menulis dan merakit soal menjadi tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam melakukan perakitan tes. Dengan menggunakan kisi-kisi, penulis soal akan dapat menghasilkan soal-soal PAS yang sesuai dengan tujuan.


Pelaksanaan PAS semester 1 pada jenjang SD/MI dan sederajat dilaksanakan di bulan November. Dalam K-13 SD/MI kelas 1 disediakan beberapa tema, setiap tema memiliki 4 subtema, dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Berikut tema yang digunakan untuk kelas 1 semester 1 K-13 revisi terbaru, yaitu:

TEMA 1. DIRIKU
Subtema 1 Aku dan Teman Baru
Subtema 2 Tubuhku
Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku
Subtema 4 Aku Istimewa

TEMA 2. KEGEMARANKU
Subtema 1 Gemar Berolahraga
Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari
Subtema 3 Gemar Menggambar
Subtema 4 Gemar Membaca

TEMA 3. KEGIATANKU
Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari
Subtema 2 Kegiatan Siang Hari
Subtema 3 Kegiatan Sore Hari
Subtema 4 Kegiatan Malam Hari

TEMA 4. KELUARGAKU
Subtema 1 Anggota Keluargaku
Subtema 2 Kegiatan Keluargaku
Subtema 3 Keluarga Besarku
Subtema 4 Kebersamaan dalam Keluarga

Soal PAS kelas 1 semester 1 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, tergantung dari muatan pelajaran yang muncul di setiap tema.

Kisi-Kisi Soal PAS Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1

Tema : 1. Diriku
Kelas/ Semester : 1 (Satu) / 1 (Satu)
Muatan Pelajaran : PPKn

Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.

Materi
Aturan setelah pulang sekolah

Indikator Soal
  • Disajikan kalimat yang belum lengkap tentang aturan sebelum masuk rumah, siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
  • Disajikan kalimat tanya, siswa dapat menjawab dengan singkat aturan sebelum belajar.
  • Disajikan kalimat rumpang tentang aturan sebelum makan, siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.

Download Kisi-Kisi Soal PAS Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1

Selengkapnya kisi-kisi soal PAS semester 1 kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 dalam format PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Penulisan butir soal tes tertulis merupakan suatu kegiatan evaluasi. Setiap butir soal yang ditulis harus berdasarkan rumusan indikator soal yang sudah disusun dalam kisi-kisi dan berdasarkan kaidah penulisan soal bentuk obyektif dan soal uraian. Bentuk soal yang digunakan yaitu, pilihan ganda, isian singkat dan uraian.