Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hadirnya Artificial Intelligence (AI) Mengubah Pendidikan di Sekolah Dasar

Hadirnya Artificial Intelligence (AI) Mengubah Pendidikan di Sekolah Dasar

Kehadiran Artificial Intelligence mengubah pendidikan menjadi lebih baik. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin. Sehingga nantinya dapat berperilaku seperti halnya manusia atau istilah lain cognitive tasks.

Mesin dapat belajar secara otomatis dari data dan informasi yang sudah diprogramkan sebelumnya. Kecerdasaan buatan dapat diartikan sebagai salah satu bagian dari ilmu komputer. Hal itu agar mesin dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

Lihat juga : Membangun Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran

Penggunaannya yang secara sadar atau tidak telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan banyak aplikasi yang telah menerapkan kecerdasan buatan tersebut. Seperti halnya pada aplikasi streaming video/musik dan mesin pencarian (search engine). Selain itu, fitur selfie pada smartphone, Global Positioning System (GPS), Video Game, serta Media Sosial.

Pada video game yang menerapkan kecerdasan buatan untuk menciptakan level kesulitan yang berbeda untuk game tersebut. Sedangkan pada media sosial seperti FB, IG atau lainnya, seringkali memberikan sesuatu yang mudah diakses atau dicari. Semua hal tersebut juga dilakukan dengan bantuan kecerdasan buatan. Bahkan kecerdasan buatan tersebut juga dapat membantu mengubah pendidikan di sekolah dasar.

Ketahui Artificial Intelligence Mengubah Pendidikan di Sekolah Dasar

Peran IT memang seringkali mendukung pembelajaran, baik di sekolah atau dalam pembelajaran mandiri (self learning). Kedepannya kegiatan pembelajaran akan lebih banyak menerapkan kecerdasan buatan. Penggunaan AI tersebut untuk menyajikan materi pembelajaran, melakukan asesmen, serta memberikan umpan balik pembelajaran.

Contoh penerapan AI dalam bidang pendidikan kemungkinan besar belum banyak dijumpai. Berikut ini beberapa penerapan AI yang dapat menginspirasi dunia pendidikan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

1. Mentor Virtual

Fungsi Artificial Intelligence yang saat ini penerapannya pada berbagai platform teknologi untuk mengubah pendidikan. Terutama yang berbasis daring yakni sebagai mentor virtual. AI dapat membantu memberikan umpan balik dari aktivitas belajar dan latihan soal para siswa. Kemudian memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari kembali seperti halnya seorang guru atau tutor.

2. Voice Assistant

Teknologi AI yang satu ini tampak serupa dengan mentor virtual. Hanya saja Voice Assistant lebih menggunakan fungsi suara sebagai pusat interaksi dan komunikasi.

Voice Assistant juga menjadi salah satu teknologi AI yang paling banyak dikenal dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Contoh dari voice assistant yang lebih banyak dikenal seperti Google Assistant (Google), Siri (Apple), Cortana (Microsoft), dan yang lainnya. 

Voice Assistant memungkinkan para siswa untuk memperoleh materi, referensi soal, artikel, hingga buku. Caranya hanya dengan berbicara atau menyebutkan kata kuncinya. Selanjutnya VA akan menampilkan informasi sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Tidak hanya menyajikan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

Voice Assistant juga dapat berbicara dan menjelaskan informasi yang Anda butuhkan seperti halnya asisten pribadi. Artificial Intelligence mengubah pendidikan dengan mandiri, tanpa khawatir apabila mengalami kebingungan. Meski tanpa adanya guru/tutor dengan memanfaatkan VA tersebut.

3. Smart Content

Teknologi AI ini yang fungsinya membagi dan menemukan konten materi. Bahkan buku digital yang telah diprogram secara virtual dengan lebih mudah dan cepat. Penerapan teknologi ini yang ada di berbagai perpustakaan digital. Tidak hanya di sekolah, namun juga di perguruan tinggi maupun perpustakaan umum. AI dapat membantu menemukan dan mengkategorikan buku yang diinginkan secara cepat dan terstruktur.

Berbagai penerapan Artificial Intelligence (AI) tersebut yang dapat membantu mengubah pendidikan saat ini.  Memungkinkan para siswa untuk memperoleh materi dengan lebih mudah dan cepat.