Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Membuat Kegiatan Pondok Ramadhan Menyenangkan di Sekolah

5 Cara Membuat Kegiatan Pondok Ramadhan Menyenangkan di Sekolah

Pondok Ramadhan adalah kegiatan yang dilakukan pada waktu bulan puasa dengan berbagai macam bentuk kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut meliputi salat wajib berjamaah, buka bersama, pengajian, tadarus Al-Qur’an, dan pendalamannya, salat tarawih berjamaah, dan lain sebagainya. Penyelenggaraan kegiatan ini adalah bentuk kegiatan intensif dalam jangka waktu tertentu. Peserta didik mengikuti pondok Ramadhan secara penuh selama 24 jam atau sebagian waktu saja. Lantas, bagaimana cara membuat kegiatan pondok Ramadhan menyenangkan, sehingga para siswa memiliki antusias untuk mengikuti seluruh kegiatannya?

Tujuan dari adanya kegiatan pondok Ramadhan ini sendiri yaitu untuk melatih mereka menghidupkan hari-hari serta malam-malam di bulan Ramadhan dengan aktivitas-aktivitas ibadah.

Cara Membuat Kegiatan Pondok Ramadhan Menyenangkan, Simak di Sini!

Biasanya penyelenggaraan kegiatan pondok Ramadhan di sekolah untuk para peserta didik ini mengikuti himbauan dari dinas pendidikan. Para pendidik wajib untuk menyusun program khusus guna meningkatkan keimanan serta ketaqwaan peserta didik melalui kegiatan keagamaan yang bermanfaat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah umumnya mengadakan pesantren kilat atau pondok Ramadhan yang padat akan kegiatan keislaman. Para peserta didik akan merasakan kehidupan khas pesantren selama 3 hari sampai seminggu, tergantung kebijakan tiap-tiap sekolah.

Lihat juga : Yuk Mengajari Anak Mengaji, Bunda Bisa Melakukannya dengan Cara ini

Nah, supaya para siswa tidak akan merasa bosan, biasanya terdapat beberapa kegiatan alternatif yang disukai dan seru untuk anak-anak. Berikut ini kegiatan bermanfaat di pondok Ramadhan yang menyenangkan.

1. Salat Berjamaah

Pondok Ramadhan biasanya terisi kegiatan padat mulai dari pagi sampai malam hari. Ada yang mengharuskan untuk menginap selama beberapa hari, namun ada pula yang bisa pulang ke rumah. Nah, selama sehari semalam ini biasanya para pendidik akan mengajak siswa untuk mengerjakan salat 5 waktu secara berjamaah. 

Mereka pun akan melakukan beberapa salat sunnah yang lain, seperti salat tarawih dan dhuha. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan serta mengajarkan kegiatan bermanfaat yang berpahala terhadap para siswa.

2. Menyimak Ceramah Ustadz dan Motivasi

Hal yang sering menjadi acuan untuk mengisi materi Ramadhan ketika pondok Ramadhan di sekolah yaitu adanya ceramah agama. Peserta didik akan mendengarkan dan mendapatkan tugas untuk merangkum materi yang sudah disampaikan oleh ustad maupun ustadzah. Nah, hasil dari ringkasan tersebut biasanya akan masuk sebagai nilai mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam).

Selain itu, cara membuat kegiatan pondok Ramadhan menyenangkan yaitu biasanya sekolah juga akan memberi fasilitas tambahan guna menanamkan nilai keagamaan serta karakter unggul melalui sesi renungan bersama. Sesi ini menjadi ranah untuk memasukkan unsur emosional spiritual dalam memotivasi yang tepat kepada siswa.

3. Perlombaan yang Seru dan Menyenangkan

Cara membuat kegiatan pondok Ramadhan menyenangkan dan tidak membosankan, umumnya sekolah akan menggelar beberapa perlombaan. Mulai dari perlombaan antar kelas sampai lomba individu yang semua siswa bisa mengikutinya. Penyelenggaraan lomba ini pun masih berkaitan dengan keagamaan, seperti lomba membaca Al-Qur’an, adzan, ceramah, hafalan doa, hafalan surat pendek, CCA, nasyid, dan sebagainya.

Guna menarik minat peserta didik agar aktif ikut perlombaan, sekolah menyiapkan dan mengumumkan hadiah-hadiah menarik untuk pemenangnya. Terkadang terdapat hadiah khusus untuk suporter terbaik dan seru selama lomba berlangsung. Melalui kegiatan seru ini, anak-anak juga dapat belajar banyak hal baik untuk dunia maupun akhirat.

4. Buka Puasa Bersama

Saat pelaksanaan pondok Ramadhan di sekolah, para siswa sangat menyukai dan menantikan momen ini. Ketika berbuka puasa, bakal dihiasi suasana menyenangkan serta kegembiraan peserta didik menyantap makanan lezat berbarengan teman-teman. Hal tersebut sebagai sarana untuk mempererat hubungan pertemanan di sekolah.

Pihak sekolah yang akan menyediakan makanan berbuka ini. Tetapi, ada pula beberapa sekolah yang mencoba hal seru, yaitu dengan mengajak siswa untuk memasak bersama per kelas, membawa bekal dari rumah kemudian mereka santap bersama, dan sebagainya. Menikmati hidangan bersama ketika buka puasa akan terasa nikmat serta penuh kesan untuk para siswa.

5. Penghargaan yang Memotivasi

Guna memancing para siswa supaya aktif selama pondok Ramadhan berlangsung, maka sekolah akan mengadakan kegiatan seru pada hari terakhir. Beberapa siswa memperoleh penghargaan khusus dengan penilaian sesuai kebijakan dari sekolah. Contohnya siswa teladan selama pondok Ramadhan, peserta didik paling rajin, siswa paling aktif, dan sebagainya.

Cara membuat kegiatan pondok Ramadhan menyenangkan berupa penghargaan ini, tentu di luar perlombaan yang diadakan sekolah. Melalui penghargaan tersebut, anak-anak bakal termotivasi jadi yang terbaik selama Ramadhan.