Yuk Mengajari Anak Mengaji, Bunda Bisa Melakukannya dengan Cara ini
Cari Berita

Atas


Yuk Mengajari Anak Mengaji, Bunda Bisa Melakukannya dengan Cara ini

Rabu, 29 April 2020

Yuk Mengajari Anak Mengaji, Bunda Bisa Melakukannya dengan Cara ini
Supaya ibadah Ramadhan jadi bermanfaat, yuk mengajari anak mengaji! Bunda bisa melakukannya dengan cara ini.

Salah satu kegiatan terbaik yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan adalah mengaji. Yap, membaca dan melafalkan ayat suci Al-Quran merupakan ibadah wajib dan diganjar pahala berlipat ganda jika dilakukan waktu puasa. Bukan hanya orang dewasa, anak kecil pun harus diajarkan keutamaan mengaji. Tak perlu cemas mengajari anak mengaji, Bunda bisa melakukannya dengan cara ini:

1. Mengaji Secara Bertahap


Tahapan pembelajaran yang paling tepat untuk anak adalah secara bertahap. Hal ini juga bisa diterapkan dalam proses mengaji. Anda tak boleh langsung menyuruh buah hati membaca ayat suci dari Al-Quran, padahal usia mereka masihlah belia sehingga tidak memahami huruf Arab. Agar mengaji bisa terasa menyenangkan, lakukan prosesnya secara bertahap.

Apalagi kalau Anda mengenalkan kegiatan mengaji pada buah hati yang masih duduk di bangku TK, tahap pertama adalah mengenalkan huruf Hijaiyah padanya. Jika perlu, tempelkan pada dinding kamar supaya hapal. Setelah hapal, mulailah kenalkan anak dengan buku Iqra’ hingga akhirnya dia paham tajwid dan bisa mulai melafalkan ayat suci di Al-Quran.

2. Biasakan Anak Dengar Al-Quran


Lantaran pelafalan ayat suci Al-Quran bukanlah bahasa Indonesia, Anda tentu harus membiasakan anak untuk mengenal huruf-huruf asing. Cara terbaik agar mereka terbiasa adalah rutin mendengarkan bacaan Al-Quran itu sendiri. Bisa melalui rekaman pengajian hingga aplikasi murottal di HP.

Jika anak sudah terbiasa mendengarkan bacaan Al-Quran sejak kecil, mereka tentu akan makin mencintai dan belajar melafalkannya. Hal ini akhirnya membuat anak cukup familiar dengan kegiatan mengaji.

3. Belajar Mengaji adalah Kewajiban


Cara mengajari anak mengaji yang bisa diterapkan berikutnya adalah dengan memberi pemahaman bahwa mengaji itu sebuah kewajiban. Sebagai keluarga Muslim, mengaji adalah salah satu bentuk syiar agama Islam. Dengan mengaji, seorang Muslim akan dimuliakan oleh Allah SWT sekaligus menambah ilmu agama dan mengetahui berbagai keindahan Al-Quran.

Ketahuilah bahwa sebagai orangtua yang beragama Islam, mengaji merupakan dasar dari niat dan tujuan membesarkan buah hati. Setelah anak paham betapa pentingnya mengaji, mereka tentu akan mulai mengenal aturan dan kewajiban sebagai Muslim yang taat termasuk mendirikan shalat dan berpuasa Ramadhan.

4. Orangtua Harus Beri Contoh


Lewat bukunya yang berjudul The Ten Basic Principles of Good Parenting, Laurence Stainberg, PhD menyebutkan bahwa prinsip terpenting dalam membentuk karakter buah hati ialah dengan memberikan contoh. Apapun yang dilakukan orangtua, akan diamati oleh anak termasuk mengaji.

Lihat juga: 5 Cara Mendidik Anak Menjadi Baik, Patuh, dan Religius

Lantaran Anda menyebutkan bahwa mengaji merupakan cara mendekatkan diri ke Allah SWT, Anda pun harus membiasakan diri mengaji juga. Tak perlu lama, 30 menit usai shalat fardhu sangat cukup membuat anak sadar dan menirunya.

5. Jangan Paksa Anak


Lantaran setiap orangtua Muslim berharap buah hati mereka lancar mengaji, berbagai cara dilakukan termasuk pemaksaan. Padahal memaksa anak untuk mengaji adalah tindakan keliru lantaran justru membuatnya tidak nyaman. Minat untuk membaca Al-Quran seharusnya tumbuh dari diri mereka sendiri. Karena itu beri pemahaman soal pentingnya mengaji secara tepat.

6. Lakukan dengan Konsisten


Agar anak semakin lancar melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran, Anda tentu wajib melatih anak supaya konsisten mengaji. Tetapkan waktu khusus setiap harinya jika perlu, tanpa harus berlama-lama. Diskusikan soal waktu mengaji ini dengan buah hati dan minta mereka bertanggung jawab atas keputusannya. Anda sekaligus bakal mengajarkannya menjadi pribadi yang disiplin.

7. Beri Pujian dan Penghargaan


Nah, hal terakhir dalam mengajari anak mengaji adalah dengan selalu memberikan pujian dan penghargaan. Misalkan saja jika anak bisa mengaji rutin selama 30 menit setiap hari dalam satu minggu, belikan dia makanan favoritnya di akhir pekan. Pujian dan penghargaan kecil ini akan membuat anak semangat dan merasa mengaji adalah kegiatan yang menyenangkan.

Jika cara-cara di atas diterapkan, anak tentu akan belajar mengenal ayat suci Al-Quran dengan penuh kesadarannya sendiri. Karena itu tunggu apalagi? Mau Mengajari anak mengaji? Bunda bisa melakukannya dengan cara-cara di atas! Semoga berhasil dan buah hati bisa tumbuh menjadi Muslimin dan Muslimin kecil yang berpegang teguh pada ajaran agama Islam.