Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mendorong Siswa Untuk Berpikir Logis dan Sistematis

Tips Mendorong Siswa Untuk Berpikir Logis dan Sistematis

Tips mendorong siswa untuk berpikir logis dan sistematis perlu guru lakukan dengan cara sabar dan jangan terlalu menekan. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada mental anak jika Anda terlalu menekannya.

Berpikir logis bukan hanya sekedar konsep saja, melainkan berpikir logis adalah suatu model kehidupan nyata dimana pribadi bisa membangun keterampilan untuk memecahkan masalah di lingkungan yang di tempati sekarang ini.

Secara umum, berpikir logis yaitu akal pikiran manusia telah diutarakan melalui rangkaian kata dinyatakan dalam bahasa.

Inilah Tips Mendorong Siswa Untuk Berpikir Logis dan Sistematis!

Dalam mendorong siswa untuk berpikir logis dan sistematis ini memang terdapat banyak cara bisa guru lakukan. Memang setiap individu membutuhkan pola pikir bisa membangun, mengatasi permasalahan hidup, membantu mereka dalam menghadapi masalah kegagalan, serta membantu menyikapi setiap kejadian yang akan dihadapi masa mendatang.

Maka dari itu, untuk menghadapi setiap permasalahan dan kondisi tersebut setiap individu harus punya kemampuan berpikir logis. Hal ini tentu juga akan dialami siswa dalam proses kegiatan belajar. Adapun cara dan tips usaha dalam rangka menyokong siswa agar berpikir logis dan sistematis berikut ini.

Melakukan Hobi Kreatif

Melakukan hobi kreatif merupakan cara pertama guna melakukan mengasah kemampuan berpikir logis siswa. Hobi yang kreatif bisa dilakukan siswa misalnya seperti menulis, menggambar, dan membuat musik.

Hobi tersebut bisa merangsang otak dan membantu siswa dalam berpikir logis, kritis, dan sistematis. Jadi dengan melakukan hobi kreatif ini, siswa akan menjadi lebih berkonsentrasi dalam mengerjakannya. Selain itu, juga bisa membantu siswa dalam mengurangi rasa stres, penat, dan pemikiran membuatnya tertekan.

Dorong Siswa untuk Menjelaskan

Strategi pembelajaran guna untuk meningkatkan skill atau keterampilan berpikir siswa yakni dengan mendorong menjelaskan jawaban atau tindakan mereka. Hal ini bisa mencegah siswa untuk menjadi plin-plan dan mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Ajaklah siswa untuk memanfaatkan pengetahuannya dan keterampilan untuk memberikan penjelasan, alasan membuat kesimpulan akan hal itu. Cara ini bisa dilakukan satu atau dua kali saja. Guru pintar harus melakukan secara berulang kali sehingga membentuk pola dan kebiasaan akan selalu dilakukan pada masa datang.

Melakukan Kebiasaan untuk Bertanya

Sering melakukan tanya jawab ketika proses belajar dimulai adalah cara yang bisa guru lakukan dalam melatih kemampuan berpikir logis oleh siswa. Bisa dengan mengajukan sebuah pertanyaan sebelum kelas dimulai atau ketika guru telah selesai memberikan materi pembelajaran.

Maka Anda bisa mengasah kemampuan berpikir siswa dan mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa

Cara ke empat adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Langkah ini bertujuan untuk membuat siswa mempunyai sudut pandang lebih luas.

Ketika mempunyai empati dan simpati terhadap orang lain, siswa tidak akan terlalu egois.  Jadi dengan memakai sudut pandang orang lain, kemampuan berpikir logisnya akan lebih mudah berkembang dan membuat siswa lebih fair dalam menilai sesuatu.

Melakukan Proyek Kreatif

Melakukan proyek kreatif menjadi tips mendorong siswa untuk berpikir logis dan sistematis terakhir yang wajib guru coba. Misalnya dalam membuat suatu alat atau benda dibuat dengan menggunakan bahan bekas.

Maka dalam kesempatan ini siswa akan mempelajari hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Mulai dari manfaat bahan telah digunakan, cara pembuatannya, dan keuntungan akan didapatkan.

Para guru baik SD hingga SMK wajib banget menerapkan beberapa tips mendorong siswa untuk berpikir logis dan sistematis di atas tersebut harus Anda terapkan pada semua peserta didik.