Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan pada Anak

Kebiasaan Menjaga Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan pada Anak

Menjaga kebersihan diri menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Hal ini penting dilakukan supaya anak-anak akan selalu terbiasa sampai mereka dewasa nanti.

Meski demikian konsep sanitasi diri maupun lingkungan seperti ini sebaiknya dilakukan dengan cara perlahan sesuai usia anak-anak. Nah dalam prosesnya sendiri, maka pembelajaran yang harus diterapkan juga harus dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Simak Beberapa Trik untuk Menjaga Kebersihan Diri Bagi Anak-Anak

Mengajarkan seorang anak untuk selalu menjaga kebersihan sejak dini bisa menciptakan kebiasaan baik dan bisa melekat seumur hidup mereka. Pasalnya pada usia seperti ini, anak-anak belum memahami bagaimana konsep kebersihan maupun kesehatan.

Pada umumnya anak-anak lebih sering bermain kotor dan mereka berada dalam tahap mengeksplorasi berbagai macam hal di sekitar mereka. Nah sebagai orang tua, maka Anda berperan sangat penting untuk mengajarkan anak menjaga kebersihan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, maka untuk menjaga kebersihan tidak hanya dengan membiasakan mencuci tangan saja. Melainkan masih ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya kebersihan dan kesehatan selalu terjaga.

1. Mengajarkan Agar Rajin Mandi

Menjaga kebersihan diri pada anak bisa diajarkan dengan cara mengajarkannya untuk mandi secara teratur, setidaknya 2 kali sehari. Pasalnya mengajak anak untuk mandi ini memang cukup manantang, sebab ada beberapa anak yang sulit untuk dimandikan.

Oleh karena itu Anda bisa menjadikan mandi ini sebagai aktivitas yang menyenangkan dan membiarkan mereka untuk berendam dalam air busa. Anda juga bisa membilas mereka menggunakan air hangat supaya tidak kedinginan.

2. Rajin Membersihkan Mulut dan Gigi

Pasalnya rajin menyikat gigi tidak hanya berguna untuk mencegah gigi berlubang, melainkan juga untuk menjaga kesehatan mulut. Oleh karena itu ajarkan anak Anda untuk sikat gigi setiap pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari.

Menjaga kebersihan diri dengan seperti ini bisa Anda terapkan dengan cara mengajarkannya. Supaya menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan, maka Anda dapat membebaskan anak untuk memilih pasta gigi dengan rasa yang disukainya.

3. Rajin Cuci Tangan dan Kaki

Selalu rajin mencuci tangan dan kaki merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan anak sejak usia dini. Biasanya sebelum tidur, maka anak-anak akan selalu melakukan berbagai macam kegiatan misalnya seperti bermain.

Maka dari itu mencuci tangan dan kaki sebelum tidur juga bisa menjaga kebersihan pada anak agar kesehatan selalu terjaga. Dengan demikian, maka anak-anak dapat tertidur dengan nyaman dan ada dalam keadaan bersih.

4. Rutin Keramas

Menjaga kebersihan diri pada anak juga bisa dilakukan dengan cara mengajarkan mereka untuk mencuci rambut alias keramas. Anda bisa mengajarkan anak seperti ini setidaknya selama 3 kali dalam seminggu.

Apalagi saat anak mulai beranjak remaja, maka hormon pubertas pun akan langsung meningkat sehingga bisa membuat rambut berminyak. Oleh karena itu Anda bisa mengajarkan anak untuk selalu mencuci rambut mereka menggunakan shampoo.

Lihat juga : Cara Tepat Mengajarkan Anak Menjaga Kebersihan Sekolah

Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga mengajarkan anak agar mereka selalu membersihkan organ reproduksi mereka. Sebab ini juga sangat penting dilakukan agar anak terbiasa sampai mereka remaja dan dewasa nanti.

Beberapa cara menjaga kebersihan diri pada anak seperti ini penting dilakukan supaya mereka terhindar dari berbagai macam penyakit. Sehingga Anda sebagai orangtua harus selalu memantau anak dan mengajarkannya untuk terus menjaga kebersihan mereka masing-masing.