Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Menjaga Kesehatan Mental (Jiwa dan Raga) Untuk Para Pendidik

Tips Menjaga Kesehatan Mental (Jiwa dan Raga) Untuk Para Pendidik

Guru sangat berperan penting dalam dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran siswa di kelas. Sebagai panutan dan sosok yang paling dihormati di kelas, guru memiliki tanggung jawab yang besar baik dalam perilaku maupun moral siswa. Banyak tuntutan yang terkadang dapat membebani guru di dalam kehidupan sehari-hari, terlebih selama masa pandemi kemarin, perubahan sistem pembelajaran dan kurikulum banyak menyita perhatian guru. Dari menciptakan materi pembelajaran daring yang menarik bagi siswa sampai menyesuaikan materi kurikulum baru. Perlu diingat bahwa guru yang memiliki keseimbangan jiwa dan raga yang bagus akan mempengaruhi keberhasilan dalam proses mengajar. 

Lihat juga : 8 Keterampilan Dasar Mengajar yang Perlu Pendidik Miliki

Berhenti menyalahkan diri sendiri

Guru juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Pola pikir yang selalu menyalahkan diri sendiri dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, merugikan diri sendiri, menyebarkan energi negatif ke lingkungan sekitar dan lebih parahnya tidak menyelesaikan masalah. Berusahalah berdamai dengan diri sendiri dan alih-alih menyalahkan diri sendiri, carilah solusi yang dapat membangun dan menyelesaikan masalah.

Memiliki hobi

Menurut Twinkl, memiliki hobi dapat bermanfaat untuk kesejahteraan mental dan pekerjaan, jika Anda masih bingung dalam memilih hobi, yuk mari kita jawab pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah Anda suka bersosialisasi atau menghabiskan waktu sendiri? Jika iya berikut beberapa pilihan hobi yang bisa Anda coba dan jelajahi: yoga, berkebun, aktivitas sosial seperti bergabung di komunitas lingkungan sekitar atau Anda bisa mencurahkan keluh kesah dengan menulis artikel di blog, dapat menjadi pilihan hobi yang pas untuk Anda.
  • Apakah Anda ingin hobi Anda meningkatkan peran Anda sebagai guru? Membuat kerajinan tangan seperti kartu ucapan selamat hari guru, bermain musik, origami, membuat materi belajar dapat menghibur dan sejenak mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan.
  • Apakah Anda suka tantangan secara fisik dan mental? Olahraga seperti Squash dan Fencing dapat menjadi alternatif pilihan hobi yang tepat.

Manjakan diri

Kesibukan sehari-hari dapat sangat menyita waktu, bagaimana Anda bisa memanjakan diri padahal Anda sangat sibuk? Banyak cara untuk bisa memanjakan diri sebagai seorang guru, dari yang gratis sampai yang membutuhkan biaya, semua itu bisa Anda atur sesuai dengan budget dan kondisi. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat menginspirasi Anda untuk memanjakan diri. Ingat, you are worth it!

  • Berjalan-jalan dengan pasangan.
  • Beli sesuatu yang sudah Anda idam-idamkan dari dulu.
  • Berhentilah melakukan apapun selama 2 menit. Matikan lampu, tutup pintu dan pejamkan mata.
  • Dengarkan lagu kesukaanmu.
  • Membaca buku.
  • Perawatan diri seperti facial, spa, creambath, dll.
  • Melihat-lihat foto lama.
  • Beli tanaman atau sesuatu untuk dirawat.
  • Mendekor ulang ruang Anda.
  • Memasak.
  • Merencanakan liburan.
  • Undang teman untuk memasak bersama.
  • Habiskan waktu Anda di alam.

Tidur nyenyak

Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga aura dan kesehatan mental kita agar tetap positif, tidak hanya untuk diri kita, hal ini juga akan membawa energi positif di kelas dan komunitas sekolah. Terkadang kita sangat sulit untuk tidur dengan nyenyak apalagi jika kita dalam keadaan yang tidak menentu seperti cemas, stres dan perubahan jadwal. Oleh karena itu terkadang penting untuk berbagi cerita dan perasaan kita serta meminta pertolongan ke orang terdekat jika memang dibutuhkan. Jangan khawatir aktivitas dibawah ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, semoga bermanfaat!

  • Buat aktivitas rutin sebelum tidur seperti membaca buku, mendengarkan musik yang berirama lembut, peregangan otot, dan hindari kontak dengan layar tv maupun layar telepon genggam sebelum tidur sebisa mungkin.
  • Latihan meditasi sebelum tidur dapat menenangkan pikiran dan meminimalisir stres dan kecemasan sehingga tidurpun berkualitas.
  • Berendam, berendam sebelum tidur dapat menenangkan dan merilekskan badan.
  • Tata dekorasi dan pencahayaan kamar tidur sedemikian rupa sehingga menjadi kamar tidur impian yang bisa membuat Anda santai, tenang dan bebas gangguan.
  • Selalu berpikiran positif.

Pastikan Anda tetap terdehidrasi

Sangat mudah untuk lupa minum secara teratur ketika Anda sibuk mengajar. Cobalah untuk memasang alarm untuk minum air setiap jam atau usahakan untuk minum dua botol sehari, satu di pagi hari dan satu di sore hari. Minimal air yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari adalah 2 liter.

Perhatikan postur tubuh Anda

Sebagai seorang guru, hampir setiap hari melakukan aktivitas yang selalu sama seperti duduk lama, berdiri lama, berbicara terus-menerus, dll. Penyesuaian postur tubuh sangat penting, terutama postur saat duduk dan berdiri lama di kelas. Pastikan Anda memiliki area kerja yang baik yang memungkinkan Anda untuk duduk dengan nyaman tanpa memberikan tekanan pada punggung dan bahu Anda. Duduklah cukup jauh dari layar Anda dan pastikan pencahayaan seimbang.

*) Ditulis oleh Kristiani Utomo

Seorang Ibu dari 1 orang anak berumur 2 tahun, mempunyai gelar dalam psikologi - M.Psi pengamat dan bekerja di dunia pendidikan, mempunyai hobi travelling dan kuliner.