Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menciptakan Suasana Menyenangkan Nyaman Bagi Siswa

Tips Menciptakan Suasana Menyenangkan Nyaman Bagi Siswa
Siswa merindukan guru.

Peran penting seorang guru adalah mendidik generasi masa depan untuk mencapai kesuksesan di masa mendatang. Dengan peran penting tersebut mencetak pribadi yang berkompeten dan berkarakter. Menjadi sosok guru memang tidak mudah karena dituntut profesional dan kompetensinya. Apalagi menghadapi masa pandemi seperti saat ini, seorang guru dituntut aktif dalam menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran secara luring dan daring. 

Keterbatasan dalam mengajar sekarang ini membutuhkan ide dan cara mengajar yang berbeda agar siswa tetap dapat belajar semestinya meski tidak dapat belajar bersama di kelas.

Tips Menciptakan Suasana Menyenangkan Untuk Siswa


Seorang guru berusaha memaksimalkan potensi siswa melalui pembelajaran via online, luring maupun daring. Agar semua berjalan dengan baik dan suasana pembelajaran tetap menyenangkan dan nyaman, ada beberapa metode atau cara yang dapat diterapkan sehingga siswa tetap dapat menyimak.

Sebenarnya cara tepat yang diterapkan dapat membuat siswa merindukan guru seperti di masa saat bersama di kelas. Tips untuk menciptakan suasana menyenangkan dan nyaman, tentunya ada beberapa cara sebagai berikut

1. Penguasaan Materi

Seorang guru harus mengatur materi dan menyusunnya secara rapi. Dengan memahami materi tersebut sehingga guru dapat menyampaikan pembelajaran secara mudah. Sehingga tidak ada materi yang terlewat atau tidak tersampaikan. Dengan materi yang sudah terjadwal, maka seorang guru dapat menyusun cara penyampaian kepada siswa.

2. Mengajar dengan Kelas Online

Pada masa sekarang ini siswa mengalami kebosanan dan malas belajar. Karena biasanya mereka melakukan pembelajaran di kelas dan bertatap muka dengan guru dan teman.

Nah, dalam hal ini, guru dapat melakukan cara pengajaran yang berbeda seperti  video call kepada siswa secara pribadi atau video call secara berkelompok. Sehingga guru dapat menyapa siswa dan siswa tersebut merasa senang dapat bertatap muka kembali bersama teman atau guru.

3. Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Dalam hal ini, seorang guru dapat membuat kesepakatan dengan siswa. Dengan penyampaian yang baik, maka siswa akan merasa dihargai dan terlindungi. Kesepakatan ini dalam hal kedisiplinan dalam mengerjakan tugas dan belajar siswa.

4. Mendidik dengan Hati

Seorang guru adalah contoh dan teman yang baik untuk siswa. Oleh karena itu, dengan menciptakan suasana menyenangkan dalam penyampaian pembelajaran  dan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa adalah kunci agar siswa merasa senang dan merasa dihargai.

5. Responsif

Seorang guru haruslah mengerti dan memahami karakter masing-masing siswa. Dengan anda memahami karakter siswa, maka anda dapat menempatkan diri menyesuaikan karakter siswa tersebut. Sehingga anda dapat menciptakan pembelajaran secara menyenangkan sesuai yang diinginkan siswa.

6. Kepercayaan

Selanjutnya seorang guru dapat memberikan kepercayaan kepada siswa. Karena pada umumnya seorang siswa mempunyai kemampuan untuk berpikir, memecahkan masalah, dan mengeluarkan kreatifitasnya. Kepercayaan yang dibangun siswa untuk guru juga sangat penting. Sehingga dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman untuk siswa.

7. Menjalin Komunikasi dan Keramahan

Seorang guru sebaiknya selalu memberikan perhatian dengan sering berkomunikasi dan penyampaian materi dengan ramah agar siswa merasa senang dan nyaman. Kesan ramah dan senyum inilah yang akan membuat siswa merasa nyaman dan terlindungi. 


Sikap terbuka dari siswa akan sangat mempermudah seorang guru dalam mengetahui kesulitan apa yang dihadapi siswa tentang pembelajaran. Dengan komunikasi yang baik antara siswa dan guru tersebut sehingga pembelajaran berjalan lancar. 

Nah, tips untuk menciptakan suasana menyenangkan dan kenyamanan siswa dalam pembelajaran. Dengan beberapa tips tersebut, pembelajaran secara online maupun kelas dapat berjalan dengan lancar sehingga siswa merasa senang, nyaman, dan terlindungi.