Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Mulai tahun pelajaran 2022/2023 mulai diimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar. Guru mapel Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) harus segera melengkapi administrasi, perangkat dan program pembelajaran Kurikulum Merdeka. Program Semester atau PROSEM Kurikulum Merdeka SD merupakan perangkat pembelajaran yang harus guru mapel PJOK susun dengan tepat. 

SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem mata pelajaran PJOK Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum Merdeka, Promes Kelas 4 SD disusun menggunakan pendekatan mapel. Prosem mata pelajaran PJOK kelas 4 disusun selama kurun waktu satu semester. Prosem berisi materi ajar untuk kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas maupun lapangan. 

Lihat juga : Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Prosem Kelas 4 mapel PJOK merupakan perangkat pembelajaran yang hurus guru buat agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. Program semester PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar sesuai dengan waktu pada kalender pendidikan (kaldik) dalam satu semester.

Orientasi pembelajaran PJOK pada struktur Kurikulum Merdeka berubah menjadi mata pelajaran yang dijadikan lebih banyak praktik dengan hanya sedikit teori. Pembelajaran olahraga berisi kegiatan untuk kebugaran. Karena itu pada Kurikulum Merdeka tidak ada buku teks mata pelajaran PJOK.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran PJOK kelas 4:

  1. peserta didik dapat memahami berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan invasi diantaranya Permainan sepak bola, menendang/mengoper, menghentikan, dan menggiring bola dengan benar. Permainan bola tangan: melempar/mengoper, menangkap, dan menggiring bola dengan benar.
  2. peserta didik dapat memahami berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan net diantaranya  dan pukulan backhand dengan benar.Permainan tenis meja: memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan dan backhand dengan benar.
  3. peserta didik dapat memahami berbagai  variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai permainan lapangan diantaranya, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang hinggap, dan mematikan lawan dengan benar.Permainan bola bakar: melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang hinggap, dan mematikan lawan dengan benar.
  4. peserta didik dapat memahami berbagai  variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai beladiri diantaranya pencak silat: kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran dengan benar. Karate: kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, kihon, kata, dan komite dengan benar.
  5. peserta didik dapat memahami berbagai  variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai olahraga atletik diantaranya Jalan cepat:  dan memasuki garis finis dengan benar.Lompat jauh: awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat dengan benar.Tolak peluru: memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru dengan benar.
  6. peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan berbagai  variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam berbagai olahraga tradisional anak Indonesia diantaranya:  permainan egrang, balap karung, mendorong ban, bakiak atau sandal raksasa, dan lain-lain dengan benar
  7. peserta didik dapat memahami pola langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak dengan benar. peserta didik dapat memahami  pola langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi, dan irama gerak mengarah pada tarian daerah dengan benar.
  8. peserta didik dapat memahami berbagai variasi pola gerak dominan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan benar.Pada akhir fase ini peserta didik dapat memhami variasi berbagai pola gerak dominan senam lantai dengan mengguna-kan alat dengan benar
  9. peserta didik dapat memahami gerak dasar pengenalan air, gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya dada menempuh jarak 15 meter dengan benar
  10. peserta didik dapat memahami dan mampu menerapkan konsep pemeliharaan kebersihan dan kesehatan alat reproduksi, serta kesehatan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular sesuai dengan pola perilaku hidup sehat.

Download Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Mapel PJOK

Dengan mempunyai Promes PJOK Kelas 4 bisa mempermudah guru mapel PJOK dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seperti apa sih dan bagaimana tampilan dari Promes Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD? Berikut Prosem mapel PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem PJOK Kelas 4 bisa didownload melalui tautan berikut ini:

PROMES PJOK KLS 4 KURIKULUM MERDEKA

Promes mapel PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka tersebut bisa guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem mapel  PJOK Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 tersebut berformat Excel yang dapat Anda edit menyesuaikan dengan kondisi sekolah.