Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Siswa Menangis Saat Dinasihati Guru

Cara Mengatasi Siswa Menangis Saat Dinasihati Guru Ini!
Tak perlu khawatir menghadapi siswa yang menangis saat dinasihati. Berikut cara mengatasi siswa menangis saat dinasihati guru.

Apa yang akan Anda lakukan jika melihat siswa melakukan kesalahan? Secara tidak langsung pasti Anda akan menasihati siswa tersebut. Tetapi adakalanya siswa yang sedang dinasihati menjadi menangis. Nah, agar suasana tidak semakin panas, berikut cara mengatasi siswa menangis saat dinasihati guru.

Mengatasi Siswa Menangis di Sekolah


Menangis menjadi reaksi yang umum terjadi untuk menumpahkan emosi yang tidak tersalurkan. Hanya saja terkadang reaksi tersebut terjadi ketika siswa melakukan kesalahan, sehingga timbul rasa takut saat dinasihati.

Sebagai seorang guru, pastinya Anda ingin memberikan pelajaran berharga melalui nasihat yang diberikan kepada siswa. Hanya saja, reaksi tiap siswa akan berbeda-beda. Beberapa siswa mungkin akan menangis saat Anda nasihati.

Anda tidak perlu khawatir karena siswa yang menangis hanya untuk meluapkan emosinya. Agar Anda bisa sedikit tenang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menasihati siswa.

1. Berikan Waktu


Agar siswa menjadi lebih tenang, Anda bisa memberikan waktu menangis hingga seluruh emosinya terluapkan. Sebaiknya Anda tidak memberikan nasihat kepada siswa terlebih dahulu agar emosi siswa segera tuntas.

Dengan memberikan waktu, siswa juga dapat berpikir mengenai kesalahan yang sudah dilakukannya. Hal ini akan bermanfaat bagi emosional siswa yang menjadi lebih stabil.

Selain itu, memberikan waktu untuk siswa juga berguna untuk perkembangan psikisnya. Siswa yang cenderung memiliki emosi yang kurang stabil dapat menggangu konsentrasinya belajarnya. Hal ini tentunya akan berdampak pada prestasi belajarnya di sekolah.

2. Ajak Berkomunikasi


Setelah emosi siswa stabil dan tangisan siswa mulai mereda, Anda bisa memulai berbicara kepada siswa tersebut. Berikan pemahaman bahwa Anda sedang menasihati siswa tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama di waktu yang akan datang.

Memberikan pemahaman yang benar kepada siswa dapat menjadi salah satu cara mengatasi siswa menangis saat dinasihati guru. Cara ini bisa dianggap berhasil jika Anda tidak menyudutkan siswa yang bersalah dan mengutarakannya dengan bahasa yang halus.

Hindari memberikan penekanan pada kata-kata yang Anda ucapkan untuk menghindari trauma pada siswa. Selain itu, berikan pula kesempatan siswa untuk mengutarakan perasaannya saat Anda nasihati.

3. Berikan Kesempatan untuk Bicara


Agar siswa tidak memendam emosinya sendiri, Anda perlu memberikan kesempatan siswa untuk berbicara. Berikan waktu yang cukup hingga emosi siswa benar-benar sudah terluapkan.

Anda juga perlu mengajak diskusi siswa tentang kesalahan yang sudah dirinya perbuat. Anda bisa bertukar pendapat dengan siswa tentang bagaimana dirinya bertindak seharusnya di lingkungan sekolah.

Gali juga penyebab mengapa dirinya bisa bertindak seperti yang sudah dilakukannya tersebut. Anda bisa meminta pendapat apakah tindakannya sudah tepat ataukah hanya untuk melampiaskan nafsu dan emosinya saja.

Dengan mengajak siswa berdiskusi akan membuat siswa bisa berpikir lebih dewasa. Siswa menjadi tahu tentang kesalahannya, sehingga dirinya tidak akan melakukan hal serupa di kemudian hari.

4. Minta Maaf


Anda tidak perlu menunggu lebih dahulu siswa meminta maaf kepada Anda dikarenakan emosinya yang belum stabil. Siswa yang menangis membutuhkan waktu untuk berpikir dan terkadang antara memiliki tipe yang berbeda.

Meskipun siswa yang sudah melakukan kesalahan, Anda bisa meminta maaf kepada siswa karena telah membuatnya menangis. Siswa yang menangis mungkin disebabkan karena ketakutan ketika Anda panggil dan dinasihati.

Ketika Anda meminta maaf terlebih dahulu, bukan berarti kesalahan sepenuhnya berasal dari diri Anda sendiri. Dengan meminta maaf terlebih dahulu justru akan membuat siswa lebih menghormati Anda dan wibawa sebagai guru tetap terjaga.

5. Sabar


Ketika menghadapi siswa yang menangis saat dinasihati, kunci utama yang harus dilakukan adalah bersabar. Hal ini dikarenakan tidak semua siswa yang dinasihati akan menahan emosinya. Selain itu, reaksi tiap siswa saat dinasihati pun juga berbeda.

Anda tidak perlu membanding-bandingkan reaksi siswa yang dinasihati dengan siswa yang lain. Membanding-bandingkan siswa justru akan membuat siswa merasa minder dan semakin takut saat berhadapan dengan Anda.

Cara mengatasi siswa menangis saat dinasihati guru di atas dapat Anda jadikan referensi ketika Anda sedang menghadapi kondisi tersebut. Harap menghadapinya dengan kepala dingin dan jangan sampai melibatkan emosi yang akan membuat Anda menjadi kehilangan kendali.

Berlangganan via Email