Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Sekolah Dasar Harus Beradaptasi dengan Pembelajaran Digital

Guru Sekolah Dasar Harus Beradaptasi dengan Pembelajaran Digital

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), guru memiliki peran penting, khususnya guru sekolah dasar (SD). Karena itu, guru juga harus beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. 

Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Kemampuan ini penting agar guru dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Apalagi anak-anak di era ini sudah terbiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.


"Sekolah dasar merupakan pondasi dan tonggak yang harus benar-benar dipersiapkan. Karena itu guru tidak boleh asal-asalan, tidak boleh asal mengajar, tidak boleh asal anak didik bisa membaca dan menulis saja," kata Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud Ristek, Sri Wahyuningsih.

Menurutnya, guru harus benar-benar memahami bagaimana membentuk anak yang siap berdaya saing. Sejauh ini, pemerintah terus melakukan berbagai rencana dan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ia mengungkapkan, beberapa strategi yang diambil pemerintah.

Pertama, meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat kepada perkembangan peserta didik. Ini untuk menyiapkan generasi unggul di masa yang akan datang. Juga pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. 

Peran guru menjadi tonggak perubahan di satuan pendidikan melalui penguasaan minimal 6 literasi dasar yang harus diterapkan kepada peserta didik. Khususnya di jenjang sekolah dasar. Serta, pemerataan layanan pendidikan berkualitas.

"Ini perlu kita upayakan dengan serius, supaya seluruh anak bangsa berkesempatan mendapat layanan pendidikan berkualitas. Kewenangan pengelolaan pendidikan ada pada pemerintah daerah sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah," kata Sri yang SekolahDasar.Net kutip dari Kompas (19/07/21).

Untuk meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas, kehadiran PGSD sangat penting. Lulusan PGSD diyakini memiliki kualitas yang baik, sehingga bisa memberikan kualitas pembelajaran yang baik kepada anak-anak didiknya. PGSD ikut andil meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.