» » » » Cara Mudah Registrasi Aplikasi Dapodik Baru 2013

Cara Mudah Registrasi Aplikasi Dapodik Baru 2013

Setelah Aplikasi Dapodik 2013 diinstal di komputer/laptop langkah selanjutnya agar Aplikasi bisa digunakan untuk menjaring data adalah registrasi. Proses registrasi Dapodik 2013 ini dilakukan oleh salah seorang guru atau tenaga kependidikan yang ditugaskan sebagai operator Aplikasi Dapodik 2013.

Untuk registrasi dibutuhkan kode registrasi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah. Setiap sekolah memiliki kode registrasi yang sendiri-sendiri dan berbeda dengan kode registrasi Aplikasi Dapodik tahun sebelumnya. Kode registrasi ini sebagai kunci untuk memuat data sekolah.

Langkah-langkah Registrasi Aplkasi Dapodik Terbaru 2013
1. Klik ikon menu Aplikasi Dapodik 2013 yang ada di dekstop komputer/laptop. Setelah itu akan muncul halaman seperti ini, yaitu menu login dan registrasi.

Klik Registrasi

2. Klik tombol Registrasi, kemudian isi form registrasi yang meminta data Operator sekolah, seperti: Nama lengkap, username, password, no HP, dan yang terakhir Kode Registrasi.

Klik Simpan

3. Setelah semua terisi, klik Simpan dan tunggu sampai proses registrasi selesai. Jika sudah berhasil Anda sudah bisa login dengan data username (email) dan password yang sudah dimasukan/dibuat saat registrasi. Setelah berhasil login, seperti inilah tampilan Aplikasi Dapodik Baru 2013 itu.

Tampilan Aplikasi Dapodik

Pendataan melalui Aplikasi Dapodik ini merupakan amanat Instruksi Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 02 Tahun 2011. Data sekolah, guru, dan siswa yang masuk dijadikan dasar kebijakan pendidikan seperti pemberian segala jenis tunjangan (tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus), bentuk bantuan lainnya, seperti BOS, BSM, dan sebagainya.



SekolahDasar.Net | 24 Oktober 2013
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA