Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Manfaat Penting Ekstrakurikuler Bagi Siswa Sekolah Dasar


Manfaat penting ekstrakurikuler bagi siswa Sekolah Dasar cukup beragam. Seperti yang kita ketahui, ekstrakurikuler dapat menjadi kegiatan interaksi antara para guru dengan siswa maupun lingkungan sekitar.

Hadirnya kegiatan ini dalam rangka untuk pengembangan diri baik dalam hal potensi atau bakat siswa melalui berbagai kegiatan yang wajib diikuti. Bisa juga melalui berbagai kegiatan pilihan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran.

Manfaat Penting Ekstrakurikuler Bagi Siswa Sekolah Dasar

Seringkali kita mendengar istilah "ekstrakurikuler" dalam dunia sekolah. Namun apakah arti dari istilah tersebut? Sebelum kita membahas tentang manfaatnya bagi para siswa, sebaiknya kita memahami pengertian dari istilah ekstrakurikuler itu sendiri. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dapat diikuti oleh para siswa di luar jam sekolah.

Lihat juga : Panduan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan di SD

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, membentuk karakter dan pribadi anak. Selain itu juga dapat menjadi ajang dalam mengembangkan bakat serta minat siswa. Adapun manfaat penting ekstrakurikuler bagi siswa Sekolah Dasar antara lain:

1. Menjadikan Siswa Lebih Disiplin

Kegiatan ekstrakurikuler dapat mengajarkan siswa menjadi pribadi yang lebih disiplin serta tahu bagaimana cara menghargai waktu. Selanjutnya, siswa akan diajarkan untuk datang lebih tepat waktu melaksanakan tugas berdasarkan waktu serta ketentuan yang telah disepakati.

Selain itu juga, siswa dapat lebih patuh dan taat terhadap aturan dari ketua kelompok atau pembina kegiatan ekstrakurikuler.

2. Menumbuhkan Kemampuan Sosial yang Baik

Berdasarkan penjelasan Jenny Edmonds pada bukunya yang berjudul Murdoch University School of Psychology, menyebutkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat melatih kemampuan anak dalam bersosialisasi serta berinteraksi dengan sekitarnya.

Pada umumnya, kegiatan ekstrakurikuler banyak digemari oleh para siswa dengan latar belakang minat dan bakat yang sama meskipun dari kelas yang berbeda. Karena bertemu dengan siswa lain inilah, maka secara otomatis anak dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi dan berinteraksi.

3. Menjadikan Anak Lebih Mandiri

Manfaat penting ekstrakurikuler bagi siswa Sekolah Dasar adalah dapat menjadikan mereka pribadi yang lebih mandiri. Dengan kegiatan ekstrakurikuler dapat menumbuhkan karakter lain dari keaktifan dalam kegiatan tersebut.

Melalui ekstrakurikuler baik dalam kegiatan perorangan atau kelompok, maka secara perlahan akan menumbuhkan jiwa kemandirian dalam diri anak. Dengan demikian dapat meminimalisir sikap manja serta cengeng pada anak.

4. Memahami Pentingnya Kerja Sama

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, siswa akan banyak melakukan adanya interaksi dengan sesama. Pada umumnya, dalam kegiatan ekstrakurikuler akan dilakukan adanya permainan. Hal ini tentunya dapat mengajarkan anak tentang pentingnya kerja sama. Sehingga dapat menghindarkan anak dari sikap egois dan individualis.

5. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan potensi serta bakat anak pada satu atau beberapa bidang. Apabila anak dapat mengembangkan potensinya dengan lebih baik, maka secara tidak langsung mereka juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang sebelumnya tidak mereka miliki.

Dengan memiliki keahlian serta keterampilan dalam sebuah bidang dapat membuat anak merasa istimewa. Perasaan inilah yang akhirnya akan membuat rasa percaya diri anak muncul. Sehingga anak dapat menjadi pribadi yang lebih tangguh serta takut dalam menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.

6. Mampu Menciptakan Suasana yang Rileks dan Menyenangkan

Pasalnya dalam kegiatan ini, siswa mempunyai kebebasan dalam menghasilkan suatu karya. Selain itu, mereka juga dapat menyalurkan ide serta kreatifitas yang mereka miliki dengan senang hati. Hal ini tentunya dapat membuat siswa merasa nyaman dan senang. Dapat menghindarkan siswa dari stress dan beban dalam pelajaran.

Dengan beragam manfaat penting ekstrakurikuler bagi siswa Sekolah Dasar, diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Serta dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter siswa.