Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Alasan Guru Harus Kreatif dalam Membuat Media Pembelajaran

5 Alasan Guru Harus Kreatif dalam Membuat Media Pembelajaran

Ada banyak alasan guru harus kreatif dalam membuat media pembelajaran. Sebagaimana yang kita tahu, guru berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, guru harusnya tidak sembarangan dalam memberikan pembelajaran.

Ini Dia Alasan Guru Harus Kreatif dalam Membuat Media Pembelajaran

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa guru dituntut kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran. Pastikan Anda menyimaknya sampai usai agar tak ada yang terlewatkan.

1. Memudahkan Problem Solving

Tentu bukan rahasia lagi apabila guru dituntut untuk memiliki kreativitas di berbagai bidang. Salah satunya dalam membuat media pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang baik dan kreatif, maka guru bisa lebih mudah dalam mengatasi berbagai masalah.

Baik itu masalah yang berkaitan dengan siswa di kelas maupun di luar sekolah. Masalah pun tidak akan berlarut-larut dan diabaikan begitu saja. Apabila dibiarkan saja, maka akan berdampak semakin serius.

2. Mengatasi Kebosanan

Selain memudahkan dalam mengatasi masalah, kreativitas dengan membuat media pembelajaran juga akan memudahkan guru untuk menangani rasa bosan anak didiknya. Tentu menjadi hal yang lumrah apabila anak didik merasa bosan dengan media pembelajaran yang itu-itu saja.

Dengan sentuhan inovasi baru, anak didik akan merasa penasaran dan terus mengikuti materi pembelajaran secara baik. Fokus anak didik tak akan terpecah sehingga mampu menangkap materi yang disampaikan secara lengkap. Hal ini secara tak langsung bisa meningkatkan kemampuan akademiknya.

3. Berupaya Meningkatkan Prestasi

Alasan lainnya kenapa guru dituntut untuk kreatif dalam membuat media pembelajaran yaitu berupaya meningkatkan prestasi. Dengan media pembelajaran yang terus berinovasi, maka akan meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar.

Hal ini jelas akan berdampak baik bagi prestasinya. Guru sama saja telah membantu memfasilitasi tumbuh kembang kemampuan berpikir anak didik yang dibimbingnya.

4. Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Sebelumnya

Perlu Anda ketahui bahwa guru yang senantiasa kreatif dalam membuat media pembelajaran seringkali dilandasi dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sebelumnya. Mungkin saja pembelajaran yang dilakukan sebelumnya dirasa kurang efektif dan hasilnya belum sesuai harapan.

Oleh karena itu, adanya kreativitas dalam membuat media pembelajaran, diharapkan bisa membuat kualitasnya menjadi lebih baik, efektif, dan memuaskan. Hal ini juga berdampak positif pada anak didik.

5. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan

Guru harus kreatif dalam membuat media belajar dengan alasan supaya bisa mengembangkan ilmu pengetahuan secara baik. Bukan hanya ilmu pengetahuan saja, melainkan juga wawasan. Ilmu ini tentu saja akan berguna dalam kehidupan, baik itu di masa sekarang maupun masa mendatang.

Lihat juga : Ciri Guru Merdeka Memiliki Pemikiran Sebagai Guru Pemenang

Ada banyak alasan guru harus kreatif dalam membuat media pembelajaran. Hal yang pasti, semua alasannya bertujuan untuk mengarahkan dunia pendidikan agar lebih maju. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengajar, pastikan turut memperhatikan poin-poin di atas secara seksama.