Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengolah Nilai Raport Paling Efektif dan Efisien

Tips Mengolah Nilai Raport Paling Efektif dan Efisien

Tips mengolah nilai raport penting untuk diperhatikan oleh semua tenaga pengajar. Dalam sebuah institusi pendidikan, wajib untuk memberikan laporan kemajuan penguasaan kompetensi dari dari peserta didiknya. Laporan ini akan diberikan kepada para orang tua siswa minimal 2 kali dalam satu tahun.

Lihat juga : Inilah yang Perlu Dibahas Guru saat Orangtua Ambil Rapor Anak

Pada umumnya, laporan tersebut akan diberikan pada akhir semester 1 dan 2. Penilaian pembelajaran tersebut nantinya yang akan menentukan apakah siswa tersebut mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat berikutnya atau tidak.

Beberapa Tips Mengolah Nilai Raport

Pengolahan nilai siswa pada umumnya meliputi data siswa yang terdiri dari nilai harian, nilai mid semester, hingga nilai semester. Pengolahan ini menggunakan sistem komputerisasi supaya dapat menyajikan suatu informasi secara lebih cepat, tepat, serta akurat sesuai dengan yang diperlukan.

Nilai yang tertera pada buku rapor merupakan nilai akhir proses pembelajaran selama satu semester. Ketiga kegiatan yang meliputi nilai ulangan harian dan tugas, ulangan tengah semester, serta ulangan semester akan diolah dengan menggunakan formulasi khusus.

Berikut ini sejumlah tips dan trik dalam pengolahan nilai raport antara lain

Rencanakan Tes dalam Jangka Waktu Tertentu

Langkah pertama yang perlu para guru lakukan adalah dengan menentukan berbagai jenis tes yang diperlukan dalam 1 kompetensi dasar. Utamanya, para pendidik harus menilai apakah perencanaan tersebut telah mampu memberikan gambaran yang tepat dan sesuai terkait dengan penguasaan peserta didik terhadap kompetensi dasar tersebut.

Pada umumnya, tes ini diberikan di awal tahun pembelajaran dan akan dipersiapkan setiap administrasinya. Jika sudah dijalankan dengan baik, maka para guru dapat mempunyai bayangan tentang bagaimana cara mengolah nilai pada tahapan selanjutnya.

Hadirkan Pertanyaan Sesuai dengan Kompetensi Dasar

Dalam membuat suatu ujian yang bertujuan untuk menilai siswa apakah telah menguasai kompetensi dasar, maka para guru harus membuat kisi-kisi pertanyaan yang akan diajukan.

Jika tidak adanya pengerjaan tahap ini, maka pada akhirnya para guru akan menuliskan pertanyaan yang berbeda jauh dengan kompetensi dasar. Sehingga tidak dapat menggambarkan penguasaan siswa terhadap kompetensi tersebut.

Maka seringkali dilakukan proses remedial pembelajaran atau ujian. Hal ini pada umumnya akan dapat menghambat tahapan pengolahan nilai yang akan segera dilakukan oleh para guru.

Kumpulkan Nilai Segera

Tips mengolah nilai raport selanjutnya adalah memerlukan adanya kedisiplinan yang cukup tinggi dari para siswa dan guru. Terkadang jika tes yang dilakukan bersama dengan orang tua di rumah seringkali terdapat hambatan untuk mengumpulkan secara tepat waktu sesuai dengan jadwal guru. 

Jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan tercecernya hasil penilaian tersebut. Sehingga proses pengumpulan nilai tidak dapat berlangsung pada hari itu juga.

Kumpulkan Data dalam Satu Sistem

Usahakan untuk mengumpulkan keseluruhan nilai ke dalam satu sistem yang telah terorganisir. Guru dapat mengumpulkan secara manual atau menggunakan aplikasi pengolahan angka.

Sebaiknya para guru mempelajari penggunaan aplikasi pengolah angka. Sehingga para guru akan lebih efisien serta tidak memerlukan waktu yang lama dalam pengolahan nilai raport.

Salah satunya melalui program Excel yang memiliki program sederhana untuk menghasilkan hasil akhir dalam waktu yang cukup singkat, cepat, dan akurat.

Tips mengolah nilai raport paling penting lainnya adalah jangan menunda dalam proses pengolahan nilai tagihan siswa. Selesaikan saat itu juga, sehingga waktu tidak akan terbuang sia-sia. Selain itu, juga dapat meminimalisir potensi tercecernya berkas yang digunakan dalam pengambilan nilai siswa tersebut.