Cara Mengubah Benci Menjadi Suka dengan Pelajaran Tertentu
Cari Berita

Atas


Cara Mengubah Benci Menjadi Suka dengan Pelajaran Tertentu

Selasa, 14 April 2020

Tidak semua siswa suka dengan pelajaran yang Anda ajarkan. Cara mengubah benci menjadi suka dengan pelajaran tertentu ini bisa dicoba.

Anda memiliki siswa yang tidak suka dengan pelajaran yang diajarkan? Anda bisa melakukan cara untuk membuat siswa menjadi suka dengan pelajaran yang dibencinya. Nah, untuk mempermudah Anda berikut cara mengubah benci menjadi suka dengan pelajaran tertentu, berikut langkah yang bisa Anda coba.

Mengubah Sikap Siswa yang Benci dengan Pelajaran Tertentu


Membuat siswa menjadi suka terhadap pelajaran yang dibencinya memang tak mudah. Anda harus melakukan cara-cara kreatif yang akan membuat siswa tertarik dengan pelajaran yang dibencinya.

1. Ketahui Penyebab Siswa Tidak Suka Pelajaran Tertentu


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui penyebab siswa benci dengan pelajaran tertentu. Anda perlu mendekati siswa secara personal. Jangan terburu-buru untuk menanyakan penyebabnya, Anda bisa berbasa-basi terlebih dahulu dan buat siswa nyaman saat berbicara dengan Anda.

Setelah siswa nyaman dan tidak merasa diinterupsi, Anda bisa mulai menanyakan penyebab dirinya tidak menyukai pelajaran tertentu. Hindari memberikan solusi secara langsung pada siswa tersebut.

Sebaiknya Anda mengajak diskusi siswa sehingga siswa tahu konsekuensi yang akan terjadi jika dirinya terus-menerus tidak menyukai pelajaran tersebut. Selain itu, siswa juga dapat berpikir secara mandiri, bagaimana solusi agar dirinya menyukai pelajaran yang sebelumnya dibenci.

2. Cari Tahu Gaya Belajar Siswa


Ada kemungkinan siswa kurang menyukai pelajaran tertentu karena memiliki gaya belajar yang berbeda dengan teman-temannya. Jika pengajaran yang diberikan guru tidak sesuai seperti hanya berbicara saja, tentu saja hal ini akan berpengaruh pada rasa tidak suka siswa pada pelajaran tersebut.

Misalnya, jika dirinya cenderung kepada gaya belajar kinestetik. Ketika cara mengajar tidak sesuai dengan gaya belajar anak akan membuat anak merasa bosan dan menjadi benci dengan pelajaran tersebut.

Cara mengubah benci menjadi suka dengan pelajaran tertentu ini bisa dilakukan jika Anda mengetahui gaya belajar siswa. Anda bisa melihat panduan karakteristik gaya belajar anak, sehingga Anda tahu gaya belajar yang dominan ada pada siswa tersebut.

3. Buat Suasana Kelas Menjadi Nyaman


Agar siswa yang membenci pelajaran tertentu menjadi suka, Anda bisa membuat suasana kelas menjadi lebih nyaman. Anda bisa mengubah ruangan kelas menjadi hal yang tidak biasanya. Misalnya, jika biasanya bangku dibuat menghadap ke papan tulis, Anda bisa meminta untuk membuat bangku melingkar, sehingga fokus para siswa semuanya tertuju pada pusat lingkaran tersebut.

4. Ubah Metode Mengajar


Salah satu pemicu siswa benci dengan pelajaran tertentu adalah siswa tidak menyukai gaya mengajar yang diberikan. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa mengubah metode mengajar agar lebih menyenangkan bagi siswa yang membenci pelajaran tersebut.

Jika Anda cenderung memberikan pelajaran dengan cara ceramah atau lebih banyak meminta siswa untuk mencatat, Anda bisa mengubahnya dengan metode pengajaran yang lebih interaktif. Anda berdiskusi dengan siswa atau membuat kuis yang dapat menambah nilai siswa.

5. Sesekali Buat Rencana Study Tour


Terkadang siswa memerlukan refreshing saat sekolah. Anda bisa merencanakan study tour di awal semester. Dengan merencanakan jauh-jauh hari akan membuat siswa lebih siap, terutama untuk biaya perjalanan.

Tempat untuk study tour diusahakan yang sejalan dengan materi pelajaran. Anda bisa mencari referensi tempat study tour yang dekat dengan sekolah untuk menekan biaya.

Selain untuk refreshing, study tour juga dapat memahamkan siswa mengenai praktik langsung yang sudah tersaji di lokasi. Anda juga bisa memberikan tugas kepada siswa agar siswa semakin paham dengan tempat yang sudah dikunjunginya.

6. Hindari Memberikan Evaluasi Belajar yang Terlalu Sering


Jika Anda terlalu banyak memberikan evaluasi materi, terkadang hal ini bisa memicu benci dengan pelajaran tersebut. Ada baiknya Anda membatasi evaluasi materi di tiap semesternya. Selain itu, untuk mengetahui kemampuan siswa, Anda bisa memberikan tugas yang mencakup seluruh kompetensi yang harus ditempuh selama satu semester tersebut.

Cara mengubah benci menjadi suka dengan pelajaran tertentu harus Anda lakukan sesuai dengan karakteristik siswa di kelas. Anda bisa melakukan variasi metode pengajaran yang dapat membuat siswa paham dengan materi yang diberikan. Ketika siswa mudah menangkap materi yang diberikan, prestasi belajarnya di kelas pun dapat meningkat.