Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Menjadi Seorang Guru Juga Harus Memiliki Sifat Rendah Hati?

Mengapa Menjadi Seorang Guru Juga Harus Memiliki Sifat Rendah Hati

Seorang guru harus memiliki kepribadian yang baik. Selain itu, menjadi seorang guru juga harus memiliki sifat rendah hati. Sebab orang yang rendah hati tidak akan menyombongkan diri di hadapan manusia lain. Untuk menjalankan tugas mendidik anak-anak, seorang guru mutlak harus memiliki sifat rendah hati.

Untuk Menjadi Seorang Guru Juga Harus memiliki Sifat Rendah Hati

Tawadhu' atau rendah hati merupakan sikap patuh kepada Allah dan menyayangi terhadap sesama. Seorang guru yang mempunyai sifat rendah hati tidak akan menyombongkan kemampuan dan kelebihan yang terdapat pada dirinya. Dengan memiliki sifat rendah hati akan menciptakan keharmonisan antara guru dan murid.

Lihat juga : Sikap Guru yang Diam-Diam Disukai Murid

Sehingga seorang guru dituntut untuk memiliki sifat ini dalam tugasnya mendidik anak-anak. Profesi guru pendidik bersifat dan tidak akan jauh dari pengajaran, ilmu, dan pengarahan. Selain itu, seorang guru juga harus memiliki kualitas komunikasi yang baik dengan anak didik sehingga akan mendekatkan secara personal. Dengan begitu anak-anak akan senang bertanya dan berdiskusi. 

Dengan Rendah Hati Murid Menjadi Semangat

Dalam perkembangan fisik dan jiwanya, anak-anak memiliki rentang waktu. Oleh sebab itu, kadang seorang murid juga ingin dibanggakan dan memperoleh kasih sayang dari seorang pendidik. Dengan sikap rendah hati yang dimiliki seorang guru akan memberikan perhatian kepada anak didik sesuai harapan.

Menjadi seorang guru juga harus memiliki sifat rendah hati sebab anak didik akan merasa dekat dengan guru bahkan merasa memperoleh penghargaan. Dengan begitu akan tertanam gairah belajar yang kuat dalam menjalani proses belajar mengajar.

Seorang guru harus memberikan teladan yang baik terhadap anak didik. Sehingga, seorang guru yang memiliki sifat rendah hati akan memberi contoh yang baik.

Manfaat Sifat Rendah Hati

Dengan memiliki kerendahan hati memungkinkan Anda untuk menyadari kekurangan pada diri sendiri. Sehingga Anda akan lebih terbuka dan dapat menerima masukan. Selain itu, dengan ketersediaan dan keterbukaan akan mendorong semangat untuk berkembang dan belajar. Kerendahan hati akan menjadikan pribadi yang jauh lebih baik. Berikut ini manfaat yang Anda dapatkan.

1. Dengan Rendah Hati Mendorong Kreativitas dalam Pembelajaran

Kerendahan hati akan berperan penting dalam proses belajar mengajar. Selain itu, kerendahan hati berperan dalam menerima informasi serta ide-ide baru yang dikembangkan. Sehingga, kreativitas akan muncul serta dapat menjawab semua pertanyaan.

2. Rendah Hati Membantu untuk Menemukan Tujuan

Target guru pendidik dari mengajar adalah mampu meraih tujuan. Jika pendidik jauh dari sifat tawadhu', maka tujuan akan sulit untuk dicapai. Tanpa kerendahan hati seorang guru akan sulit untuk dekat dan bergaul dengan anak.

Akan sulit untuk mengetahui problematika yang menjadi penghambat anak mencapai tujuan belajarnya. Namun jika pendidik dekat dengan anak, maka akan mudah mengevaluasi metode pengajaran, merumuskan, sistematika, gaya belajar, dan penyajian materi yang menjadi masalah anak.

Seorang guru harus yakin bahwa sifat tawadhu' selain akan bermanfaat untuk profesi dan diri sendiri, juga dapat bermanfaat bagi anak didik serta memberikan efek positif. Dengan sifat ini akan mendekatkan anak-anak dengan seorang guru.

3. Rendah Hati Akan Memiliki Pola Pikir Berkembang

Dengan kerendahan hati seseorang akan memiliki pola pikir yang berkembang. Yaitu Anda akan melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan terus belajar. Seseorang yang tidak memiliki sifat rendah hati akan beranggapan bahwa dirinya lebih unggul serta lebih baik dari orang lain.

Dengan sifat rendah hati ini akan membuat Anda menyadari kelemahan yang dimiliki dan memberikan ruang untuk bisa berkembang.

Itulah alasan mengapa menjadi seorang guru juga harus memiliki sifat rendah hati. Dengan rendah hati akan menjadikan teladan untuk anak didik serta mempermudah dalam proses pembelajaran.