Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Ampuh Menciptakan Suasana Kelas Menyenangkan

Tips Ampuh Menciptakan Suasana Kelas Menyenangkan

Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan menu harian bagi para guru maupun murid di sekolah. Guru sangat berperan dalam membuat menu harian ini selalu fresh, menarik, serta tidak monoton, sebab guru merupakan fasilitator di kelas. Oleh karena itu, ketika menyajikan materi perlu menggunakan cara atau teknik baru juga menyenangkan sebagai tolok ukur yang menentukan hasil dari proses pembelajaran di kelas. Melalui situasi kelas yang menyenangkan, murid akan antusias mengikuti pembelajaran tanpa ada rasa tertekan. Lantas, bagaimana menciptakan suasana kelas menyenangkan sehingga para siswa tidak merasa bosan? Yuk, simak tipsnya di sini!

Cara Jitu Menciptakan Suasana Kelas Menyenangkan

Membuat sekolah sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar merupakan hal penting. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Saat murid merasa senang ketika bersekolah, maka mereka akan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan semaksimal mungkin. 

Begitu pula sebaliknya, saat mereka tidak suka dengan aktivitas di sekolah, maka mereka akan merasa tertekan, kemudian sewaktu bel pulang mereka merasa terbebas.

Penerapan pembelajaran yang menyenangkan di kelas merupakan salah satu cara untuk membuat siswa senang dan nyaman di sekolah. Minat siswa terhadap materi pelajaran menurun karena mereka merasa pelajaran tersebut membosankan. Untuk bisa menciptakan suasana kelas menyenangkan, seorang guru harus kreatif serta inovatif.

Lihat juga : Meski Tidak Mudah, Inilah Cara Menjadi Guru yang Kreatif

Terciptanya pembelajaran merupakan hal yang wajib guru lakukan sebagai penerapan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran tersebut dapat dengan melakukan pembaruan pada metode, strategi, media pembelajaran, serta alat peraga untuk mendukung proses belajar. Tips menciptakan suasana kelas yang menyenangkan antara lain:

1. Membuat Suasana Ruangan Kelas yang Berbeda

Biasanya letak tempat duduk murid di sekolah rata-rata sama, yakni posisi guru berada di depan sementara kursi murid berjajar dengan bentuk persegi. Setelah adanya pengkajian, cara ini ternyata dinilai tidak efektif, sebab kegiatan belajar mengajar hanya sebatas guru menerangkan dan murid mendengarkan (satu arah). 

Untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, sebaiknya cobalah menata ulang ruang kelas seperti letak meja dan kursi membentuk lingkaran. Sehingga posisi guru berada di tengah-tengah dan peserta didik bisa menyaksikan guru secara lebih baik.

Guru juga bisa mencoba cara mobile teaching. Misalnya pada saat belajar matematika, guru dapat benar-benar terjun langsung membantu murid menerangkan pemakaian rumus dan sebagainya. Hal tersebut bisa membantu siswa lebih tenang dan mewujudkan suasana bahwa guru benar-benar membersamai proses belajar mereka, tidak hanya sekedar digurui, atau diajari.

2. Memperbanyak Interaksi dengan Merangsang Ide Siswa

Dengan memancing pendapat serta melakukan diskusi antara guru dan siswa, maka bisa mendapatkan perhatian penuh (full attention). Meskipun tidak semua murid dapat menyampaikan idenya, sehingga guru berperan untuk memotivasi mereka agar percaya terhadap kemampuan masing-masing. Selain itu guru perlu mendorong siswa supaya berani untuk berpendapat dan senantiasa menghargai apapun yang mereka sampaikan.

Metode ini bisa melatih murid untuk bisa belajar mendengarkan orang lain, berani untuk berbicara serta lebih terbuka dengan adanya pendapat yang tidak selalu sama. Hal tersebut nantinya akan menjadi bekal ketika mereka berinteraksi dengan orang lain, baik dengan guru, sesama teman, orang tua, maupun masyarakat.

3. Memberikan Perhatian yang Sama pada Semua Siswa

Murid yang pintar dan aktif di kelas, terkadang akan cenderung menjadi fokus perhatian guru. Sementara yang pendiam akan merasa kesulitan memperoleh peluang untuk mengeluarkan ide dan mengekspresikannya di dalam kelas.

Seorang guru bertugas dalam mengeksplor bibit-bibit unggul yang terdapat pada diri setiap siswa. Masing-masing siswa memiliki potensi dan bakat yang tidak sama. Sehingga dengan demikian, setiap siswa merasa mempunyai peluang untuk membuktikan dirinya dan juga membuat suasana kelas lebih menyenangkan dan menjadi lebih hidup.

Menciptakan suasana kelas menyenangkan ternyata bukan hal yang sulit. Apabila siswa belajar dengan rasa senang dan tenang, maka hasil yang akan mereka peroleh juga kan lebih baik serta efektif. Jadi jangan berhenti untuk mengeksplorasi cara mengajar yang menarik dan menyenangkan.