Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ciri Guru Merdeka Memiliki Pemikiran Sebagai Guru Pemenang

Ciri Guru Merdeka Memiliki Pemikiran Sebagai Guru Pemenang

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat ciri guru merdeka yang dapat menciptakan perubahan. Guru adalah salah satu profesi yang sangat mulia. Bahkan, ada anggapan bahwa guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Meski demikian, untuk menjadi seorang guru merdeka juga tidaklah mudah. Guru merdeka belajar yakni guru yang memiliki kebebasan untuk belajar. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pendidikan, maka kalimat ini sudah tidak asing lagi.

Lihat juga : Membangkitkan Motivasi Siswa Melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hal ini sesuai dengan kebijakan Kurikulum Merdeka untuk menciptakan guru merdeka dan siswa yang merdeka. Implementasinya sebagai guru yang dapat menggerakkan perubahan bagi mutu pendidikan anak-anak Indonesia.

Ketahui Beberapa Ciri Guru Merdeka Belajar

Dalam hal ini mengetahui guru merdeka belajar sangat penting. Guru yang berkompeten dan menakjubkan untuk memberi pembelajaran. Guru mendapatkan kebebasan dengan batasan tertentu untuk dapat membangun kelas yang para siswa butuhkan.

Tentunya yang tetap mengacu kepada pemenuhan profil pelajar pancasila. Hal ini untuk dapat menciptakan siswa yang memiliki profil berakhlak mulia, berkebhinekaan global, dan mandiri. Bahkan dapat bergotong royong, bernalar kritis, serta kreatif. Berikut ini adalah ciri-ciri guru merdeka belajar yang dapat menciptakan perubahan bagi anak Indonesia.

Memiliki Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Guru yang memiliki kebebasan yang berkekuatan atau keterberdayaan. Guru juga harus memiliki kebebasan dalam pengetahuan, pengalaman dan motivasi. Tak hanya itu, namun guru juga memiliki kebebasan yang tetap berpedoman pada komitmen dan kesepakatan. Hal ini yang artinya kebebasan tetap berpedoman dengan norma-norma yang berlaku. Baik itu norma agama, adat istiadat dan etika atau kode etik keguruan juga harus dijaga.

Keberanian Menghadapi Tantangan

Guru harus berani berinovasi dan mencari ide segar untuk keberhasilan dirinya dalam mengajar murid-muridnya. Selain itu, guru juga harus membangun kultur yang memiliki ciri khas seperti energy, semangat, ketetapan hati, inspirasi dan inovasi.

Memiliki Pemikiran Sebagai Guru Pemenang

Ciri guru merdeka lainnya yakni memiliki pemikiran sebagai guru pemenang. Guru harus memiliki mental tangguh dalam memperjuangkan kebaikan. Guru tersebut harus memiliki sikap dan kepercayaan diri yang kuat serta konsisten. Bahkan juga berlaku disiplin  dan memiliki daya juang yang konsisten dalam kehidupannya sehari-hari

Praktik Mencontohkan Caranya

Guru merdeka merupakan guru yang tidak pernah meminta muridnya untuk mengerjakan suatu tugas yang mana guru tersebut enggan melakukannya. Guru harus menjadi model dari perilaku untuk mengajar dan mendidik muridnya agar dapat mencapai tujuan dalam pendidikan. Tentu saja akan sangat sulit apabila dalam membimbing perilaku seorang murid, sementara guru enggan mencontohkan terlebih dahulu sikap-sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki Jati Diri yang Memantik Perubahan

Guru harus memiliki sikap mental yang positif dengan tetap berkeyakinan bahwa setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing. Guru harus mempunyai kepercayaan diri dengan ide serta caranya mengajar tentu akan berhasil. Seorang guru juga harus tetap belajar dalam meningkatkan kemampuan dalam keilmuannya. Pastikan tidak merasa dirinya sudah matang dan tidak perlu belajar lagi. Hal ini justru akan membuat guru tidak akan berkembang, bahkan mengalami penurunan.

Guru juga harus dapat memotivasi muridnya untuk terus bersemangat dalam belajar. Tujuannya agar murid selalu antusias menerima pelajaran dan tugas yang guru berikan. Tak hanya itu, guru harus membesarkan hati saat murid-muridnya berkecil hati. Bahkan harus mendorong harapan kepada murid-murid bahwa setiap orang memiliki kelebihan dalam dirinya.

Pada dasarnya ciri guru merdeka ini berasal dari kekuatan karakter. Kekuatan ini akan semakin sempurna dengan terus meningkatkan pengetahuan agar seorang guru memiliki kekuatan untuk merdeka.