Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Belajar Ala Si Jenius Einstein Perlu Untuk Ditiru

7 Tips Belajar Ala Si Jenius Einstein Perlu Untuk Ditiru

Tips belajar ala si jenius Einstein dapat dijadikan inspirasi belajar anak. Siapa pun tentu sudah mengenal Albert Einstein. Ia merupakan seorang ilmuwan jenius yang menjadi legenda hingga saat ini. Salah satu teori yang dikembangkan oleh Einstein, yakni teori relativitas. Bahkan teori tersebut menjadi pilar utama dalam fisika modern dewasa ini.

Anda tentu merasa penasaran dengan gaya belajar Albert Einstein. Ia juga menjadi penemu rumus kesetaraan massa-energi. Selain itu, ia juga menerima Nobel Fisika pada tahun 2021 atas jasanya terhadap fisika teoritis. Terutama tentang hukum efek fotolistrik yang menjadi langkah penting untuk pengembangan teori kuantum.

Inilah 7 Tips Belajar Ala Si Jenius Einstein yang Perlu Anda Ketahui

Jika membicarakan karya Einstein mungkin tidak ada habisnya. Selain anugerah kejeniusan yang dibawanya sejak lahir, Einstein tentu berupaya melatih otaknya. Melalui kebiasaan belajar yang dijalaninya hingga akhirnya memiliki kejeniusan seperti yang banyak orang kenal. Berikut ini beberapa cara belajar ala Albert Einstein.

1. Selalu Bertanya Atas Semua Hal

Saat sedang mempelajari sesuatu tidak hanya menuliskannya, namun sampaikan fakta yang diperoleh dengan cara yang sama. Ketahui materi pelajaran yang sedang dipelajari dan memberikan pertanyaan untuk memahaminya lebih lanjut. Jika Anda banyak bertanya, maka akan memperoleh pembelajaran penting dan sesuatu yang baru.

2. Memiliki Ketertarikan yang Luas

Tidak hanya senang belajar, Albert Einstein juga memiliki ketertarikan yang luas. Mulai dengan permainan biola dan memiliki kehidupan sosial dengan teman-temannya. Hal penting untuk diketahui yakni harus belajar banyak hal. Jika tertarik dengan hal tersebut, maka perlu untuk mengejarnya. Sebaiknya tidak hanya fokus dalam satu hal saja. Jika belajar banyak hal, maka dapat mengkombinasikannya menjadi sesuatu hal yang baru.

3. Pahami Metode Belajar yang Efektif

Tips belajar ala si jenius Einstein lainnya dengan memahami metode belajar yang efektif. Jika telah paham dengan cara menyimpan informasi atau materi pelajaran, maka dapat menyesuaikan metode belajar sesuai dengan kebutuhan. Tidak semua orang memiliki metode belajar yang cocok untuk orang lain. Sehingga perlu menemukan metode belajar yang paling cocok untuk diri sendiri.

4. Belajar dengan Cara yang Benar

Percaya bahwa diri sendiri merupakan seorang individu yang luar biasa dan brilian. Meski terlepas dari nilai yang diperoleh dan kesulitan dalam mendapatkan pengetahuan. Jika memiliki cara belajar yang benar, maka memungkinkan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan lebih baik.

5. Kelilingi Diri dengan Orang yang Cerdas

Albert Einstein sangat mudah terinspirasi untuk melakukan sesuatu dan dikelilingi oleh orang-orang yang senang belajar. Saat sedang dalam proses pembelajaran, sebaiknya memang perlu dikelilingi diri dengan guru atau mentor. Bahkan juga orang-orang yang dapat memberikan inspirasi. Jika tidak dapat menemukan orang-orang dengan kriteria yang seperti itu agar dapat mengikuti tips belajar ala si jenius Einstein.

Lihat juga : Anak Cenderung Cerdas dan Jenius Bila Punya 7 Ciri-Ciri Ini

Anda dapat membaca buku tentang seorang tokoh yang cerdas dan menginspirasi. Selain itu, juga mempelajari setiap tulisan dan penelitian. Bahkan dengan mengikuti sebuah pendidikan non-formal seperti kursus keterampilan. Sehingga akan menemukan banyak guru dan mentor luar biasa. Hal itu akan memungkinkan untuk mendapatkan banyak pengetahuan lagi.

6. Bersikap Terbuka Terhadap Kegagalan

Saat menjalani proses belajar, maka perlu belajar terbuka dengan kegagalan. Tentunya wajar jika menemukan kegagalan dalam proses belajar. Sebaiknya tidak terpuruk dan  menjadikan kegagalan sebagai pengalaman agar lebih baik lagi. Pastikan untuk selalu memperbaiki diri dengan keterampilan dan pengetahuan.

7. Jangan Ragu dengan Intuisi

Hal yang perlu dilakukan lainnya mengikuti naluri dan tidak terlalu keras dengan diri sendiri. Saat datang waktu untuk belajar, pahami hal yang perlu dilakukan agar menjadi berhasil.

Berbagai tips belajar ala si jenius Einstein tersebut memang sangat penting. Sehingga dalam proses belajar akan menemukan cara belajar yang tepat untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih baik.