Kumpulan Soal Latihan Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020
Cari Berita

Atas


Kumpulan Soal Latihan Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020

Senin, 06 April 2020

Kumpulan soal-soal ujian sekolah untuk kelas 6 SD tahun 2020 mapel Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, PKn, Agama, dan Bahasa Jawa.

Ujian Sekolah (US) bagi siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) Tahun Ajaran 2019/2020 seharusnya dilaksnakan pada bulan April ini. Namun, karena wabah penyebaran Covid-19 berdampak pada sistem pendidikan di Tanah Air, khususnya untuk pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah untuk tingkat SD. Dinas Pendidikan pun mengeluarkan kebijakan terkait pembatalan Ujian Sekolah.

Penyelenggaraan Ujian Sekolah SD tahun ini diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. Keputusan tersebut, merujuk pada salah satu pokok kebijakan dari program Merdeka Belajar, yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Mata pelajaran utama yang diujikan dalam US SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Meskipun ujian sekolah untuk siswa kelas 6 dihapus dan sekolah diliburkan, bukan berarti siswa tidak belajar. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan bantuan teknologi. SekolahDasar.Net telah membagikan soal-soal untuk latihan (try out) untuk ujian sekolah. Tidak hanya 3 mata pelajaran utama, tetapi juga soal-soal latihan mata pelajaran lain.

Download Kumpulan Soal Latihan Ujian Sekolah Jenjang SD Tahun 2020


Untuk persiapan menghadapi ujian sekolah, pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi dan perbanyak latihan soal. Untuk bahan belajar menghadapi ujian sekolah atau USBN SD bisa menggunakan kumpulan soal try out (TO) atau soal prediksi dari internet maupun buku. Kumpulan soal-soal ujian sekolah untuk kelas 6 SD tahun 2020 dapat didownload melalui link berikut ini:




Ketentuan Kelulusan SD Tahun 2020


Mendikbud telah mengeluarkan surat edaran yang berisi bahwa ujian sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan. Ujian sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya. Ujian sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Kelulusan SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas IV, kelas V, dan kelas VI semester gasal). Nilai semester genap kelas VI dapat digunakan sebagai tambahan niiai kelulusan. Indikator kelulusan yang diambil dari nilai tiap semester dinilai merupakan keputusan yang adil karena nilai tersebut merupakan nilai rata-rata siswa. Orangtua dan siswa tak perlu khawatir tentang ijazah sebab siswa dipastikan akan tetap mendapatkan ijazah.