Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penerapan Metode SQ3R dalam Membaca Pemahaman

Penerapan Metode SQ3R dalam Membaca Pemahaman

Prosedur pelaksanaan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) juga diungkapkan oleh Syah (2010: 142) sebagai berikut: tahap pertama survey, pada tahap ini pembaca memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks. Tahap kedua yaitu question, dilakukan setelah memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks kemudian selanjutnya menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks. 

Lihat juga : 7 Tips Bagi Guru untuk Membentuk Kemampuan Literasi Siswa

Tahap ketiga, read, tahap ini adalah tahap dimana pembaca membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun. Tahap keempat recite, setelah menjawab pertanyaan yang telah disusun, tahap recite dimaksudkan untuk menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan. Tahap kelima atau terakhir review, tahap ini dimaksudkan untuk meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah kedua.

Berikut adalah pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R dalam penelitian ini.

1) Survey (memeriksa)

Peserta didik  diminta untuk memeriksa atau meneliti struktur teks bacaan secara sekilas. Kegiatan survey meliputi membaca judul bacaan, membaca kalimat pertama dan terakhir tiap paragraf. Dalam melakukan survey peserta didik  dianjurkan menyiapkan pensil, kertas, dan alat pembuat ciri (berwarna kuning, hijau dan sebagainya) seperti stabilo untuk menandai bagian yang penting untuk mempermudahkan proses penyusunan daftar pertanyaan pada tahap selanjutnya.

2) Question (bertanya)

Peserta didik  diminta untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat dan relevan dengan bagian-bagian teks yang telah ditandai pada langkah pertama. Pertanyaan tersebut dapat menggunakan kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Selanjutnya pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat diperiksa oleh guru dan ditulis di papan tulis untuk disetujui bersama peserta didik .

3) Read (membaca)

Peserta didik  diminta membaca keseluruhan teks bacaan secara aktif untuk memahami isi teks bacaan, menemukan hal-hal penting dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun pada tahap question. Dalam hal ini membaca secara aktif juga berarti membaca yang difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan relevan dengan pertanyaan yang telah tersusun.

4) Recite (memahami)

Pada kesempatan ini peserta didik  dilatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat, mengingat kembali informasi yang telah diperoleh, dan intisari dari bacaan dan disusun menjadi sebuah catatan.

5) Review (mengulangi)

Pada langkah kelima atau langkah terakhir peserta didik  diminta meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat, dan membaca intisari yang telah dibuatnya.